6 Januari 2019

Cara Mengecek Kondisi Sekring Pada Kendaraan Bermotor (Mobil & Sepeda Motor)

Cara Mengecek Kondisi Sekring Pada Kendaraan
Cara Mengecek Kondisi Sekring Pada Kendaraan

Sama seperti pada rangkaian listrik rumah, kelistrikan pada kendaraan juga menggunakan alat pengaman arus listrik yang disebut sekring (fuse). Fungsi utama sekring adalah sebagai pengaman, yaitu membatasi arus yang mengalir pada rangkaian sesuai dengan ketentuannya. Sekring akan memutus arus listrik pada rangkaian apabila besar arus yang melewatinya lebih besar atau di atas batas yang ditentukan.

Karena bentuknya yang kecil dan terkadang pada kendaraan tertentu lokasinya agak tersembunyi, pemeriksaan sekring sering terlewatkan jika terjadi masalah pada kendaraan, terutama oleh pemilik yang baru memiliki kendaraan atau pemilik yang kurang paham tentang permasalahan teknis seputar kelistrikan kendaraan, hehehehe.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli sekring (fuse) di sini:

bukalapak

shopee

jd.id

tokopedia

blibli


Hmm, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan sedikit tentang cara mengecek kondisi sekring pada kendaraan, seperti pada sepeda motor dan mobil. Simak penjelasan berikut.
  1. Cara paling aman dan murah untuk mengecek kondisi sekring adalah dengan melepas sekring dari rumah sekring (fuse box), kemudian lihat kondisi fisik sekring tersebut. Sekring yang putus atau rusak biasanya terlihat seperti bekas terbakar atau ada bagian yang berubah warna menjadi cokelat-kehitaman. Pada kasus sekring model pipih (blade) yang berbahan plastik terkadang bisa sampai meleleh. Atau pada sekring model tabung (tube) biasanya pada bagian kaca akan berwarna kehitaman atau keputihan seperti bohlam yang terbakar.
    Ciri fisik lainnya yang mudah dilihat adalah terputusnya bagian tengah (kawat atau lempengan kecil) yang menghubungkan kedua kaki sekring.

    sekring model pipih (blade)
    sekring model pipih (blade)
    sekring model tabung (tube)
    sekring model tabung (tube)

  2. Cara aman yang kedua adalah dengan cara mengukur nilai hambatan atau resistansi (ohm) sekring tersebut dengan menggunakan alat bantu berupa multitester. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyetel multitester ke mode ohm meter. Kemudian hubungkan probe merah dan probe hitam multitester ke masing-masing kaki sekring. Hmm, tidak masalah posisinya tertukar karena tidak ada arus listrik yang mengalir. Apabila nilai yang dihasilkan adalah 0 artinya sekring dalam kondisi bagus. Sementara jika nilai yang dihasilkan adalah tak terhingga atau 1, maka sekring tersebut putus atau rusak.

    cek nilai hambatan sekring pipih dengan multitester
    cek nilai hambatan sekring pipih dengan multitester
    cek nilai hambatan sekring tabung dengan multitester
    cek nilai hambatan sekring tabung dengan multitester

  3. Cara berikutnya adalah cara yang mudah karena kita tidak perlu mencabut atau melepas sekring dari rumah sekring (fuse box), tetapi mesti dilakukan secara benar. Cara ini bisa dibilang serupa dengan cara mengukur tegangan aki, yaitu menggunakan variabel nilai tegangan (volt) pada rangkaian. Pertama setel multitester pada mode DCV (voltmeter). Kemudian hubungkan probe hitam multitester ke kutub negatif (-) aki atau ke ground (rangka atau body). Lalu hubungkan probe merah multitester ke masing-masing kaki sekring. Apabila nilai yang dihasilkan adalah sekitar 12 volt (sama dengan nilai tegangan aki), artinya sekring dalam kondisi bagus. Sementara jika nilainya 0 artinya sekring tersebut putus atau rusak.

    cek tegangan dengan multitester
    cek tegangan dengan multitester

  4. Apabila anda memiliki tespen dc, cara berikut juga bisa dilakukan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menjepit atau menghubungkan bagian capit tespen ke kutub negatif (-) aki atau ground. Kemudian hubungkan bagian ujung tespen ke masing-masing kaki sekring. Apabila lampu pada tespen menyala, artinya sekring dalam kondisi bagus. Sebaliknya, jika lampu tespen tidak menyala artinya sekring putus atau rusak.

    cek dengan tespen dc
    cek dengan tespen dc

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli tespen DC di sini:

    tespen DC
    bukalapak

    shopee

    tokopedia

    jd.id

    blibli

Bagaimana, mudah sekali bukan caranya? Hehehehe. Oke deh, semoga bermanfaat. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...