12 Desember 2014

Kacang Kulit Sangrai Pasir

Kacang Kulit Sangrai Pasir ala Rika
Kacang Kulit Sangrai Pasir ala Rika


Acara hari ini kita akan main masak-masakan di luar ruangan atau outdoor cooking istilah kerennya, hehehehe. Makanan yang akan dibuat adalah salah satu cemilan untuk menemani waktu luang atau santai bercengkerama dengan keluarga tersayang, yaitu Kacang Kulit Sangrai Pasir ala Rika. Hmm, anda sudah pada tahu dan paham kan kalau kacang kulit adalah salah satu cemilan yang mengasyikan dan terkadang membuat kita selalu ingin memakan atau menikmatinya.

Memasak kacang kulit (kacang tanah) dengan cara disangrai merupakan salah satu metode memasak tradisional yang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Menyangrai secara umum artinya memasak seperti menggoreng, tetapi tidak menggunakan minyak atau sejenis cairan lainnya. Lazimnya hanya menggoreng bahan (yang dimasak) tersebut di atas wajan, atau dengan bantuan pasir yang berungsi sebagai media penghantar panas agar bahan yang dimasak dapat matang secara merata.

Oke deh, ayo kita mulai acara main masak-masakannya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  Secukupnya kacang tanah yang masih ada kulitnya
-  Secukupnya pasir, untuk media memasak (menyangrai)

Cara pembuatan:

  1. Cuci bersih kacang dari tanah yang menempel pada kulitnya, lalu jemur agar kering dan tidak lembab.

    siapkan kacang
    siapkan kacang

  2. Setelah kacang siap untuk diolah, sekarang saatnya menyiapkan peralatan untuk memasak. Siapkan wajan dan sutil. Berhubung kali ini aku memasaknya di luar ruangan (outdoor), maka aku menggunakan anglo dan arang. Bisa juga kok menggunakan kompor seperti halnya memasak sehari-hari di dalam dapur rumah, hehehehe.

    siapkan peralatan masak
    siapkan peralatan masak

  3. Kemudian panaskan pasir di dalam wajan. Oh iya, pasir yang digunakan harus bersih yah. Caranya dengan mencuci, lalu mengeringkannya sebelum digunakan untuk menyangrai. Pilih pasir yang agak kasar untuk hasil yang lebih baik.

    panaskan pasir
    panaskan pasir

  4. Kemudian masukkan kacang ke dalam wajan, lalu aduk rata. Selama proses memasak harus sering diaduk agar kacang tidak gosong dan matang merata.

    proses memasak (1)
    proses memasak (1)
    proses memasak (2)
    proses memasak (2)

  5. Pada kasus kali ini diperlukan waktu sekitar 25 menit sampai kacang matang. Lama waktu memasak tergantung dari panasnya api, kuantitas pasir dan kacang. Untuk mengetahui apakah kacang telah matang atau belum adalah dengan cara mencobanya, hehehehe.

    telah matang
    telah matang

  6. Setelah matang, kemudian angkat, lalu saring agar pasir terpisah dari kulit kacang.

    angkat dan saring
    angkat dan saring

  7. Setelah panasnya berkurang, kemudian sajikan di dalam sebuah piring atau wadah.

    sajikan
    sajikan

  8. Tarraaa, Kacang Kulit Sangrai Pasir ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Kacang Kulit Sangrai Pasir ala Rika
    Kacang Kulit Sangrai Pasir ala Rika

  9. Untuk penyimpanan, taruh kacang di dalam stoples atau wadah yang bisa ditutup rapat, lalu simpan di tempat yang kering dan sejuk.

    simpan dalam stoples
    simpan dalam stoples

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...