2 Oktober 2014

Ketupat Presto

Ketupat Presto ala Rika
Ketupat Presto ala Rika

Yup, beberapa hari ke depan kita akan memperingati Hari Raya Kurban atau Idul Adha tahun 1435 Hijriyah. Sudah menjadi tradisi bagi umat Muslim di sekitar tempatku apabila bertemu dengan yang namanya dua hari raya (idul fitri dan idul adha), maka masyarakat akan membuat ketupat atau kupat, yaitu sejenis hidangan atau makanan yang terbuat dari beras yang dimasak dengan pembungkus dari anyaman janur (daun kelapa yang masih muda).

Nah, pada tulisan kali ini aku akan bercerita tentang demo memasak ketupat secara cepat dan hemat, yaitu dengan menggunakan panci bertekanan uap atau lazim disebut dengan panci presto. Aku sebut cepat karena dengan menggunakan panci presto hanya diperlukan waktu sekitar 45-60 menit waktu memasak, coba bandingkan dengan memasaknya menggunakan panci atau dandang biasa (cara konvensional) yang akan menghabiskan waktu memasak selama sekitar 4 jam. Sementara aku bilang hemat karena dengan waktu memasak yang relatif lebih singkat akan berdampak pada lebih sedikitnya gas elpiji yang digunakan.

Oke deh, ayo kita mulai acara demo memasaknya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  3 canting beras
-  10 buah sarang ketupat
-  Air secukupnya

sarang ketupat
sarang ketupat

Cara pembuatan:
  1. Cuci bersih beras, lalu rendam beras selama sekitar 30-45 menit, kemudian tiriskan.

    siapkan beras
    siapkan beras

  2. Kemudian masukkan beras ke dalam sarang ketupat. Untuk takaran menyesuaikan jenis beras yang digunakan. Jika jenis beras termasuk yang mengembang ketika dimasak, takarannya adalah cukup diisi setengah dari sarang ketupat. Pada kasus kali ini beras yang digunakan termasuk jenis yang tidak terlalu mengembang, jadi takarannya aku lebihkan sedikit.

    masukkan beras ke sarang ketupat
    masukkan beras ke sarang ketupat
    takaran beras
    takaran beras

  3. Setelah proses pengisian beras selesai, tutup dan kencangkan atau kunci sarang ketupat agar beras tidak keluar dari sarang ketika dimasak.

    robek sedikit untuk celah pengunci
    robek sedikit untuk celah pengunci
    cara mengunci sarang ketupat
    cara mengunci sarang ketupat

  4. Masukkan ketupat ke dalam panci presto, lalu tambahkan air sampai batas maksimal. Hmm, pada kasus kali ini aku akan memasak ketupat sebanyak 2 kloter karena panci presto yang aku gunakan hanya bisa menampung maksimal 6 buah ketupat.

    batas air
    batas air

  5. Kemudian tutup panci presto. Pastikan tutup panci dipasang dengan benar.

    pasang tutup panci dengan benar
    pasang tutup panci presto dengan benar

  6. Kemudian masak ketupat. Proses memasak akan memakan waktu sekitar 45-60 menit. Trik memasaknya begini, gunakan api besar selama sekitar 10 menit pertama atau sampai panci presto mengeluarkan bunyi atau berdesis dan knop yang berada pada bagian atas tutup panci berputar. Nah, ketika panci sudah mulai berbunyi, kecilkan api kompor ke setelan kecil-sedang, lalu tunggu selama sekitar 30-45 menit.

    proses memasak
    proses memasak

  7. Setelah proses masak selesai, matikan api kompor, lalu diamkan sejenak sampai panci tidak lagi mengeluarkan bunyi. Hmm, untuk mempercepat proses pembuangan uap, lepas knop yang terletak pada bagian atas tutup panci (lihat tanda panah), caranya cukup dicabut atau ditarik ke atas. Gunakan kain lap ketika melepasnya karena panas. Oh iya, yang dilepas hanya bagian knop tersebut saja, sementara tutup panci jangan dulu dibuka karena berbahaya.
    Nah, ketika panci sudah tidak lagi berbunyi dan tidak ada lagi uap yang keluar dari lubang yang tadi knop-nya dilepas, baru deh tutup panci tersebut sudah bisa dilepas.

    lepas knop pada tutup panci
    lepas knop pada tutup panci
    knop telah dilepas
    knop telah dilepas

  8. Kemudian angkat ketupat dari panci lalu tiriskan. Hmm, atau bisa juga digantungkan dan diangin-anginkan seperti layaknya menjemur pakaian, hehehehe.

    angkat dan tiriskan
    angkat dan tiriskan

  9. Nah, ketika ketupat sudah agak dingin atau panasnya sudah berkurang, ketupat sudah bisa kita belah dan potong-potong menjadi bagian kecil. Yup, seperti gambar di bawah inilah hasil dari demo memasak kita hari ini, Ketupat Presto ala Rika. ^,^

    Ketupat Presto ala Rika (1)
    Ketupat Presto ala Rika (1)
    Ketupat Presto ala Rika (2)
    Ketupat Presto ala Rika (2)
    Ketupat Presto ala Rika (3)
    Ketupat Presto ala Rika (3)

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...