31 Agustus 2014

Cara Menggunakan Obeng Ketok (Impact Driver)

Obeng Ketok (Impact Driver)
Obeng Ketok (Impact Driver)

Hmm, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan sedikit tentang kegunaan dan cara menggunakan obeng ketok, obeng pukul atau obeng gedor. Bahasa keren atau istilah teknik dari obeng ketok adalah manual impact driver. Kegunaan dari obeng ketok adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan baut atau sekrup dengan torsi atau momen pengencangan yang lebih besar dan tidak bisa dilakukan dengan obeng manual biasa.

Secara umum obeng ketok terdiri dari 3 bagian atau komponen, yaitu badan (gagang) obeng, socket (adaptor) dan mata obeng. Untuk socket dan mata obeng biasanya bisa diganti sesuai dengan kebutuhan. Oh iya, obeng ini bekerja secara mekanis dengan memanfaatkan pegas dan hentakan, maka dari itu disebut dengan obeng ketok karena memang cara kerjanya dihentak atau diketok, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai praktek menggunakan obeng ketok.
  1. Susun komponen-komponen obeng ketok yang terdiri dari badan obeng (A), socket (B) dan mata obeng (C) menjadi satu kesatuan. Pastikan semua komponen terpasang dengan benar dan pas. Sementara untuk mata obeng sesuaikan dengan model kepala baut atau sekrup yang akan dikendurkan atau dikencangkan.

    bagian-bagian obeng ketok
    bagian-bagian obeng ketok
    obeng ketok siap digunakan
    obeng ketok siap digunakan

  2. Siapkan juga palu yang berfungsi sebagai alat bantu untuk memukul atau mengetok obeng.

    obeng ketok dan palu
    obeng ketok dan palu

  3. Untuk mengendurkan baut atau sekrup caranya adalah dengan memutar obeng ke arah berlawanan jarum jam (lihat panah 1), lalu tekan dan tahan obeng ke arah baut atau sekrup yang akan dikendurkan sambil agak memutarnya ke arah berlawanan jarum jam (lihat panah 2), kemudian pukul atau ketok bagian ujung badan obeng dengan menggunakan palu (lihat panah 3). Lakukan sampai baut atau sekrup bisa dikeluarkan dengan mudah dari tempatnya.

    proses mengendurkan
    proses mengendurkan

  4. Sementara untuk mengencangkan baut atau sekrup caranya adalah dengan memutar obeng searah jarum jam sampai baut atau sekrup tidak bisa diputar dengan tangan tanpa bantuan (lihat panah 1), lalu tekan dan tahan obeng ke arah baut atau sekrup yang akan dikencangkan sambil agak memutarnya searah jarum jam (lihat panah 2), kemudian pukul atau ketok bagian ujung badan obeng dengan menggunakan palu (lihat panah 3). Lakukan sampai baut atau sekrup terpasang dengan benar dan pas sesuai torsinya.

    proses mengencangkan
    proses mengencangkan

  5. Selesai. Mudah sekali kan? ^,^

Tonton video-nya di sini:


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli obeng ketok (impact driver) di sini:

obeng ketok
bukalapak

shopee

blibli

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...