14 Juli 2014

Toyota Kijang Super Pakai Velg 14 Inch (R14)

Toyota Kijang Super Pakai Velg R14
Toyota Kijang Super Pakai Velg R14

Velg asli bawaan pabrik pada mobil Toyota Kijang Super (5K-KF40) adalah velg kaleng dengan diameter 13 inch (R13) dan ban yang masih menggunakan ban dalam. Apabila sistem kemudi pada mobil tersebut masih asli yang belum menggunakan power steering, velg berbahan kaleng tersebut dirasa sudah yang paling tepat karena bobotnya lebih ringan jika dibandingkan dengan velg keluaran sekarang yang mayoritas berbahan alloy (campuran aluminium dan besi).

tabel keterangan ukuran roda (velg dan ban) asli atau bawaan pabrik
tabel keterangan ukuran roda (velg dan ban) asli atau bawaan pabrik

Mencari velg bekas copotan ternyata susah-susah-gampang, hehehehe. Sudah dapat barang yang kondisinya bagus, biasanya harganya mahal menurut kita. Berlaku juga sebaliknya, ditawari harga miring eeh kondisi barangnya yang bikin geleng-geleng kepala, hehehehe. Bahkan kalau lagi apes malah bisa dapat barang jelek dan harganya mahal pula, huhuhuhu.

Akhirnya setelah hunting beberapa lama didapat velg copotan dari mobil Toyota Kijang Kapsul LGX dengan kondisi yang masih lumayan bagus sebanyak 5 buah (termasuk velg cadangan). Untuk membalut velg berdiameter 14 inch tersebut dipilih ban dengan ukuran 185/70 R14. Kali ini dipilih ban tipe tubeless atau tanpa menggunakan ban dalam agar lebih praktis dan simple. Oh iya, agar bisa plug and play atau tinggal pasang, PCD velg tersebut haruslah sama, untuk Toyota Kijang Super ukurannya adalah 4 x 114,3.

Sebelum roda dipasang ke mobil terlebih dahulu cek tekanan anginnya. Tekanan angin diisi 32 psi (220 kpa) apabila menggunakan nitogen, sementara jika menggunakan angin biasa diisi 35 psi (240 kpa). Tekanan angin tersebut berlaku untuk semua roda (depan dan belakang). Nah, jika pemeriksaan telah selesai dilakukan, tinggal dipasang deh roda barunya. Hmm, tidak ada kendala dalam hal pemasangan karena velg ini plug and play, jadi tinggal dipasang saja, hehehehe.

roda depan
roda depan
roda belakang
roda belakang

Nah, setelah proses mengganti semua roda selesai dilakukan, seperti inilah penampakannya.

tampak kanan (1)
tampak kanan (1)
tampak kanan (2)
tampak kanan (2)
tampak kiri (1)
tampak kiri (1)
tampak kiri (2)
tampak kiri (2)
tampak kiri (3)
tampak kiri (3)

Bagaimana, terlihat lebih gagah dan lebih sedap dipandang, kan? Hehehehe. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...