27 Mei 2014

Cara Membersihkan Ikan

Cara Membersihkan Ikan
Cara Membersihkan Ikan

Menu hari ini adalah ikan tongkol (Euthynnus affinis), tetapi belum tahu akan dimasak apa, hehehehe. Hmm, berhubung ikannya sudah dibeli, maka ikan tersebut harus segera disiangi atau dibersihkan agar tidak cepat membusuk. Nah, nanti apabila sudah dibersihkan ya terserah deh, mau langsung dimasak atau disimpan dulu di dalam lemari pendingin (kulkas).

Oke deh, ayo kita mulai acara membersihkan ikannya, hehehehe.
  1. Hal pertama kali yang dilakukan adalah mencuci atau membersihkan bagian luar dari ikan tersebut. Caranya cukup disiram dengan air mengalir untuk membersihkan kotoran yang berada atau melekat pada tubuh ikan bagian luar.

    cuci bersih ikan
    cuci bersih ikan

  2. Kemudian siapkan pisau yang tajam, lalu iris atau sobek bagian ujung bawah insang (lihat tanda panah). Hal ini bertujuan untuk membuang insang dari tempatnya.

    iris atau sobek bagian bawah insang
    iris atau sobek bagian bawah insang

  3. Kemudian iris atau belah bagian bawah perutnya, dari bagian ujung bawah insang (lihat panah A) sampai ke 1/3 atau 1/2 bagian bawah tubuh ikan (lihat panah B). Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan atau membuang isi perut ikan tersebut.

    belah bagian perutnya (A-B)
    belah bagian perutnya (A-B)

  4. Kemudian keluarkan insang dan isi perut dari ikan tersebut. Caranya cukup ditarik dengan jemari tangan anda. Tetapi hati-hati, jangan sampai empedunya pecah karena akan membuat daging ikan yang terkena cairan empedu akan menjadi pahit rasanya.

    bagian atau organ tubuh ikan yang dibuang
    bagian atau organ tubuh ikan yang dibuang
    insang dan isi perut ikan telah dibuang
    insang dan isi perut ikan telah dibuang

  5. Setelah itu cuci dan bersihkan lagi ikan yang telah dibuang insang dan isi perutnya tersebut.

    cuci bersih ikan
    cuci bersih ikan

  6. Langkah ini adalah opsional. Apabila ikan yang dibersihkan berukuran besar, biasanya ikan tersebut akan dipotong menjadi bagian-bagian kecil sesuai dengan porsi takaran ketika disajikan. Pada kasus kali ini aku membagi ikan tersebut menjadi 3 bagian sesuai porsi takaran penyajian.

    potong ikan menjadi bagian kecil
    potong ikan menjadi bagian kecil

  7. Setelah itu ada 2 hal yang bisa dipilih. Yang pertama adalah menyiapkan ikan tersebut untuk segera dimasak dengan memberi bumbu atau marinasi. Atau pilihan kedua adalah menyimpannya di dalam lemari pendingin atau kulkas untuk dimasak di kemudian waktu. Selesai deh, mudah sekali bukan? ^,^

    marinasi ikan
    marinasi ikan

Oh iya, contoh kasus pada tulisan ini adalah ikan tongkol yang dikategorikan termasuk jenis ikan yang tidak bersisik, jadi pada langkah-langkah yang telah aku jelaskan di atas tidak ada proses membuang sisik ikan. Nah, apabila ikan yang dibersihkan adalah ikan yang memiliki sisik, maka proses pembuangan sisik ikan dapat dilakukan setelah langkah membuang insang dan isi perut ikan. Siapkan sikat atau alat pembersih sisik ikan, apabila alat tersebut tidak tersedia bisa juga menggunakan pisau. Caranya cukup mudah kok, yaitu dengan menyikat atau menyisir bagian tubuh ikan dari bagian ekor ke arah bagian kepalanya. ^,^

alur membersihkan sisik ikan
alur membersihkan sisik ikan

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...