September 30, 2016

Fun Driving: Berkendara Saat Hujan

Fun Driving: Berkendara Saat Hujan
Fun Driving: Berkendara Saat Hujan

Saat ini di tempatku memasuki musim hujan, beberapa hari terakhir ini mulai dari sore sampai malam selalu diguyur hujan. Kalau sudah masuk musim hujan begini sih enaknya beraktivitas di dalam ruangan atau di dalam rumah saja, akan tetapi status sebagai pekerja tidak bisa dikesampingkan, mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap, ya harus menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasanya, yaitu pergi ke dan pulang dari kantor.

Bagi sebagian orang jika bertemu musim hujan begini lebih memilih menggunakan mobil untuk berangkat ke kantor, karena akan lebih efektif dan tidak terhambat perjalanannya menuju ke kantor, di samping melindungi diri dari rintikan atau guyuran air hujan, serta mencegah kita agar terhindar dari sakit yang disebabkan oleh kehujanan.

Pada tulisan kali ini aku akan memberi tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dan disiapkan ketika mengendarai mobil di saat hujan.
  1. Berkendaralah lebih lambat, karena saat hujan pandangan akan terhalang oleh air hujan. Selain itu daya cengkeram ban akan berkurang di jalan yang basah.

    berkendara lebih lambat dan berhati-hati
    berkendara lebih lambat dan berhati-hati

  2. Jaga jarak, karena jarak pandang terbatas, selain itu waktu dan jarak yang dibutuhkan ketika melakukan pengereman akan lebih lama dan lebih jauh.
  3. Aktifkan wiper, sesuaikan kecepatan wiper dengan derasnya hujan.

    aktifkan wiper
    aktifkan wiper

  4. Nyalakan AC untuk mengurangi atau menghilangkan embun di kaca. Jika mobil tidak ada AC atau AC sedang bermasalah, siapkan kain lap untuk menyeka embun di kaca, atau bisa juga dengan mengoleskan shampo atau sabun cair di permukaan kaca bagian dalam.
  5. Apabila hujan deras, nyalakan lampu utama (lampu dekat) atau lampu kabut (ingat: bukan lampu hazard!), tujuannya agar mobil kita bisa terlihat oleh pengendara lain.

    nyalakan lampu utama atau lampu kabut
    nyalakan lampu utama atau lampu kabut

  6. Sebisa mungkin hindari genangan air, karena bisa saja itu adalah lubang dalam yang tertutup genangan air.
  7. Hindari terlalu sering menginjak rem dan berakselerasi, berkendaralah dengan kecepatan konstan. Dan jika mobil anda dilengkapi fitur cruise control, non-aktifkan fitur ini ketika berkendara di saat hujan.
  8. Jika hujan terlalu deras yang mengakibatkan jarak pandang terlalu dekat (hanya beberapa meter saja), lebih baik menepi dan berhenti di tempat yang aman dan tunggu sampai kondisi kembali kondusif untuk berkendara.

    menepi dan berhenti jika hujan terlalu deras
    menepi dan berhenti jika hujan terlalu deras

  9. Setelah hujan reda pun pengendara harus tetap waspada dan berhati-hati karena kondisi jalan masih dalam keadaan basah dan licin.

    tetap hati-hati walaupun hujan telah reda
    tetap waspada dan berhati-hati

Hmm, oke deh, itulah sedikit tips dariku saat mengendarai mobil di saat hujan, semoga bermanfaat. ^,^

Artikel terkait:
-  Fun Driving: Parkir Seri
-  Fun Driving: Merayap Di Jalan Menanjak

No comments:

Post a Comment