19 Februari 2023

Cara Melepas Motor Starter Toyota Kijang Super (5K)

Motor Starter Toyota Kijang Super (5K)
Motor Starter Toyota Kijang Super (5K)

Ulalaa, Kirun pagi ini ngambek, mesinnya tidak mau menyala saat di-starter, huhuhuhu. Hmm, memang belakangan ini Kirun lebih sering berdiam diri di garasi (jadi garage queen) alias jarang keluar, serta sekitar semingguan ini memang (lupa) tidak pernah dipanasi, hehehehe.

Setelah diperiksa memang tegangan aki agak nge-drop di sekitar angka 12,0 volt dan mesti dicas. Nah, mumpung hari ini ada waktu luang, aku akan memeriksa salah satu komponen yang memang sudah lama tidak diperiksa, yaitu motor starter (atau di lapangan sering juga disebut dengan dinamo starter). Aku sudah lupa kapan terakhir komponen ini diperiksa secara detail (dibongkar), mungkin sudah lebih dari 10 tahun, hohohoho.

Sebagai informasi, motor starter sebetulnya jarang sekali rusak apabila kita terbiasa melakukan cara menyalakan mobil dengan benar karena komponen ini hanya bekerja ketika melakukan starting mesin. Umumnya kerusakan pada motor starter dikarenakan cara starting yang salah (dipaksa secara berulang-ulang), masalah pengkabelan dan kotoran (deposit komponen, debu dan karat). Selain itu adalah usia pemakaian (itu pun dalam jangka usia pemakaian yang cukup lama, jika dibandingkan dengan usia pemakaian alternator/dinamo ampere).

Hmm, untuk dapat melakukan pemeriksaan dan pengujian secara detail pada motor starter, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas motor starter tersebut dari tempatnya. Oke deh, ayo kita mulai acara main montir-montirannya, hehehehe.
  1. Siapkan peralatan berupa kunci ring-pas 10'-12' dan kunci sok 14'. Serta siapkan juga cairan penetran dan kain lap.

    aneka peralatan
    aneka peralatan

  2. Kemudian buka kap mesin, lalu lepas kedua terminal aki. Gunakan kunci ring-pas 10'. Ingat cara melepasnya adalah kutub (-) lebih dulu, lalu lanjutkan dengan melepas kutub (+). Oh iya, pada kasus kali ini aki dipindahkan dari tempatnya karena ingin dicas, hehehehe.

    lepas terminal aki
    lepas terminal aki
    aki dilepas karena harus dicas
    aki dilepas karena harus dicas

  3. Kemudian lepas socket kabel yang menghubungkan terminal 50 motor starter dengan kunci starter (lihat tanda panah gambar atas). Apabila sistem starter telah dimodifikasi menggunakan relay, kabel tersebut jalurnya menghubungkan antara terminal 50 motor starter dengan relay starter. Hmm, jika kabelnya sulit ditemukan, langsung saja lepas kabel pada terminal 50 motor starter (lihat tanda panah kuning gambar bawah). Caranya cukup dicabut dengan tangan. Oh iya, untuk melepas kabel ini langsung pada terminal 50 motor starter anda harus masuk ke kolong mobil.

    lepas socket kabel
    lepas socket kabel
    terminal 50 motor starter (panah kuning)
    terminal 50 motor starter (panah kuning)

  4. Kemudian pindah posisi anda ke bagian sebelah kiri mobil. Lalu perhatikan posisi motor starter yang berada di sekitar bagian kiri-bawah mesin atau di sekitar pangkal knalpot. Lalu kendurkan 2 buah baut pengikat dengan menggunakan kunci sok 14'. Ingat ya, baut cukup dikendurkan dulu, jangan dilepas.

    letak baut pengikat motor starter
    letak baut pengikat motor starter

  5. Hmm, sekarang tentukan dari posisi mana anda lebih mudah melepas motor starter, dari posisi atas atau dari posisi bawah (kolong mobil). Hal ini harus diperhatikan karena bobot motor starter lumayan berat, yaitu sekitar 3,5 kg. Juga jika anda melepasnya sendirian akan agak sulit karena ruang kerja yang sempit. Serta posisi tangan anda adalah salah satu tangan menahan motor starter, sementara tangan yang satunya lagi sambil melepas baut pengikat. Nah, jika sudah menemukan posisi mana yang tepat, lepas salah satu baut pengikat motor starter yang posisinya berlawanan dengan posisi anda akan melepas motor starter. Pada kasus kali ini motor starter akan dilepas dari bagian bawah (kolong mobil), jadi baut yang dilepas adalah baut pengikat bagian atas (lihat panah A gambar bawah).

    motor starter dilihat dari posisi bawah (kolong mobil)
    motor starter dilihat dari posisi bawah (kolong mobil)
    posisi baut pengikat
    posisi baut pengikat

  6. Kemudian masuk ke kolong mobil, lalu lepas baut pengikat bagian bawah (lihat panah B) sambil tangan yang lain menahan motor starter. Setelah baut dilepas, lepas motor starter dari dudukannya.

    letak baut pengikat
    letak baut pengikat

  7. Setelah motor starter berhasil dilepas, lanjutkan dengan melepas 2 buah kabel yang terhubung ke motor starter, yaitu kabel pada terminal 50 dengan mencabutnya menggunakan tangan (lihat panah A), dan kabel pada terminal 30 dengan menggunakan kunci ring 12' (lihat panah B).

    lepas kabel-kabel
    lepas kabel-kabel

  8. Selesai deh. Sampai di sini anda akan lebih mudah untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian pada motor starter tersebut. ^,^

    motor starter telah dilepas
    motor starter telah dilepas

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar