5 Juli 2021

Bayar Tagihan Qwords Pakai QRIS Via BSI Mobile

Bayar Tagihan Qwords Pakai QRIS Via BSI Mobile
Bayar Tagihan Qwords Pakai QRIS Via BSI Mobile

Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi pengalaman tentang melakukan pembayaran tagihan Qwords dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) via aplikasi smartphone BSI Mobile (Bank Syariah Indonesia). Tagihan yang akan dibayarkan adalah tagihan pasal perpanjangan sewa salah satu domain web (situs) yang aku kelola.

Hmm, mungkin masih ada yang masih bingung dengan apa itu Qwords, QRIS dan BSI Mobile, hehehehe. Oke deh, aku akan sedikit menjelaskannya satu per satu. Qwords adalah penyedia jasa layanan web hosting dan domain. Sebagai informasi, aku sudah sekitar 6 tahun (sejak Maret 2015) menggunakan jasa layanan mereka.

qwords

Kemudian QRIS adalah teknologi pembayaran digital yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI), teknologi ini menggunakan QR code atau kode batang sebagai metode transaksinya. Selanjutnya BSI Mobile adalah aplikasi smartphone (Android) untuk fasilitas mobile banking milik Bank Syariah Indonesia (BSI).

Nah, berhubung aku baru saja menggunakan aplikasi BSI Mobile, sebagai imbas dari merger 3 bank syariah milik BUMN (Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah) menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI), di mana aku adalah nasabah BRI Syariah yang mau tidak mau menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI), hohohoho. Aku ingin mencoba melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi mobile banking tersebut (baca: BSI Mobile).

tagihan Qwords untuk pembayaran domain
tagihan Qwords untuk pembayaran domain

Aku tertarik menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran kali ini karena secara hitung-hitungan biaya transaksinya lebih murah jika dibandingkan dengan metode pembayaran via transfer antar bank atau transfer via virtual account (VA), di mana jika transfer antar bank dikenakan biaya Rp.6.500,- per transaksi, dan jika melalui VA dikenakan biaya Rp.5.000,- per transaksi. Sementara QRIS mengenakan biaya senilai 0,7% dari nilai tagihan.

Oh iya, nilai 0,7% tersebut akan lebih kecil nilainya apabila nilai tagihan berada di bawah Rp.700.000,-. Nah, berhubung jumlah tagihanku hanya berjumlah Rp.195.000,- (di luar pajak), maka biaya yang dikenakan jika menggunakan QRIS lebih kecil jika dibandingkan dengan kedua biaya transfer yang telah aku sebut di atas.

Untuk melakukan transaksi pembayaran kali ini lebih mudahnya jika menggunakan 2 buah perangkat, yaitu komputer atau laptop dan smartphone. Komputer atau laptop digunakan untuk membuka halaman situs Qwords, sementara smartphone digunakan untuk membuka aplikasi BSI Mobile. Oke deh, ayo kita mulai transaksinya, hehehehe.
  1. Login ke halaman Qwords, lalu buka daftar tagihan anda.
    Untuk mengubah metode pembayaran menggunakan QRIS, caranya dengan klik 'Pilih' (lihat panah gambar atas), lalu pilih dan klik pilihan QRIS (lihat panah gambar bawah). 

    klik 'Pilih'
    klik 'Pilih'
    pilih 'QRIS'
    pilih 'QRIS'

  2. Kemudian halaman akan memuat ulang (reload) dan akan terlihat rincian nilai tagihan yang harus dibayar (lihat gambar atas).
    Untuk melakukan pembayaran, klik 'Bayar Sekarang' (lihat panah gambar bawah).

    biaya transaksi QRIS 0,7%
    biaya transaksi QRIS 0,7%
    klik 'Bayar Sekarang'
    klik 'Bayar Sekarang'

  3. Kemudian akan muncul QR code atau kode batang pada layar laptop.

    kode batang (QR code)
    kode batang (QR code)

  4. Kemudian ambil smartphone anda, lalu buka aplikasi BSI Mobile. Setelah halaman beranda aplikasi BSI Mobile tampil, tap icon QRIS yang berada di bagian bawah tengah layar smartphone (lihat tanda panah). Kemudian arahkan kamera smartphone ke layar laptop (tampilan QR code) untuk melakukan proses pemindaian (scan) QR code.

    tap 'QRIS'
    tap 'QRIS'

  5. Setelah itu masukkan kata sandi (password) pada aplikasi BSI Mobile, lalu tap 'Lanjut' (lihat tanda panah).

    masukkan kata sandi, lalu klik 'Lanjut'
    masukkan kata sandi, lalu tap 'Lanjut'

  6. Kemudian masukkan PIN pada aplikasi BSI Mobile, lalu tap 'SELANJUTNYA' (lihat tanda panah).

    masukkan PIN, lalu tap 'SELANJUTNYA'
    masukkan PIN, lalu tap 'SELANJUTNYA'

  7. Kemudian akan muncul jumlah tagihan yang harus dibayar, lalu tap 'SELANJUTNYA' (lihat tanda panah).

    tap 'SELANJUTNYA'
    tap 'SELANJUTNYA'

  8. Kemudian muncul konfimasi untuk melakukan pembayaran tagihan, lalu tap 'SELANJUTNYA' (lihat tanda panah).

    tap 'SELANJUTNYA'
    tap 'SELANJUTNYA'

  9. Proses pembayaran selesai, lalu akan muncul status dan keterangan transaksi pembayaran. Tap 'OK'.

    tap 'OK'
    tap 'OK'

  10. Kembali ke layar laptop. Setelah proses transaksi pembayaran selesai, maka secara otomatis halaman akan memuat ulang halaman (reload) dan status tagihan akan berubah menjadi lunas atau telah dibayar (lihat tanda panah).

    status tagihan telah dibayar (lunas)
    status tagihan telah dibayar (lunas)

  11. Jika anda ingin mencetak atau mengunduh (download) faktur pelunasan, anda bisa klik pilihan 'Cetak' atau 'Download' yang berada di bagian bawah layar halaman (lihat tanda panah).

    klik 'Cetak' atau 'Download' untuk faktur pelunasan
    klik 'Cetak' atau 'Download' untuk faktur pelunasan

  12. Oh iya, jika anda ingin melihat kembali struk pembayaran pada aplikasi BSI Mobile, caranya adalah dengan tap pada icon 'Kotak Masuk' yang berada pada bagian atas kanan layar smartphone (lihat panah gambar atas), lalu pilih tab 'RESI', kemudian akan tampil resi pembayaran yang pernah anda lakukan, lalu tap pada daftar resi sesuai dengan waktu dan nomor transaksi (lihat panah gambar bawah).

    tap icon 'kotak masuk'
    tap icon 'kotak masuk'

    resi
    resi

Bagaimana, sangat mudah dan cepat sekali bukan? Hehehehe. ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...