24 April 2021

Merangkai Lampu Aki Sederhana

Lampu Aki Sederhana
Lampu Aki Sederhana

Acara iseng-iseng kali ini adalah mencoba membuat atau merangkai lampu bertenaga baterai atau lebih tepatnya aki. Kebetulan tadi setelah beres-beres merapihkan gudang, aku mendapatkan sebuah aki bekas sepeda motor dan lampu kabin mobil. Hmm, rencananya akan aku buat menjadi lampu penerangan darurat (emergency) yang suatu saat nanti apabila terjadi mati lampu di malam hari bisa digunakan.

Oke deh, ayo kita mulai acara iseng-isengnya, hehehehe.
  1. Bahan-bahan yang digunakan pada kasus kali ini mayoritas adalah barang bekas atau barang yang tidak terpakai tetapi masih berguna. Di antaranya adalah aki MF 12 volt - 3,5 ampere, rumah lampu kabin mobil, bohlam lampu kabin jenis LED 12 volt, kabel, capit buaya kecil dan plastik penyangga siku.

    aneka bahan
    aneka bahan

  2. Siapkan peralatan berupa pisau (cutter), solder listrik, timah solder, isolasi listrik dan multitape.

    aneka peralatan
    aneka peralatan

  3. Kemudian ambil lampu kabin, lalu lepas mikanya. Setelah itu lepas plat yang terletak di sekitar tempat dudukan (fitting) lampu (lihat tanda panah). Oh iya, plat ini dilepas karena akan digunakan sebagai penahan lampu (lihat langkah nomor 10).

    lepas plat
    lepas plat
    plat telah dilepas
    plat telah dilepas

  4. Pada langkah ini kita akan menghubungkan kabel dengan fitting lampu. Supaya dapat terhubung dengan erat, dilakukan proses penyolderan timah pada sambungan kabel dengan fitting (lihat panah A1 dan A2). Kemudian agar rangkaian kabel tersebut terlihat rapih, bisa digunakan isolasi listrik (lihat panah B).

    fitting lampu
    fitting lampu
    rangkaian kabel
    rangkaian kabel

  5. Kemudian sambungkan kabel dengan capit (lihat gambar atas). Kedua capit ini nantinya akan berfungsi sebagai konektor ke kepala kutub aki. Oh iya, setelah kabel dihubungkan dengan capit, lalu pasang karet pelindung atau penutupnya (lihat gambar bawah).

    sambungkan kabel ke capit
    sambungkan kabel ke capit
    pasang penutupnya
    pasang penutupnya

  6. Kemudian sambung kabel pada rangkaian lampu dengan kabel yang telah dipasang capit. Pastikan disambung dengan benar dan erat, lalu lapisi dengan isolasi listrik pada kedua sambungan tersebut (lihat tanda panah).

    sambung kabel
    sambung kabel

  7. Kemudian pasang lampu pada fitting atau dudukannya (lihat tanda panah).

    pasang lampu pada tempatnya
    pasang lampu pada tempatnya

  8. Hmm, sebelum mika lampu dipasang, sebaiknya kita tes nyala lampu untuk mengetahui apakah rangkaian tersebut berfungsi dengan baik. Caranya hubungkan masing-masing capit (konektor) dengan masing-masing kepala kutub aki (lihat tanda panah). Apabila lampu menyala dengan terang artinya rangkaian tersebut sudah benar. Oh iya, pastikan juga aki masih menyimpan setrum (tegangan aki di atas 11,9 volt).

    tes nyala lampu
    tes nyala lampu

  9. Setelah itu pasang kembali mika lampu pada tempatnya (lihat tanda panah). Pastikan dipasang dengan benar dan pas.

    pasang mika lampu
    pasang mika lampu

  10. Kemudian pasang plat yang sebelumnya dilepas (lihat langkah nomor 3) pada plastik penyangga lampu. Caranya cukup mudah, yaitu hanya direkatkan dengan menggunakan multitape (lihat tanda panah). Fungsi plat tersebut adalah untuk menahan lampu agar tidak jatuh atau melorot saat lampu ditaruh pada plastik penyangga.

    pasang plat penahan
    pasang plat penahan

  11. Nah, sekarang susun rangkaian lampu tersebut, lalu taruh di tempat yang diinginkan. Kemudian coba pasang capit (konektor) ke kepala kutub aki (lihat tanda panah). Tarraaa, Lampu Aki Sederhana siap untuk digunakan. ^,^

    lampu siap digunakan
    lampu siap digunakan
    tes di tempat gelap
    tes di tempat gelap

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar