14 Juli 2020

Memasang Paranet Sebagai Tirai Pelindung Di Rumah

Paranet Sebagai Tirai
Paranet Sebagai Tirai


Yup
, acara iseng-iseng hari ini adalah beberes rumah, yaitu mengganti tirai darurat yang selama ini digunakan sebagai pelindung dari terik sinar matahari, terutama pada sore hari. Hmm, pada kesempatan kali ini akan dicoba menggunakan paranet sebagai pengganti tirai sebelumnya yang menggunakan banner atau spanduk, hehehehe.

tirai sebelumnya sudah minta diganti, hehehehe
tirai sebelumnya sudah minta diganti, hehehehe

Paranet bisa dibeli di toko alat pertanian atau toko karpet dan plastik. Nah, kali ini aku membelinya di toko karpet di pasar terdekat yang kebetulan tidak jauh dari rumah. Di toko tersebut paranet dijual eceran dengan harga Rp.15.000,- per meter. Oh iya, paranet biasanya dijual dengan lebar 3 meter. Jadi jika anda membeli 1 meter, maka akan mendapatkan paranet dengan ukuran 1x3 meter. Kali ini aku membelinya sebanyak 2 meter, jadi aku mendapatkan paranet dengan ukuran 2x3 meter.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli paranet di sini:

paranet
bukalapak

shopee

tokopedia

jd.id

blibli

Hmm, sebetulnya ada beberapa macam pilihan paranet berdasarkan kerapatan atau intensitas cahaya yang diserap, biasanya ditandai dengan besaran persentase (%), seperti 50%, 60%, 65%, 70%, atau lainnya. Paranet yang aku beli kali ini sepertinya yang 60% atau 65%. Di toko karpet tersebut tidak ada pilihan lain dan ketika aku tanya dengan penjualnya dia juga bingung itu paranet yang berapa %, hehehehe. Bagiku tidak masalah karena paranet tersebut akan aku gunakan sebagai tirai, bukan untuk melindungi tanaman yang memerlukan tingkat intensitas cahaya tertentu.

jahit kelim tepi dan simpul ujung
jahit kelim tepi dan simpul ujung

Sebelum paranet dipasang sebagai tirai, ada baiknya pada kedua sisi yang berukuran 3 meter dirapihkan terlebih dahulu dengan menjahitnya menggunakan tali rapiah. Hal ini bertujuan untuk meluruskan pada bagian sisi tersebut yang biasanya miring karena penjualnya memotongnya kurang rapih atau tidak lurus. Cara menjahitnya cukup mudah dan tidak diperlukan teknik khusus, cukup dijahit secara sembarang seperti menjahit kelim pada tepi atau ujung pakaian.

pasang paranet pada tempat yang diinginkan
pasang paranet pada tempat yang diinginkan

Kemudian tinggal dipasang deh. Titik pasang dan pengikatan sesuaikan dengan kondisi dan situasi di tempat anda masing-masing, hehehehe.

Oke deh, berikut penampakan hasil pemasangan paranet pada kasus kali ini. ^,^

penampakan (1)
penampakan (1)
penampakan (2)
penampakan (2)
penampakan (3)
penampakan (3)
penampakan (4)
penampakan (4)

Tonton video-nya di sini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...