20 September 2018

Bumbu Dasar Merah

Bumbu Dasar Merah ala Rika
Bumbu Dasar Merah ala Rika

Untuk para pemula di dunia dapur atau masak-memasak, salah satu kegiatan yang biasanya paling malas dilakukan adalah menghaluskan bumbu, apalagi menghaluskannya dengan cara manual dan kuno, yaitu diulek. Iya tho? Hayo ngakuhehehehe. Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang salah satu bumbu dasar yang biasa digunakan pada masakan khas Nusantara, yaitu bumbu dasar merah.

Terdapat 4 bumbu dasar yang biasa digunakan, yaitu bumbu dasar merah, putih, kuning dan oranye. Dari 4 bumbu dasar tersebut bisa dikreasikan menjadi bermacam-macam menu masakan sesuai dengan selera dan kreativitas juru masaknya. Hmm, pada tulisan kali ini aku fokuskan pada bumbu dasar merah yang lazim disebut juga dengan bumbu tiga karena pada dasarnya terdiri dari 3 jenis bahan, yaitu cabe merah, bawang merah dan bawang putih. Bumbu dasar merah adalah bumbu dasar untuk menu masakan seperti nasi goreng, sambal goreng telur (telur balado), sambal goreng hati, sambal goreng tempe dan menu masakan lainnya.

Kegunaan membuat bumbu dasar secara terpisah adalah untuk menghemat waktu pada saat proses memasak yang sebenarnya karena kita tidak perlu repot menghaluskan bumbu lagi. Hal seperti ini akan sangat membantu juru masak pada saat memasak untuk hidangan makan sahur misalnya atau juga pada saat menyiapkan hidangan untuk sarapan.

Oh iya, rumus dari bumbu dasar merah ini adalah 4:2:1, di mana dalam satu porsi bumbu dasar merah terdiri dari 4 bagian cabe merah, 2 bagian bawang merah dan 1 bagian bawang putih. Hmm, sebenarnya rumus ini tidak terlalu baku dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Contohnya pada kasus kali ini yang aku sesuaikan dengan selera orang-orang di rumahku, di mana cabe merah dan bawang putihnya aku kurangi sedikit agar sesuai selera. Nah, jadi jangan takut untuk mengurangi atau menambahkan komposisinya. Misalnya bagi yang suka pedas bisa ditambah lagi cabe merahnya, hehehehe.

Hmm, oke deh, ayo kita mulai acara main masak-masakannya.

Bahan-bahan:
-  350 gr cabe merah
-  200 gr bawang merah
-  50 gr bawang putih
-  1 sdm garam
-  2 sdm minyak goreng

Cara pembuatan:
  1. Haluskan cabe merah, bawang merah dan bawang putih. Proses menghaluskan boleh dengan cara diulek atau di-blender. Pada kasus kali ini aku menghaluskannya dengan cara di-blender.

    haluskan cabe merah, bawang merah dan bawang putih
    haluskan cabe merah, bawang merah dan bawang putih

  2. Kemudian panaskan minyak goreng untuk menumis.

    panaskan minyak
    panaskan minyak

  3. Lalu masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, tumis sampai agak mengering, mengeluarkan aroma dan matang. Jangan lupa tambahkan garam dan aduk rata.

    proses memasak
    proses memasak

  4. Nah, setelah matang diamkan sejenak agar panasnya berkurang.

    telah matang
    telah matang

  5. Kemudian taruh dalam wadah atau kotak yang bisa ditutup rapat, lalu simpan di dalam lemari pendingin. Nah, nanti keluarkan apabila ingin digunakan sebagai bumbu masak. Oh iya, apabila ingin lebih tahan lama, simpan dengan cara dibungkus di dalam plastik dengan takaran ukuran per porsi masak, lalu masukkan di dalam freezer. ^,^

    Bumbu Dasar Merah ala Rika
    Bumbu Dasar Merah ala Rika 

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...