7 Juni 2017

Mengganti Oli Mesin Jialing Kancil

Jialing Kancil (JL70-3)
Jialing Kancil (JL70-3)

Yup, pada tulisan kali ini aku masih membahas tentang Jialing Kancil atau Jialing Pony (JL70-3), sepeda motor imut-imut berkapasitas mesin 70cc, bahan bakar bensin, silinder tunggal, 4 langkah dan berpendingin udara. Saat ini aku sedang berusaha membangunkannya setelah si Kancil tersebut sudah tertidur dalam waktu yang agak lama di gudang, hehehehe.

Hmm, kali ini aku akan menjelaskan secara singkat tentang cara melakukan penggantian oli mesin pada sepeda motor tersebut. Sebenarnya sangat mudah caranya dan peralatan yang dibutuhkan pun sangat sederhana. Yang perlu diperhatikan adalah pasal jenis dan viskositas oli mesin yang akan digunakan.

Oke deh, ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  1. Siapkan peralatan berupa kunci ring ukuran 17', tang, wadah penampung oli bekas, kain lap, tisu, corong dan selang.

    aneka peralatan
    aneka peralatan
    corong dan selang
    corong dan selang

  2. Siapkan oli mesin. Menurut buku panduan, sepeda motor Jialing Kancil (JL70-3) direkomendasikan menggunakan oli mesin dengan spesifikasi SAE 10W-40 dengan API SE atau SF. Nah, menurut mamasku gunakan oli mesin yang viskositasnya lebih kental dari spesifikasi tersebut, alasannya karena sepeda motor tersebut sudah berusia sekitar 14 tahun (2003-2017) yang diasumsikan celah-celah antar komponen di dalam mesin tersebut sudah longgar. Jadi pada kasus kali ini aku menggunakan oli mesin Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50 API SJ. Oh iya, oli mesin yang diperlukan adalah sekitar 800 ml.

    oli mesin
    oli mesin

  3. Jika semua bahan-bahan yang diperlukan sudah siap, sekarang tegakkan sepeda motor dengan standar tengah. Kemudian buka dan lepaskan tutup oli mesin dengan menggunakan tang (lihat tanda panah).

    lepaskan tutup oli mesin
    lepaskan tutup oli mesin
    tutup oli mesin sudah dilepas
    tutup oli mesin sudah dilepas

  4. Lalu letakkan wadah penampung oli bekas tepat di bawah lubang penguras oli mesin (lihat tanda panah).

    wadah penampung oli bekas
    wadah penampung oli bekas

  5. Kemudian lepaskan baut penguras oli mesin dengan menggunakan kunci ring ukuran 17' (lihat tanda panah). Lalu tunggu sampai oli bekas keluar. Untuk mempercepat proses pengeluaran oli bekas dan sisa-sisa oli yang masih terjebak di dalam mesin, bisa menggunakan bantuan semprotan angin kompresor, atau bisa juga dengan cara mengengkol kick starter sebanyak 7-10 kali dalam posisi kunci kontak off.

    lepaskan baut penguras oli mesin
    lepaskan baut penguras oli mesin
    oli bekas
    oli bekas

  6. Sementara menunggu oli bekas keluar, bersihkan tutup oli mesin, baut penguras oli mesin dan o-ring atau seal-nya. Jika komponen ini ada yang rusak atau tidak layak pakai gantilah dengan yang baru.

    tutup oli, baut penguras dan o-ring
    tutup oli, baut penguras dan o-ring

  7. Bersihkan juga area sekitar lubang baut penguras oli mesin dari kotoran-kotoran (lihat tanda panah).

    bersihkan area sekitar lubang baut penguras oli mesin
    bersihkan area sekitar lubang baut penguras oli mesin

  8. Kemudian pasang kembali dan kencangkan baut penguras oli mesin (lihat tanda panah).

    pasang kembali baut penguras oli mesin
    pasang kembali baut penguras oli mesin

  9. Kemudian saatnya mengisi oli mesin yang baru. Pasang selang dan corong pada lubang pengisian oli mesin, lalu tuang oli mesin yang baru. Kuantitas oli mesin yang diperlukan adalah 800 ml.

    selang
    selang
    siapkan corong
    siapkan corong
    tuang oli mesin yang baru
    tuang oli mesin yang baru

  10. Setelah itu pasang kembali dan kencangkan tutup oli mesin (lihat tanda panah). Oh iya, untuk jarak pemakaian oli mesin jenis ini aku tetapkan sekitar 1.500-2.000 kilometer atau jika ukuran jarak kilometer tidak tercapai dapat dikonversi ke satuan waktu, yaitu setelah sekitar 3-4 bulan pemakaian.

    pasang kembali tutup oli mesin
    pasang kembali tutup oli mesin

  11. Selesai. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar