June 4, 2017

Nomor Rangka Dan Nomor Mesin - Jialing Kancil (JL70-3)

Jialing Kancil (JL70-3)
Jialing Kancil (JL70-3)

Hop oloh, ternyata di rumah mamasku banyak sekali terdapat barang antik yang mati suri, dalam arti dibiarkan begitu saja walaupun menurutku masih layak digunakan dan dimanfaatkan, huhuhuhu. Nah, hasil acak-acak rumah kali ini aku menemukan barang antik berupa sepeda motor bermerek Jialing dengan kode JL70-3 atau lazim disebut dengan Jialing Kancil.

Sepeda motor dengan kubikasi 70cc ini secara tampilan sekilas masih layak pakai, hanya berlapis debu dan sedikit karat karena sudah beberapa tahun tidak digunakan. Dan menurut mamasku, sepeda motor itu dulunya sebelum masuk ke dalam gudang masih layak jalan, serta pajaknya juga masih hidup (bisa dilihat dari TNKB-nya yang habis di tahun 2018).

Hmm, rencanaku sih sepeda motor ini akan aku bangunkan dari tidurnya, soalnya menurutku akan terlihat asyik dan keren apabila keliling komplek atau ke pasar terdekat mengendarai sepeda motor ini. Apalagi dengan mesinnya yang hanya 70cc, akan nyaman digunakan untuk berkendara santai, serta aku rasa cukup irit bahan bakar karena cc mesinnya yang kecil dan bobotnya yang ringan.

Oke deh, kali ini aku akan menunjukkan di mana letak nomor rangka dan nomor mesin pada sepeda motor yang imut-imut ini, hehehehe.

Tegakkan sepeda motor dengan standar tengah, lalu perhatikan dan lihat sepeda motor dari sisi sebelah kiri. Nomor rangka terletak di bawah jok depan atau jok pengendara (fyi, jok sepeda motor ini terpisah antara jok pengendara dan jok penumpang).

letak nomor rangka (A) dan nomor mesin (B)
letak nomor rangka (A) dan nomor mesin (B)
letak nomor rangka
letak nomor rangka

Sementara nomor mesin terletak di mesin bagian bawah sebelah kiri, atau berada di dekat dengan pangkal standar samping dan footstep sebelah kiri (lihat tanda panah).

letak nomor mesin
letak nomor mesin

Kemudian ada juga identitas lain yang berada di rangka bagian depan di sekitar bagian bawah stang sebelah kanan atau di sekitar tangki bahan bakar sebelah kanan.

nomor identitas lain
nomor identitas lain

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment