1 November 2014

Produk Penunjang Keramik (Lantai dan Dinding)

Produk Penunjang Keramik (Lantai dan Dinding)
Produk Penunjang Keramik (Lantai dan Dinding)

Ketika berbelanja bahan bangunan khususnya keramik (lantai dan dinding), biasanya ada yang terlewatkan atau lupa dimasukkan ke dalam daftar belanja tersebut. Yup, yaitu barang-barang printilan atau produk penunjang dari keramik lantai atau keramik dinding tersebut. Padahal barang-barang printilan tersebut bisa menambah keindahan dari ruangan atau rumah hunian tempat tinggal anda, hehehehe.

Oke deh, berikut ada 7 (tujuh) produk penunjang dari produk keramik lantai dan dinding yang bisa dimasukkan ke dalam daftar belanja bahan bangunan.
  1. Semen Nat
    Semen nat atau pengisi naad adalah salah satu produk yang sangat berhubungan erat dengan keramik lantai ataupun dinding. Fungsi semen nat adalah mengisi ruang kosong atau spasi antar keping keramik. Tersedia berbagai pilihan warna semen nat, pilihlah warna yang cocok dan serasi dengan keramik yang akan dipasang. Semen nat dipasarkan dengan kemasan terkecil berukuran 1 kilogram yang bisa digunakan untuk sekitar 6-8 dus keramik lantai ukuran 40x40 cm.

    semen nat
    semen nat

  2. Kuku Macan
    Kuku macan atau sering juga disebut bon-bon adalah produk penunjang keramik yang lazimnya dipasang pada bagian ujung luar keramik yang berbatasan dengan bidang lainnya atau juga dengan bagian yang lebih rendah. Fungsi lainnya adalah mengurangi kesan yang terlihat tajam pada bagian ujung atau siku sehingga terlihat lebih menarik dan elegan. Biasanya kuku macan berukuran panjang 10 dan 20 cm. Lazimnya dijual per satuan, per ikat (1 meter) dan 1 kotak (180 buah).

    kuku macan
    kuku macan

  3. Plin
    Plin atau plint adalah komponen yang dipasang pada dinding bagian bawah yang berbatasan langsung dengan lantai. Bisa dibilang plin adalah lis pada dinding bagian bawah. Biasanya warna dan corak plin sesuai dengan warna dan corak lantai. Pada dasarnya plin dijual secara khusus atau terpisah dengan keramik lantai. Akan tetapi pada aplikasinya di lapangan, plin kerap diganti dengan keramik lantai yang dipotong atau dibelah menjadi seukuran plin, yaitu dengan tinggi sekitar 10 cm.

    Sebagai contoh, apabila keramik lantai berukuran 40x40 cm, maka 1 keping keramik tersebut dipotong menjadi 4 bagian dengan ukuran 10x40 cm. Jadi dari 1 keping keramik ukuran 40x40 cm bisa menjadi 4 keping plin. Atau dari 1 dus keramik 40x40 cm yang berisi 6 keping, bisa menjadi 24 keping plin.

    plin
    plin

  4. Stepnosing
    Stepnosing atau stair-nosing adalah komponen yang berhubungan dengan tangga. Komponen ini biasanya dipasang pada bagian ujung permukaan anak tangga. Fungsi utamanya adalah sebagai pelindung pijakan pada kaki kita ketika sedang melangkah di atas anak tangga. Permukaan stepnosing sengaja dibuat bergaris atau berulir yang berguna untuk menambah cengkeraman telapak atau alas kaki sehingga bisa terhindar atau mengurangi kemungkinan terpeleset karena permukaan anak tangga yang licin. Ukuran stepnosing biasanya mengikuti ukuran keramik, yaitu 30, 40 dan 60 cm, dengan lebar 8 dan 10 cm.

    stepnosing
    stepnosing

  5. Lis
    Lis berfungsi untuk memperindah tampilan keramik dinding. Hampir sama dengan plin, hanya saja lis dipasang di tengah atau di atas keramik dinding. Pada kasus di lapangan, lis sering diaplikasikan pada dinding kamar mandi dan dinding dapur (meja kompor dan kitchen sink). Di pasaran sering dijumpai lis dengan ukuran 7x20 dan 8x25 cm yang dijual secara satuan atau per keping.

    lis
    lis

  6. Mozaik
    Mozaik atau mosaic adalah keramik kecil-kecil yang disatukan sehingga membuat suatu pola yang menarik. Mozaik terlihat seperti kaca dan mengkilap, akan tambah menarik apabila terkena cahaya. Mozaik biasanya dipasang pada dinding dapur (meja kompor dan kitchen sink) dan ada pula yang memasangnya di dinding kamar mandi.

    mozaik
    mozaik

  7. Panel
    Aplikasi panel sering dijumpai pada rumah ibadah seperti masjid dan gereja. Biasanya motif dari panel bernuansa religi, seperti kaligrafi, gambar ka'bah (Islami) dan perjamuan terakhir (Nasrani). Selain bernuansa religi, kerap juga ditemukan panel dengan gambar buah-buahan, hewan, pemandangan dan karakter kartun yang ditujukan untuk dipasang di ruang makan dan kamar anak-anak. Panel lazimnya dijual dalam satu paket sesuai tema.

    panel
    panel

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...