4 November 2014

Es Koktail Buah Segar

Es Koktail Buah Segar ala Rika
Es Koktail Buah Segar ala Rika

Hmm, di cuaca yang panas menyengat seperti siang hari ini enaknya ya minum yang segar-segar, contohnya seperti es koktail buah segar, hehehehe. Lazimnya es koktail buah terdiri dari campuran bermacam-macam buah sehingga rasanya pun bermacam-macam juga, secara sederhananya adalah kombinasi dari rasa manis dan asam yang menyegarkan.

Pada kesempatan kali ini aku akan membuat es koktail buah segar secara sederhana yang terdiri dari tiga kombinasi buah, yaitu pepaya, nanas dan labu siam (jipang). Aku menggunakan labu siam sebagai substitusi dari bengkuang karena tidak mendapatkan bengkuang di sekitarku, hehehehe. Untuk buah pepaya, sebaiknya pilih yang kondisinya hampir matang atau mengkal.

Oh iya, agar aroma dan rasanya sama atau mendekati dengan yang dijual di pasaran, ada beberapa bahan kimia seperti sari manis (sodium cyclamate atau pemanis buatan) dan citrun zuur (citric acid, asam sitrat atau penguat rasa asam). Akan tetapi aku tidak akan menggunakannya karena untuk konsumsi keluarga di rumah.

Sebagai informasi, sari manis bisa diganti dengan penambahan gula pasir, sementara citrun zuur bisa diganti dengan air perasan jeruk nipis. Hmm, air perasan jeruk nipis juga sebetulnya tidak perlu ditambahkan apabila buah nanas yang digunakan rasa asamnya dirasa sudah cukup. Oke deh, ayo kita mulai acara acak-acak dapurnya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  1/2 buah pepaya, potong dadu atau kotak kecil
-  1 buah labu siam, potong dadu atau kotak kecil
-  1 buah nanas, potong dadu atau kotak kecil
-  250 gr gula pasir
-  5 cm kayu manis
-  1500 ml air, untuk membuat larutan air gula
-  Secukupnya larutan air kapur sirih
-  Secukupnya es batu (opsional, sesuai selera)

pepaya
pepaya
labu siam
labu siam
nanas
nanas

Cara pembuatan:
  1. Siapkan sebuah baskom atau wadah, lalu masukkan potongan pepaya, kemudian beri air secukupnya. Tambahkan 1-2 sdt larutan air kapur sirih, lalu aduk rata. Kemudian diamkan selama sekitar 1 jam.

    rendam pepaya dalam air kapur
    rendam pepaya dalam air kapur

  2. Sama seperti langkah di atas. Siapkan sebuah baskom atau wadah, lalu masukkan potongan labu siam, kemudian beri air secukupnya. Tambahkan 1-2 sdt larutan air kapur sirih, lalu aduk rata. Kemudian diamkan selama sekitar 1 jam.

    rendam labu siam dalam air kapur
    rendam labu siam dalam air kapur

  3. Setelah proses perendaman potongan buah pepaya dengan air kapur sirih selesai, lalu bilas 2-3 kali dengan air bersih biasa. Kemudian rendam sejenak selama sekitar 1-2 menit dengan air hangat. Setelah itu tiriskan.

    bilas, lalu rendam sejenak dalam air hangat
    bilas, lalu rendam sejenak dalam air hangat
    tiriskan
    tiriskan

  4. Bilas 2-3 kali potongan labu siam dengan air bersih biasa, lalu tiriskan. Hmm, untuk labu siam ini akan dimasak sejenak terlebih dahulu. Caranya, didihkan air di dalam sebuah panci. Kemudian rebus sejenak potongan labu siam tersebut. Setelah itu tiriskan.

    rebus sejenak potongan labu siam
    rebus sejenak potongan labu siam
    tiriskan
    tiriskan

  5. Sekarang kita masuk ke dalam proses membuat larutan air gula. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan air, gula pasir dan kayu manis ke dalam sebuah panci. Kemudian masak sampai mendidih dan gula larut di dalam air. Setelah itu matikan api kompor dan diamkan sejenak sampai panasnya berkurang.

    proses membuat larutan air gula
    proses membuat larutan air gula

  6. Setelah larutan air gula tidak lagi terasa panas, masukkan potongan pepaya ke dalam larutan air gula, lalu aduk rata.

    masukkan pepaya
    masukkan pepaya

  7. Kemudian masukkan potongan labu siam, lalu aduk rata.

    masukkan labu siam
    masukkan labu siam

  8. Kemudian masukkan potongan nanas, lalu aduk rata.
    Nah, sampai di langkah ini sebetulnya minuman ini sudah bisa dinikmati dengan menambahkan es batu agar bisa dinikmati dalam kondisi dingin dan menyegarkan.

    masukkan nanas
    masukkan nanas

  9. Apabila minuman ini tidak akan langsung disajikan atau dinikmati, sebaiknya disimpan terlebih dahulu di dalam lemari pendingin (kulkas). Pindahkan atau taruh di dalam wadah yang bisa ditutup rapat, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin (kulkas) selama minimal 2 jam.

    taruh di dalam wadah yang bisa ditutup rapat
    taruh di dalam wadah yang bisa ditutup rapat
    simpan di dalam lemari es (kulkas)
    simpan di dalam lemari es (kulkas)

  10. Setelah dingin, keluarkan dari dalam lemari pendingin (kulkas). Kemudian sajikan di dalam gelas. Hmm, apabila dirasa masih kurang dingin bisa ditambah dengan es batu.

    sajikan
    sajikan

  11. Tarraaa, Es Koktail Buah Segar ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Es Koktail Buah Segar ala Rika
    Es Koktail Buah Segar ala Rika

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...