November 22, 2017

Rotasi Ban Pada Daihatsu Terios

Rotasi Ban Daihatsu Terios
Rotasi Ban Daihatsu Terios

Rotasi ban atau roda? Fungsinya apa sih? Yup, tujuan utama dari merotasi ban atau roda pada kendaraan adalah untuk menyamakan kondisi ban (keausan) secara menyeluruh dan tujuan lainnya adalah memperpanjang usia ban atau penghematan. Maksud kata menyeluruh di sini adalah agar kondisi semua ban yang menempel pada roda mobil dalam kondisi yang sama.

Tanpa dilakukan rotasi tingkat keausan dari setiap ban akan berbeda, akan ada ban yang tipis atau gundul terlebih dulu pada sisi luarnya, atau yang habis terlebih dulu pada sisi dalamnya, atau ban belakang lebih dulu tipis atau gundul dari ban depan (kasus pada mobil berpenggerak roda belakang/rwd). Nah, dengan dilakukan rotasi diharapkan kondisi semua ban akan sama rata dan pada saat jadwal penggantiannya nanti tidak akan mubazir karena semua ban bisa terpakai secara maksimal. Sebagai informasi, umur ideal ban adalah sekitar 6 tahun dari waktu produksi ban tersebut. Kan sayang dan mubazir tho kalau salah satu ban yang kembangan atau ulirnya masih bagus dan tebal harus diganti atau dibuang di saat jadwalnya, biasanya sih terjadi pada ban serep atau ban cadangan, hehehehe.

Pada mobil Daihatsu Terios kelima roda (4 roda terpasang + 1 roda cadangan) adalah identik atau sama persis, jadi skema rotasinya adalah rotasi 5 roda. Akan tetapi yang harus diperhatikan selanjutnya adalah tipe alur (groove) ban tersebut. Apabila tipe alur ban tersebut adalah tipe simetris (symmetric) atau tipe asimetris tanpa tanda arah (non-directional asymmetric), skema rotasi 5 ban bisa dilakukan. Tetapi apabila tipe alur ban tersebut adalah tipe searah (directional) atau asimetris searah (directional symmetric), maka skema rotasi 5 ban tidak bisa dilakukan, karena pada tipe alur tersebut hanya bisa dilakukan rotasi depan-belakang saja.

Berhubung ban yang terpasang (+ ban cadangan) pada mobil Daihatsu Terios adalah ban tipe simetris dan identik jadi skema rotasi 5 ban bisa dilakukan. Hmm, skema rotasi 5 ban adalah sebagai berikut.

skema rotasi 5 ban - rwd
skema rotasi 5 ban - rwd

Rincian dan alur proses kerjanya adalah sebagai berikut:
  1. Ban atau roda cadangan dipasang ke posisi depan-kiri.
  2. Ban atau roda depan-kiri dipindah ke posisi belakang-kanan.
  3. Ban atau roda belakang-kanan dipindah ke posisi depan-kanan.
  4. Ban atau roda depan-kanan dipindah ke posisi belakang-kiri.
  5. Ban atau roda belakang-kiri menjadi ban cadangan.

Oh iya, jadwal rotasi ban atau roda ini disarankan setiap 10.000 kilometer sekali atau jika dikonversi dalam bentuk waktu adalah setiap 5-6 bulan sekali. Sebagai informasi, rotasi ini juga bisa dilakukan pada mobil lainnya yang berpenggerak roda belakang (rear wheel drive/rwd) dengan syarat ukuran kelima ban dan roda harus identik, serta tipe alur ban adalah tipe simetris atau tipe asimetris tanpa tanda arah. ^,^


Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment