August 19, 2017

Ukuran Velg Dan Ban Daihatsu Terios R-Adventure

Roda Depan Daihatsu Terios R-Adventure
Roda Depan Daihatsu Terios R-Adventure

Yup, kali ini aku akan membahas sedikit tentang salah satu mobil berjenis mini SUV yang lumayan banyak berseliweran di negeri ini, khususnya di tempatku Lampung. Yah, Daihatsu Terios, mobil yang sangat mirip dengan Toyota Rush, hehehehe. Pada tulisan kali ini aku hanya akan membahas pasal ukuran velg dan ban yang menjadi bagian penting pada mobil tersebut.

Daihatsu Terios terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe X (dulunya tipe TS) dan tipe R (dulunya tipe TX). Kemudian tipe X terbagi lagi menjadi tipe X dan tipe X-Extra, sementara tipe R terbagi menjadi tipe R, tipe R-Custom dan tipe R-Adventure. Untuk velg kesemuanya berukuran 16 inch dengan PCD 5 x 114,3, hanya saja untuk tipe X dibekali dengan velg kaleng, sementara tipe R dibekali dengan velg alloy (berbahan campuran besi dan alumunium).

Untuk Daihatsu Terios tipe R-Adventure, ban bawaannya adalah Dunlop Grantrek ST20 dengan ukuran 235/60 R16. Kemudian pada dinding ban tertera kode 100H yang adalah kode indeks beban dan kode batas kecepatan, di mana 100 artinya setiap ban mampu menanggung beban senilai 800 kilogram dan H artinya batas kecepatan maksimal 210 kilometer per jam atau 130 mil per jam.

Dunlop Grantrek ST20 235/60 R16
Dunlop Grantrek ST20 235/60 R16

Oh iya, untuk ban jangan lupa juga dengan masa kadaluwarsanya yang berjarak sekitar 6 tahun dari kode waktu produksi yang tertera pada dinding ban. Pada kasusku kali ini tertera kode 2416 (lihat tanda panah di bawah) yang artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke 24 di tahun 2016. Hmm, jadi berselang 6 tahun dari waktu tersebut atau sekitar tahun 2022, ban sebaiknya diganti dengan yang baru walaupun kedalaman ulir ban masih terlihat dalam. ^,^

kode waktu produksi
kode waktu produksi

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment