February 6, 2017

Bayar Pajak Kendaraan Tahunan? Ke Sini Saja Deh

Lembar Pajak Kendaraan Bermotor
Lembar Pajak Kendaraan Bermotor

Punya kendaraan bermotor yang terdaftar di wilayah Bandar Lampung dan kebetulan hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan? Hmm, pada tulisan kali ini aku akan memberikan sedikit review tentang beberapa tempat yang bisa dituju apabila ingin membayar pajak kendaraan bermotor tahunan. Oh iya, ini kasusnya pasal pajak tahunan lho ya, bukan pajak lima tahunan (perpanjangan, ganti STNK, ganti TNKB). Dan juga kasusnya di mana BPKB asli dan atau STNK asli, serta KTP asli pemilik kendaraan ada di tangan anda sebagai syarat kelengkapan berkas.

Hmm, oke deh, berikut telah aku urutkan menurut waktu yang dihabiskan untuk proses pembayaran, dari yang paling cepat ke yang paling lambat berdasarkan pengalamanku ketika membayar pajak kendaraan bermotor sepanjang tahun lalu (2016). Berikut urutannya.
  1. Samsat Ladies Mall Bumi Kedaton (MBK)
    Pilihan pertamaku jatuh ke Samsat Ladies yang terletak di Mall Bumi Kedaton (MBK). Karena selain prosesnya cepat, di sini hanya diperlukan berkas berupa STNK asli dan KTP asli. Untuk referensi silahkan baca artikel Samsat Ladies Lampung - Semua Petugasnya Wanita Lho.

    Samsat Ladies MBK
    Samsat Ladies MBK

  2. Samsat Container Golden Dragon, Sukaraja
    Pilihan keduaku jatuh ke Samsat Container Golden Dragon yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Sukaraja. Proses pembayaran di sini juga termasuk cepat, (imho) karena agak sepi dan letaknya yang agak jauh jika ditempuh dari daerah Tanjung Karang, Kedaton, Sukarame, Rajabasa atau Kemiling. Hmm, tempat ini lebih dekat dituju apabila kita berdomisili di daerah Sukaraja, Teluk Betung, Garuntang, Pahoman atau Panjang. Persyaratan berkas yang diperlukan di sini adalah STNK asli, BPKB asli dan KTP asli. Untuk referensi silahkan baca artikel Bayar Pajak Kendaraan Di UPC Samsat Bandar Lampung.

    Samsat Container Golden Dragon
    Samsat Container Golden Dragon

  3. Samsat Mall Kartini (Moka)
    Pilihan berikutnya adalah Samsat Mall Kartini atau yang lazim disebut Moka (Akronim dari Mall Kartini). Hmm, proses di sini tergantung dari jumlah wajib pajak yang akan melakukan pembayaran. Saranku sih kalau ingin membayar pajak kendaraan di sini datanglah sebelum pukul 11.00 WIB. Sebagai referensi bisa dibaca di artikel Bayar Pajak Kendaraan Di Samsat Mall Kartini (Moka) Bandar Lampung.

    Samsat Mall Kartini (Moka)
    Samsat Mall Kartini (Moka)

  4. Samsat Mall Chandra
    Di Samsat Mall Chandra sebenarnya kondisi dan pelayanannya hampir sama dengan di Samsat Mall Kartini (Moka), hanya saja jumlah wajib pajak yang membayar di sini lebih banyak, sehingga antriannya lebih panjang dan lama. Sebagai saran sih sebaiknya jika ingin membayar pajak kendaraan di sini sebaiknya anda sudah berada di tempat ini sekitar pukul 09.00 WIB. Sebagai referensi bisa baca artikel Bayar Pajak Kendaraan Di Samsat Mall Chandra, Bandar Lampung.

    Samsat Mall Chandra
    Samsat Mall Chandra

  5. Samsat Keliling
    Aku tidak bisa bercerita banyak tentang proses pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling karena belum pernah aku coba. Menurut pengakuan teman-temanku sih prosesnya termasuk cepat juga, hanya saja kita harus tahu jadwalnya, karena setiap hari atau beberapa hari selalu berpindah tempat.
  6. Samsat Induk Rajabasa
    Nah, ini adalah pilihan terakhir. Pergilah ke sini apabila layanan Samsat yang telah aku sebutkan di atas sedang mengalami gangguan, atau apabila berkas persyaratan tidak lengkap. Dan kalau pun terpaksa harus ke sini sebaiknya anda datang pagi, sekitar pukul 08.00 WIB sudah harus berada di tempat. Sebagai referensi bisa baca artikel Bayar Pajak Kendaraan Di Samsat Induk Rajabasa, Bandar Lampung.

    Samsat Induk Rajabasa
    Samsat Induk Rajabasa

Yup, itulah urutan Samsat di wilayah Bandar Lampung berdasarkan lama waktu proses pembayaran menurut pengalamanku. Bagaimana menurut pengalaman anda? Hehehehe. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment