November 20, 2015

Bayar Pajak Kendaraan Di Samsat Mall Chandra, Bandar Lampung

Samsat Mall Chandra, Bandar Lampung
Samsat Mall Chandra, Bandar Lampung

Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan bagaimana cara membayar pajak kendaraan di Samsat Mall Chandra, Bandar Lampung yang terletak di Chandra Supermarket, Tanjung Karang. Sebagai informasi, ada baiknya jika kita memanfaatkan keberadaan layanan samsat seperti ini karena berdasarkan pengalaman akan lebih hemat waktu dibandingkan jika melakukan pembayaran pajak di kantor pusat samsat.

Oke, begini prosedurnya,
  1. Sebelum berangkat menuju lokasi, persiapkan berkas-berkas yang menjadi persyaratan untuk proses pembayaran pajak kendaraan, yaitu berupa: BPKB asli, STNK asli dan KTP asli. Ketiga berkas tersebut harus identik atau beridentitas sama (nama dan alamat). Jika yang akan dibayarkan adalah kendaraan bukan atas nama sendiri, harus disertakan surat kuasa. Persyaratan lainnya adalah BPKB tidak dalam proses agunan atau leasing, masa berlaku PKB tidak lebih dari 8 bulan jatuh temponya (jika telat atau lewat masa berlaku), dan bukan merupakan proses pembayaran pajak 5 tahunan atau ganti STNK dan plat nomor.

    persyaratan (1)
    persyaratan (1)
    persyaratan (2)
    persyaratan (2)
    persyaratan (3)
    persyaratan (3)

  2. Jika berkas-berkas persyaratan sudah siap, ayo kita menuju lokasi. Samsat Mall Chandra terletak di area parkir basement sepeda motor, tidak jauh dari pintu masuk area parkir basement sepeda motor. Oh iya, waktu operasionalnya adalah setiap hari Senin-Jum'at (pukul 09.00-14.30 WIB) dan hari Sabtu (pukul 09.00-11.30 WIB), dengan waktu istirahat (pukul 12.00-13.00 WIB).

    ruang samsat mall chandra
    ruang samsat mall chandra
    waktu operasional
    waktu operasional

  3. Sampai di lokasi langsung saja masuk ke dalam ruangan dan menuju loket pendaftaran untuk menyerahkan berkas-berkas yang menjadi persyaratan, kemudian silahkan duduk di tempat yang telah disediakan untuk menunggu nama kita (nama yang tertera di BPKB dan STNK) dipanggil oleh petugas.

    suasana di samsat mall chandra
    suasana di samsat mall chandra

  4. Tak lama kemudian nama kita (nama yang tertera di BPKB dan STNK) dipanggil, segeralah menuju loket kasir untuk melakukan proses pembayaran. Setelah itu berkas-berkas berupa BPKB asli, STNK asli dan KTP asli yang dikumpulkan tadi akan dikembalikan, dan juga kita akan diberikan lembar pajak baru yang berlaku selama satu tahun ke depan. Sebelum meninggalkan loket kasir pastikan berkas-berkas milik kita tidak ada yang tertinggal dan periksalah dengan seksama pada lembar pajak baru apakah datanya telah sesuai.
  5. Selesai.

Catatan:
  • Jika tidak ingin menemui antrian panjang dan lama, usahakan tiba di lokasi lebih awal.
  • Estimasi waktu proses tergantung dengan jumlah wajib pajak yang membayar pajak, jika tanpa antrian diperkirakan hanya menghabiskan waktu sekitar 5-7 menit.
  • Biaya parkir kendaraan (sepeda motor) Rp.1.000,- dan (mobil) Rp.2.000,- untuk satu jam pertama.

No comments:

Post a Comment