June 12, 2015

Bayar Pajak Kendaraan Di UPC Samsat Bandar Lampung

UPC Samsat, Golden Dragon, Bandar Lampung
UPC Samsat, Golden Dragon, Bandar Lampung

Sudah masuk di bulan Juni tahun 2015, berarti waktunya memperpanjang pajak kendaraan yang kumiliki. Ya, Kijang Super-ku masa berlakunya mesti diperbaharui dan dibayarkan pajaknya per tanggal 25 Juni di setiap tahunnya. Eeh, tapi sekarang kan masih tanggal belasan, kenapa dibayarkan sekarang? Hmm, ya tidak masalah asalkan jangka waktunya maksimal terhitung sebelum 30 hari atau 1 bulan dari batas tanggal masa berlakunya yang tertera di lembar pajak (SKPD PKB/BBN-KB), karena jika lebih dari itu permohonan kita tidak akan diterima dan diproses. Dan alasanku yang lain adalah jika sudah tanggal 25 Juni 2015 sudah masuk bulan puasa Ramadhan, bayangkan deh berpanas-panasan ria di saat puasa, ampun dah, hehehehe.

Nah, sekarang soal di mana tempat pembayarannya. Yang aku tahu ada 4 (empat) tempat yang melayani pembayaran pajak kendaraan (khusus perpanjangan pajak saja) untuk kendaraan dengan plat nomor area Bandar Lampung, yaitu:
-  Kantor Samsat Jalan Pramuka,
-  Samsat Corner Supermarket Chandra Tanjung Karang,
-  Samsat Corner Mall Kartini,
-  Samsat Container Golden Dragon Jalan Yos Sudarso, Sukaraja.

Oh iya, ada satu tempat lagi yaitu di Mobil Layanan Samsat Keliling, tapi untuk pilihan ini kita mesti tahu dulu di mana jadwal tepatnya, karena setiap hari berbeda tempat, ya namanya juga Samsat Keliling, ya kerjaannya pasti keliling-keliling, hehehehe.

Pada kesempatan kali ini aku akan coba membayar pajak kendaraan di Samsat Container Golden Dragon di Jalan Yos Sudarso, Sukaraja. Lokasinya tidak jauh dari Hotel Sahid Bandar Lampung atau lampu merah simpang tiga Garuntang. Oke, berikut ceritanya.
  1. Siapkan dokumen yang harus dibawa, yaitu BPKB asli, STNK asli, SKPD PKB/BBN-KB asli dan KTP asli pemilik kendaraan (nama pemilik dan alamat yang tertera di KTP, BPKB, STNK dan SKPD PKB/BBN-KB harus sama atau identik). Karena kendaraan yang pajaknya akan dibayarkan masih atas nama pamanku, jadi terlebih dulu aku harus meminjam KTP beliau.

    dokumen yang harus disiapkan
    dokumen yang harus disiapkan

  2. Setelah semua dokumen siap, jangan lupa membawa sejumlah uang tunai senilai pajak yang akan dibayarkan, nilainya tertulis di lembar SKPD PKB/BBN-KB. Jika sudah siap, ayo kita berangkat menuju lokasi.

    lokasi UPC Samsat di Golden Dragon
    lokasi UPC Samsat di Golden Dragon

  3. Setelah bertemu lokasinya, langsung saja masuk ke dalam dan menuju area parkir.

    area parkir motor
    area parkir motor

  4. Setelah memarkirkan motor dan memastikannya terkunci dengan aman lalu kita bergegas menuju tempatnya, yaitu Samsat Container. Disebut dengan embel-embel container mungkin karena loket pembayarannya dilakukan di sebuah kontainer yang dimodifikasi menjadi beberapa loket, hehehehe.

    samsat container
    samsat container

  5. Kemudian siapkan dokumen (KTP, BPKB, STNK dan SKPD PKB/BBN-KB) dan serahkan di loket 1 (loket pendaftaran).

    loket
    loket
    loket 1
    loket 1

  6. Kemudian tunggu di area tunggu, menunggu sampai nama kita (nama yang tertera di dokumen) dipanggil oleh petugas. Ketika menunggu jangan lupa siapkan sejumlah uang tunai yang akan dibayarkan.

    area tunggu
    area tunggu

  7. Selang beberapa saat, nama kita (nama yang tertera di dokumen) dipanggil oleh petugas, lalu menuju ke loket 2 (kasir dan penyerahan). Kemudian petugas akan menyebutkan nilai yang harus dibayarkan.

    loket 2
    loket 2

  8. Masih di loket 2, setelah dibayarkan kita akan mendapatkan lembar SKPD PKB/BBN-KB yang baru dengan masa berlaku satu tahun ke depan, dan di lembar STNK ada penambahan satu cap/stempel, sementara dokumen lainnya yang kita serahkan tadi dikembalikan kepada kita. Periksalah semua dokumen dan jika ada yang tidak sesuai atau ada pertanyaan, silahkan bertanya dengan petugas terkait.

    periksa kembali dokumen
    periksa kembali dokumen

  9. Selesai. ^,^

Catatan:
  • Samsat Container dibuka setiap hari Senin-Sabtu pukul 09.00-13.30, khusus hari Sabtu dibuka sampai dengan pukul 11.00 (setengah hari).
  • Estimasi waktu proses tergantung jumlah wajib pajak yang membayar pajak, ketika aku kemarin menghabiskan waktu sekitar 5-7 menit dengan jumlah antrian sebelumku ada 2 orang wajib pajak.
  • Biaya parkir kendaraan (sepeda motor) Rp. 2.000,-.

No comments:

Post a Comment