7 Februari 2022

Cara Pasang Set Top Box Akari ADS-2230

Akari ADS-2230
Akari ADS-2230

Pada kesempatan kali ini aku akan mencoba menonton siaran televisi digital pada pesawat televisi analog (produk model lama) dengan menggunakan alat atau perangkat yang bernama set top box tv digital (STB DVB-T2). Produk yang akan aku coba adalah STB merk Akari seri ADS-2230. Sementara televisinya adalah produk Panasonic seri TH-L32B6G.

Sebagai informasi, set top box (STB) digunakan untuk mengkonversi sinyal saluran televisi digital yang ditangkap oleh antena agar bisa dinikmati (gambar dan suaranya) pada pesawat televisi yang belum dilengkapi dengan fitur tuner standar DVB-T2. Perangkat STB belakangan ini mulai dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin menonton siaran televisi digital menggunakan televisi analog atau tv model lama. Kecuali jika anda dalam waktu dekat ini ada rencana ingin membeli televisi baru yang sudah model tv digital, hehehehe.

STB adalah cara yang lebih murah dan ekonomis bagi anda yang belum memiliki pesawat tv digital, tetapi ingin bisa menonton siaran televisi digital secara gratis dan legal, terutama nanti setelah pemerintah menonaktifkan sinyal tv analog pada 30 April 2022 (tahap 1).

kemasan produk
kemasan produk
spesifikasi produk
spesifikasi produk

Hmm
, sekarang kita coba buka kemasan produknya, hehehehe.

isi kemasan
isi kemasan

Dalam kemasan produk Akari ADS-2230 terdiri dari:
  • set top box
  • remote control
  • kabel RCA audio-video
  • petunjuk penggunaan
  • kartu garansi

tampak depan
tampak depan
tampak belakang
tampak belakang
tampak bawah
tampak bawah

Topologi siaran digital pada TV analog :  antena --> STB --> TV analog

topologi menggunakan kabel RCA-AV
topologi menggunakan kabel RCA-AV

topologi menggunakan kabel HDMI
topologi menggunakan kabel HDMI

Oke deh, ayo kita mulai coba pasang dan setting set top box-nya.
  1. Siapkan 2 buah baterai AAA untuk sumber daya remote control STB. Hmm, di dalam kemasan produk yang aku beli belum dilengkapi dengan baterai untuk remote.

    langkah 1
    langkah 1

  2. Kemudian perhatikan bagian belakang televisi, lalu lepas socket kabel antena (lihat panah B). Setelah itu pasang 3 buah socket kabel RCA audio-video (AV) pada tempatnya (lihat panah A). Oh iya, jika anda memiliki kabel HDMI dan pada televisi anda juga telah tersedia port HDMI (lihat panah C), maka sebaiknya gunakan kabel HDMI untuk kualitas yang lebih baik.

    langkah 2
    langkah 2

  3. Kemudian perhatikan bagian belakang STB. Ada 4 buah socket kabel yang harus dihubungkan, yaitu 1 buah socket kabel RF-IN yang menuju antena (lihat panah A) dan 3 buah socket kabel RCA audio-video (lihat panah B) yang menuju ke pesawat televisi. Sementara kabel yang telah terpasang permanen pada STB adalah kabel power (lihat panah C) yang menuju ke sumber daya listrik atau listrik PLN.

    langkah 3
    langkah 3

  4. Setelah semua perangkat terhubung (TV - STB - Antena), sekarang coba nyalakan televisi dan STB tersebut. Setel TV ke mode AV (jika menggunakan kabel RCA) atau ke mode HDMI (jika menggunakan kabel HDMI). Jika STB belum pernah disetel atau pertama kali dinyalakan, maka secara otomatis akan muncul tampilan 'Petunjuk Pemasangan'. Pada langkah ini terdapat 4 sub-menu, tetapi cukup 1 saja yang harus anda isi, yaitu 'Kode Pos' sesuai dengan lokasi anda (lihat panah A). Setelah itu arahkan kursor ke 'Cari Saluran' (lihat panah B), lalu pencet 'OK' pada remote STB.

    langkah 4
    langkah 4

  5. Kemudian secara otomatis STB akan mencari saluran (channel) yang tersedia di lokasi anda. Tunggu sampai prosesnya selesai. Hmm, di tempatku (baca: Bandar Lampung) ada 13 channel yang bisa ditangkap oleh STB, tetapi 2 saluran tidak tampil (blank). Rinciannya:
    001 - TVRI Lampung
    002 - TVRI Nasional
    003 - TVRI World
    004 - TVRI Sport
    005 - LDS TV (tidak tampil)
    006 - (tidak tampil)
    007 - Radar TV
    008 - TV One
    009 - ANTV
    010 - Metro TV
    011 - Nusantara TV
    012 - Gold TV (siaran percobaan)
    013 - Tegar TV

    langkah 5
    langkah 5

  6. Selesai deh. Hmm, berikut ini contoh tampilan channel TVRI World. Sangat jernih gambarnya. Oh iya, untuk mengganti saluran (channel) gunakan remote bawaan STB karena remote tv kali ini hanya digunakan untuk menyalakan-mematikan tv, mengatur volume tv dan mengganti tv ke mode AV.

    selesai
    selesai

Pada contoh kasus kali ini aku hanya menggunakan antena dalam (indoor) yang diletakkan di dekat TV-nya. Kebetulan tempatku terletak agak tinggi dan selama ini tidak bermasalah dengan sinyal televisi (analog) sehingga cukup menggunakan antena dalam saja, hehehehe.

TV (A) - STB (B) - antena (C)
TV (A) - STB (B) - antena (C)

Oh iya, pada kasus kali ini channel seperti RCTI, SCTV, Indosiar, MNCTV, GTV, TransTV, Trans7, Net, iNews, RTV, KompasTV dan channel lainnya yang biasanya tertangkap melalui sinyal analog, sepertinya belum tersedia sinyal digital-nya di tempatku. Hmm, mungkin channel-channel tersebut akan mengudara setelah tanggal 30 April 2022. Semoga saja, hehehehe.

Tonton video-nya di sini:


Sebagai informasi, set top box (STB) Akari ADS-2230 ini ditebus dengan harga Rp.250.000,- yang dibeli melalui platform e-commerce Shopee. Hmm, Anda tertarik membelinya juga?

rincian pembelian
rincian pembelian


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli Set Top Box Akari ADS-2230 di sini:

stb akari ads-2230
blibli

shopee

tokopedia

lazada


Artikel terkait:

2 komentar:

  1. Mau tanya, kok punya saya baru pertama dinyalakan tp tidak muncul apa2 ya ( petunjuk pemasangan dll) trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan tv, stb, antena dan pengkabelan sudah dihubungkan dengan benar.
      jika menggunakan kabel rca (kabel kuning-merah-putih), setel tv pada mode av. sementara jika pakai kabel HDMI, setel tv ke mode HDMI.
      kemudian pastikan stb telah menyala dengan lampu indikator warna hijau pada bagian depan stb.
      jika menu petunjuk pemasangan tidak tampil otomatis saat stb dinyalakan, bisa diakses dengan menekan tombol 'menu' pada remote stb.

      Hapus

Loading...