10 Februari 2022

Topologi Siaran TV Digital + Analog

Topologi Standar Siaran TV Digital Dengan Set Top Box
Topologi Standar Siaran TV Digital Dengan Set Top Box

Salah satu permasalahan pada siaran TV digital yang belakangan ini sedang giat-giatnya disosialisasikan oleh pemerintah melalui Kominfo adalah keberadaan sinyal TV digital tersebut, terutama di daerah-daerah tertentu. Contohnya seperti di tempatku (baca: sekitar daerah Bandar Lampung), ketika tulisan ini dipublikasikan baru tersedia 13 saluran (channel) siaran digital, itupun kondisinya dengan 2 channel tanpa gambar (blank) dan 1 channel siaran percobaan.

Channel-channel favorit seperti RCTI, MNCTV, GTV, Indosiar, TransTV, Trans7, Net, iNews, KompasTV, RTV dan lainnya belum tersedia sinyal digitalnya. Channel-channel tersebut di sini masih setia mengudara pada sinyal analog. Hmm, mungkin saat ini mereka sedang mempersiapkan infrastruktur jaringannya supaya saat nanti sinyal analog dimatikan oleh pemerintah pada tanggal 30 April 2022 (tahap 1), mereka telah siap mengudara pada saluran digital.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli Set Top Box Akari ADS-2230 di sini:

stb akari ads-2230
blibli

shopee

tokopedia

lazada


Nah, untuk mengakalinya agar kita dapat menonton siaran digital dan siaran analog pada satu unit pesawat televisi yang sama tanpa harus ribet melepas-pasang kabel antena pada STB dan TV, maka diperlukan sedikit modifikasi pada instalasi standar dengan beberapa tambahan alat atau komponen. Hmm, berikut ada 3 (tiga) cara agar kita bisa menikmati siaran TV digital dan analog.
  1. Menggunakan Kabel Loop-Out RF
    Pada cara ini dibutuhkan sebuah kabel loop-out RF. Pada instalasi, kabel ini dihubungkan ke port RF-OUT pada set top box (STB) dan port RF-IN pada televisi.

    topologi alternatif (1)
    topologi alternatif (1)

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli kabel loop-out di sini:

    kabel loop-out
    blibli

    shopee

    tokopedia


  2. Menggunakan 2 Antena
    Pada cara ini dibutuhkan 2 unit antena. Pada instalasi, antena 1 dihubungkan ke port RF-IN pada set top box (STB), sementara antena 2 dihubungkan ke port RF-IN pada televisi.

    topologi alternatif (2)
    topologi alternatif (2)

  3. Mencabang (Paralel) Antena
    Pada cara ini dibutuhkan 1 unit splitter dan 2 utas kabel antena. Pada instalasi, splitter berfungsi sebagai terminal yang membagi jalur kabel antena. Dari splitter, kabel 1 menuju ke port RF-IN pada set top box (STB), sementara kabel 2 menuju ke port RF-IN pada televisi.

    topologi alternatif (3)
    topologi alternatif (3)

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli splitter antena tv di sini:

    splitter antena tv
    blibli

    shopee

    tokopedia

Jika ingin menonton siaran TV analog, setel televisi ke mode TV dan untuk mengganti saluran (channel) gunakan remote TV. Sementara jika ingin menonton siaran TV digital, setel televisi ke mode AV (atau HDMI) dan untuk mengganti saluran (channel) gunakan remote STB.

Bagaimana, mudah sekali kan caranya. Oke deh, selamat menonton. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar