25 Desember 2021

Smartphone Untuk Leka - Infinix Hot 11S NFC

Infinix Hot 11S NFC
Infinix Hot 11S NFC

Bolehkah anak diberi fasilitas gawai (gadget) berupa telepon pintar (smartphone)? Hmm, menurutku jawabannya adalah relatif, tergantung dari beberapa faktor yang menyertainya. Beberapa faktor tersebut seperti kebutuhan, minat, perilaku, tumbuh kembang, kesehatan dan sebagainya. Nah, faktor-faktor (pada anak) tersebut adalah acuan yang mesti diperhatikan oleh orang tua, kemudian diselaraskan dengan tujuan serta kemampuan dari orang tua tersebut sehingga bisa diputuskan apakah si anak boleh atau tidak diberikan fasilitas gawai berupa smartphone.

Pada kasusku kali ini, aku akan memberikan fasilitas telepon pintar untuk Leka (Laiqa) yang berumur 8 tahun. Tujuanku yang utama adalah untuk menunjang kegiatan sekolahnya (pendidikan), seperti kita ketahui bersama kegiatan sekolah saat ini masih belum bisa dilakukan secara tatap muka penuh atau masih ada yang dilakukan secara daring (online). Oh iya, sebelumnya Leka berbagi pakai smartphone secara bergantian dengan Ain (kakaknya) ketika melakukan sekolah dalam jaringan atau daring.

Hmm, sebetulnya tidak ada masalah, kecuali pada saat jadwal sekolah daring mereka berbenturan atau dalam waktu yang bersamaan. Nah, berdasarkan situasi tersebut dapat aku simpulkan bahwa Leka sudah boleh dan layak diberikan fasilitas smartphone karena faktor kebutuhan, yaitu untuk kegiatan sekolah atau pendidikannya.

Oh iya, menurutku si Leka ini agak unik karena ia tidak terlalu tertarik atau kurang berminat dengan yang namanya smartphone, berbanding terbalik dengan kakaknya, si Ain. Maka dari itu sebelumnya tidak pernah terjadi masalah (misalnya seperti rebutan smartphone) ketika mereka (Ain dan Leka) sedang menggunakan smartphone, di mana Ain yang lebih dominan memegang kendali smartphone atau sebagai player istilahnya, sementara Leka lebih sering dan menikmati menjadi penonton. Kemudian Leka juga tidak pernah merengek kepadaku untuk minta dibelikan smartphone.

Berdasarkan situasi tersebut bisa aku tarik kesimpulan sementara bahwa Leka hanya akan menggunakan smartphone ketika dia ada kewajiban atau tugas saja, dalam hal ini adalah sekolah daring. Jadi menurutku dia tidak akan mengalami masalah overtime (lupa waktu) ketika menggunakan smartphone.

Yup, setelah kita memutuskan bahwa si anak sudah boleh dan layak diberikan fasilitas gawai berupa smartphone, langkah selanjutnya adalah memilih spesifikasi produk yang sesuai untuk si anak tersebut. Untuk menunjang kegiatan sekolah daring sebetulnya tidak diperlukan smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni karena mayoritas hanya akan digunakan untuk menjalankan aplikasi sekolah daring (e-learning) seperti mengakses portal web sekolah, membaca file pdf, kuis dan ujian online, chatting dan video conference.

Hmm, sebetulnya ada banyak pilihan produk yang bisa dipilih dan menurutku harganya pun cukup terjangkau saat ini (baca: ketika tulisan ini dipublikasikan), yaitu harga di bawah 2 juta rupiah untuk produk keluaran terbaru dan harga di bawah 1,5 juta rupiah untuk produk baru keluaran agak lama. Yup, untuk masalah dana, budget atau harga silahkan disesuaikan dengan kemampuan si orang tua, hehehehe.

Oke deh, untuk smartphone pertama si Leka pilihanku jatuh pada Infinix Hot 11S NFC. Menurutku smartphone ini secara spesifikasi cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi yang telah aku sebutkan pada paragraf sebelumnya. Berikut spesifikasinya.

Nama perangkat : Infinix Hot 11S NFC
Model : Infinix X6812B
Processor : MediaTek Helio G88
Memory (ROM/RAM) : 64/4 GB
Sistem operasi : Android 11
Layar : 6,78' inch (1080 x 2460)
Kamera belakang : 50 MP + 2 MP + AI Lens (AI Triple Camera)
Kamera depan : 8 MP
Kapasitas baterai : 5000 mAh

spesifikasi
spesifikasi

Dalam kotak kemasan isinya apa saja?
  • Perangkat smartphone Infinix Hot 11S NFC
  • Pengisi daya (charger) 18 watt
  • Kabel data USB type C
  • SIM card ejector
  • Anti gores (screen protector)
  • Softcase 
  • Panduan pengguna
  • Kartu garansi
  • 1 XGold (mata uang di XClub Infinix)
  • Kartu perdana Smartfren Bosku* (tergantung si penjual)

isi kemasan
isi kemasan
dapat bonus nomor perdana Smartfren Bosku
dapat bonus nomor perdana Smartfren Bosku

Berapa harganya dan di mana belinya?
Oh iya, Infinix Hot 11S NFC ini aku tebus dengan harga Rp.1.989.112,- (harga total) melalui platform e-commerce Shopee.

transaksi pembelian via Shopee
transaksi pembelian via Shopee

Sementara layanan pengantaran barang menggunakan jasa layanan JNE Reguler. Oh iya, pada kasus kali ini barang diterima 2 hari setelah pelunasan (pemesanan dan pelunasan pada tanggal 22 Desember 2021, penerimaan barang pada tanggal 24 Desember 2021).

riwayat pengantaran barang via JNE
riwayat pengantaran barang via JNE

Oke deh, anda tertarik juga ingin memiliki smartphone Infinix Hot 11S NFC?

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli smartphone Infinix Hot 11S NFC di sini:

infinix hot 11s nfc
bukalapak

shopee

tokopedia

jd.id

blibli


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...