11 Maret 2022

Cara Menambah Virtual RAM Pada Infinix HOT 11S NFC

Virtual RAM Infinix HOT 11S NFC
Virtual RAM Infinix HOT 11S NFC

Hmm, ada salah satu hal yang menarik setelah Infinix HOT 11S NFC (X6812B) mendapatkan update sistem secara resmi yang kedua kali (kalau tidak salah ingat). Aku tidak tahu pasti kapan update tersebut dirilis karena hp selalu dipegang oleh Leka (keponakanku), yang jelas aku melakukan proses update pada tanggal 11 Maret 2022.

pembaruan sistem (update)
pembaruan sistem (update)

Yup, hal menarik yang aku maksud pada paragraf di atas adalah tentang RAM pada smartphone tersebut setelah dilakukan update sistem. Pada keterangan sistem perangkat tertera RAM 4.00 GB + 1.00 GB, di mana sebelumnya hanya tertera RAM 4.00 GB tanpa embel-embel + 1.00 GB. Ini artinya Infinix HOT 11S NFC telah mendukung perluasan atau penambahan RAM secara virtual (Virtual RAM atau VRAM).

RAM = 4.00 + 1.00 GB
RAM = 4.00 + 1.00 GB

Apabila anda gemar mengutak-atik komputer atau laptop (atau juga pada smartphone jenis tertentu), istilah virtual RAM bukanlah hal yang baru, hehehehe. Virtual RAM adalah cara praktis untuk menambah kapasitas RAM (Random Access Memory) agar sistem operasi bisa bekerja lebih optimal, terutama pada sistem yang banyak menjalankan bermacam aplikasi.

Teknologi virtual RAM lazimnya memanfaatkan sumber yang diambil dari ruang kosong pada perangkat media penyimpanan seperti harddisk, flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Hmm, kalau pada smartphone biasanya dengan memanfaatkan ruang kosong pada media penyimpanan lokal atau ROM (Read Only Memory).

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli smartphone Infinix HOT 11S NFC di sini:

infinix hot 11s nfc
bukalapak

shopee

tokopedia

blibli


Oke deh, berikut cara menambahkan virtual RAM (VRAM) pada smartphone Infinix HOT 11S NFC.
  1. Buka menu 'Pengaturan' (lihat tanda panah).

    langkah 1
    langkah 1

  2. Kemudian pilih 'Penyimpanan' (lihat tanda panah).

    langkah 2
    langkah 2

  3. Lalu pilih 'FusiMem' (lihat tanda panah).

    langkah 3
    langkah 3

  4. Kemudian pilih 'Tetapkan RAM virtual' (lihat panah A). Oh iya, jika ingin menonaktifkan fitur VRAM, geser button ke arah kiri pada opsi FusiMem (lihat panah B).

    langkah 4
    langkah 4

  5. Lalu pilih nilai VRAM yang diinginkan (tersedia pilihan 1, 2 atau 3 GB). Pada contoh kasus kali ini dipilih nilai 2 GB (lihat panah A). Kemudian tap 'MODIFIKASI DAN...' (lihat panah B).
    Sebagai saran, jika mengacu pada kebiasaan penerapan VRAM di komputer atau laptop, nilai memory tambahan sebaiknya 50% dari RAM fisik. Misalnya RAM fisik 4 GB, maka nilai VRAM sebaiknya 2 GB. Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah kapasitas sisa ruang kosong pada media penyimpanan yang akan dimanfaatkan.

    langkah 5
    langkah 5

  6. Setelah itu smartphone secara otomatis akan memulai ulang (restart). Tunggu sampai proses selesai.

Nah, berikut penampakan setelah RAM ditambah secara virtual senilai 2.00 GB.

RAM = 4.00 + 2.00 GB
RAM = 4.00 + 2.00 GB
RAM = 4.00 + 2.00 GB
RAM = 4.00 + 2.00 GB

Oke deh, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...