2 Oktober 2019

Mengganti Seal (Karet) Dan Per Pada Klep Saluran Pembuangan Mesin Cuci (Sanken TW-8102)

Mesin Cuci Sanken TW-8102
Mesin Cuci Sanken TW-8102

Acara iseng-iseng kali adalah mencoba memperbaiki masalah pada mesin cuci di rumah. Keluhannya adalah tabung cuci tidak dapat menampung air atau lazim disebut bocor. Hal ini terjadi walaupun knob pada switch drain selector (fungsi drain-normal-gentle) bisa diputar dengan lancar seperti biasanya. Oh iya, sebelum kasus ini terjadi (baca: bocor) air buangan terlihat agak pelan atau tidak mengalir dengan lancar ketika knob selector diputar ke posisi drain.

Belajar dari pengalaman saat memperbaiki kitchen sink (tempat cuci piring) yang mampet beberapa waktu yang lalu, hipotesis kali ini adalah terdapat masalah di sekitar saluran pembuangan pada mesin cuci tersebut. Oh iya, objek pada kasus kali ini adalah mesin cuci jadul 2 tabung berkapasitas 7 kg merk Sanken seri TW-8102 Yarrow Series yang sudah berumur lebih dari 10 tahun, hohohoho.

Sanken TW-8102
Sanken TW-8102

Oke deh, ayo kita mulai acara jadi tukang servis mesin cucinya, hohohoho.
  1. Siapkan obeng (+) dan kain lap.

    obeng (+)
    obeng (+)

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli obeng (+) Tekiro di sini:

    obeng (+)
    bukalapak

    shopee

    tokopedia

    jd.id

    blibli


  2. Lepas kabel kontak listrik mesin cuci jika masih terhubung. Kemudian lihat pada bagian belakang bawah mesin cuci, lepas 2 buah sekrup pengunci (lihat tanda panah) dengan menggunakan obeng (+), lalu lepas bagian tersebut.

    lepas sekrup pengunci
    lepas sekrup pengunci

  3. Kemudian lepas penutup klep (lihat tanda panah gambar atas). Caranya dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam. Oh iya, jika bagian ini belum pernah dibuka sebelumnya, biasanya agak susah atau keras diputar karena masih ada lemnya.
    Apabila sudah bisa diputar dengan mudah, putar secara perlahan agar per yang berada di dalam klep tersebut tidak terlontar atau mental. Setelah penutup klep dilepas, lalu lepas juga pin pengait tali atau kabel pada tiang klep yang terhubung dengan switch drain selector.

    klep saluran pembuangan
    klep saluran pembuangan
    klep telah dilepas
    klep telah dilepas

  4. Pada mesin cuci Sanken TW-8102, klep terdiri dari 4 komponen, yaitu karet (seal), tiang (stick), per dan penutup. Pada contoh kasus kali ini dari 4 komponen tersebut ternyata ada 2 komponen yang harus diganti karena mengalami kerusakan, yaitu karet (seal) dan per. Sementara 2 komponen lainnya, yaitu tiang (stick) dan bagian penutup masih bisa digunakan.

    komponen pada klep
    komponen pada klep
    karet (seal) pecah dan per patah
    karet (seal) pecah dan per patah
    komponen yang harus diganti dan masih bisa dipakai
    komponen yang harus diganti dan masih bisa dipakai

  5. Setelah sudah tahu komponen apa saja yang harus diganti, selanjutnya tugas kita adalah membeli suku cadang untuk menggantikan komponen yang rusak tersebut. Pada kasus kali komponen dibeli di toko suku cadang mesin cuci karena kebetulannya tokonya tidak terlalu jauh dari rumahku. Agar tidak salah beli sebaiknya komponen yang rusak tersebut ikut dibawa ketika membeli. Atau jika anda berminat membelinya secara online di marketplace, pastikan nomor seri dan ukurannya sama.

    karet seal (A) dan per (B) yang baru
    karet seal (A) dan per (B) yang baru

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli seal dan per klep saluran pembuangan mesin cuci Sanken di sini:

    seal per klep mesin cuci
    bukalapak

    shopee

    tokopedia

    jd.id

    blibli


  6. Setelah mendapatkan suku cadang komponen yang baru, susun atau rangkai komponen-komponen tersebut sebelum klep kembali dipasang pada tempatnya.
    Pertama, masukkan tiang (stick) ke dalam karet (seal), lakukan secara perlahan agar karet tidak robek.
    Kedua, masukkan per setelah tiang (stick) dimasukkan ke dalam karet (seal).
    Selanjutnya klep siap dipasang kembali pada tempatnya.

    susunan komponen klep
    susunan komponen klep
    masukkan tiang (stick) ke dalam karet (seal)
    masukkan tiang (stick) ke dalam karet (seal)
    masukkan per
    masukkan per
    susunan komponen
    susunan komponen

  7. Sebelum dipasang sebaiknya bersihkan dulu saluran pembuangan di sekitar dudukan klep. Setelah itu pasang kembali klep pada tempatnya. Oh iya, kaitkan kembali klip tali atau kabel yang terhubung dengan switch drain selector pada tiang (stick) klep. Kemudian pasang dan kencangkan penutup klep dengan memutarnya searah jarum jam.
    Setelah dipasang, periksa fungsi dan kinerja klep dengan memasukkan 3-4 gayung air ke dalam tabung cuci, kemudian lihat dan periksa apakah masih ada kebocoran pada saluran pembuangan. Selanjutnya periksa juga fungsi dan kinerja switch drain selector, apakah air dapat mengalir dengan lancar dan tidak tersendat (mengalir pelan atau macet) ketika knob pada switch drain seletor diputar ke posisi drain. Jika tidak ada masalah, lanjut ke langkah berikutnya.

    pasang kembali klep
    pasang kembali klep
    klep telah dipasang kembali
    klep telah dipasang kembali

  8. Pasang kembali bagian penutup belakang mesin cuci, lalu pasang dan kencangkan 2 buah sekrup penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali sekrup pengunci
    pasang kembali sekrup pengunci

  9. Tempatkan kembali mesin cuci di posisi semula. Selesai deh pekerjaan kita kali ini, hehehehe. ^,^

    pekerjaan selesai
    pekerjaan selesai

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...