4 Mei 2019

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi ala Rika
Rendang Daging Sapi ala Rika

A : "Uni sudah masak rendang buat sahur besok?"
B : "Belum, ncik. Nanti sore rencananya, hehehehe."

Itulah penggalan percakapan antara aku dengan encik pemilik toko suku cadang kendaraan di mana aku biasa membeli suku cadang untuk kendaraan di rumah. Hmm, sebetulnya aku juga agak heran mengapa si encik tersebut memanggilku dengan sebutan 'Uni' walaupun aku tidak pernah menyebut diriku adalah orang Minang ataupun berkomunikasi menggunakan bahasa dan logat daerah tersebut, hohohoho.

Yup, pada tulisan kali ini aku akan membagikan panduan resep rendang daging sapi yang menjadi salah satu menu favorit keluargaku di rumah dan lazimnya menjadi menu wajib saat malam sahur pertama puasa Ramadhan dan juga pada saat lebaran 2 hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha).

Sebagai informasi, memasak rendang daging sapi ada beberapa triknya agak dapat dihasilkan rendang yang sempurna. Yang pertama sudah jelas adalah daging sapi tersebut. Pada dasarnya semua bagian daging sapi bisa dimasak menjadi rendang, tetapi kita harus paham tingkat kekenyalan daging yang akan dimasak. Kunci untuk mendapatkan daging yang empuk sempurna ketika sudah menjadi rendang adalah kapan daging tersebut kita masak bersama bahan-bahan lainnya. Apakah daging dimasak dari awal bersama dengan bumbu? Apakah daging dimasak setelah bumbu ditumis? Apakah daging dimasak sebelum santan ikut dimasak? Atau apakah daging baru dimasak setelah santan ikut dimasak?

Apabila anda kebetulan mendapat daging yang termasuk keras atau juga daging yang digunakan adalah daging kerbau misalnya. Jenis daging ini bisa dimasak sedari awal memasak, tujuannya agar daging terasa empuk atau tidak keras lagi ketika sudah menjadi rendang. Atau sebaliknya, daging yang akan anda masak adalah daging sapi yang masih muda atau daging untuk semur yang secara tidak terlalu keras, maka daging tersebut bisa dimasukkan bersama dengan santan atau setelah santan, tujuannya agar daging tidak hancur ketika sudah menjadi rendang.

Hmm, untuk porsi biasanya dari 1 kilogram daging dibuat menjadi 20-25 potongan daging. Oh iya, cara memotong dagingnya pun ada tekniknya, yaitu dipotong mengikuti arah serat pada daging agar bumbu dapat meresap lebih baik ketika dimasak dan lebih mudah dipotong atau lebih terasa empuk ketika sudah menjadi rendang.

Kemudian yang kedua adalah penggunaan santan. Santan terbaik untuk memasak rendang adalah santan kental yang didapat dari buah kelapa yang cukup tua. Hal ini akan berpengaruh pada rasa gurih pada rendang dan lebih berminyak. Pemilihan santan yang tepat akan menghasilkan cukup minyak ketika rendang sudah matang. Sementara takarannya adalah 2 liter santan yang didapat dari 2 buah kelapa untuk 1 kilogram daging.

Bumbu-bumbu utama adalah cabe merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, kemiri, daun kunyit dan garam. Sementara untuk bumbu-bumbu lainnya bersifat opsional sesuai selera, maka dari itu jangan heran apabila anda mendapati perbedaan bumbu-bumbu pada beberapa resep. Oke deh, ayo kita mulai acara main masak-masakannya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  500 gr daging sapi
-  1 ltr santan dari 1 butir kelapa (tua)
-  3 sdm minyak goreng
-  1 sdt garam
  
daging sapi
daging sapi
santan
santan

Bumbu halus:
-  150 gr cabe merah
-  100 gr bawang merah
-  50 gr bawang putih
-  2 btr kemiri (sangrai)
-  1 ruas sedang jahe
-  1 btg serai
-  1 sdt lada
-  2 sdt ketumbar
-  1/4 btr pala
-  2 btr kapulaga
-  1 sdt jinten

cabe merah
cabe merah
aneka bumbu
aneka bumbu
bumbu halus
bumbu halus

Bumbu lainnya:
-  1 ruas besar lengkuas
-  1 lbr daun kunyit
-  1 lbr daun jeruk
-  Serundeng bubuk dari 1/4 butir kelapa

daun kunyit, daun jeruk, lengkuas
daun kunyit, daun jeruk, lengkuas
serundeng bubuk
serundeng bubuk

Cara pembuatan:
  1. Potong daging sapi menjadi 10-12 bagian.

    potong daging untuk ukuran per porsi
    potong daging untuk ukuran per porsi

  2. Haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari cabe merah, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, kemiri, lada, ketumbar, pala, kapulaga dan jinten.

    bumbu halus
    bumbu halus

  3. Pada langkah ini kita akan membuat serundeng bubuk. Sangrai kelapa parut di dalam sebuah wajan. Aduk terus selama proses menyangrai agar matang merata dan tidak hangus sebagian. Setelah proses menyangrai selesai, haluskan serundeng dengan menggunakan blender.
    Hmm, cara lain mengolah serundeng adalah dengan menumbuknya hingga menjadi pasta.
    Penggunaan serundeng adalah untuk membuat warna rendang menjadi lebih gelap, sementara untuk rasa akan membuat rendang menjadi sedikit lebih manis dan gurih.

    proses membuat serundeng (1)
    proses membuat serundeng (1)
    proses membuat serundeng (2)
    proses membuat serundeng (2)
    serundeng bubuk
    serundeng bubuk

  4. Panaskan minyak untuk menumis bumbu. Cukup gunakan api kecil-sedang.

    panaskan minyak untuk menumis bumbu
    panaskan minyak untuk menumis bumbu

  5. Kemudian tumis bumbu halus sampai mengeluarkan aroma.

    tumis bumbu halus
    tumis bumbu halus

  6. Kemudian masukkan lengkuas (geprek), daun kunyit dan daun jeruk. Lalu aduk rata.

    masukkan lengkuas, daun kunyit dan daun jeruk
    masukkan lengkuas, daun kunyit dan daun jeruk

  7. Kemudian masukkan daging sapi, lalu aduk rata.

    masukkan daging
    masukkan daging

  8. Kemudian masukkan santan, lalu aduk rata.
    Jika anda menggunakan wajan anti lengket, anda bisa menutup bagian atas wajan dan membiarkannya sejenak sambil sesekali diaduk rata. Namun jika anda menggunakan wajan biasa mesti sering diaduk agar tidak timbul kerak di bagian dasar wajan.

    masukkan santan
    masukkan santan
    tutup bagian atas wajan
    tutup bagian atas wajan

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli wok pan (wajan anti lengket) Prima Cook di sini:

    wok pan Prima Cook
    shopee

    tokopedia

    blibli


  9. Setelah santan menyatu dengan bumbu dan mulai mengeluarkan minyak, masukkan garam, lalu aduk rata dan koreksi rasa. Nah, sampai di tahap ini apabila daging sudah matang, maka masakan yang sedang kita masak ini sudah bisa dinamakan dengan sebutan gulai.

    tambahkan garam
    tambahkan garam

  10. Kemudian masukkan serundeng bubuk, lalu aduk rata. Oh iya, siapkan sutil yang agak panjang untuk mengaduk karena akan timbul letupan-letupan dari masakan.

    masukkan serundeng bubuk
    masukkan serundeng bubuk
    siapkan sutil panjang untuk mengaduk
    siapkan sutil panjang untuk mengaduk

  11. Nah, apabila bumbu sudah mengental dan berubah warna menjadi lebih gelap, tetapi teksturnya masih cukup basah, maka masakan yang kita masak ini sudah berubah nama menjadi kalio. Kalio ini di mana gulai sudah terlewat, tetapi rendang belum sampai. Pada langkah ini proses memasak bisa dikatakan telah mencapai sekitar 75%.

    kalio
    kalio

  12. Yup, akhirnya rendang kita sudah jadi deh. Matikan api kompor dan diamkan sejenak agar panasnya berkurang. Ciri rendang asli adalah bertekstur kering di mana bumbu sudah menyatu dan kering, serta santan sudah berubah sempurna menjadi minyak. Sebagai informasi, untuk mendapatkan kondisi santan yang berubah sempurna menjadi minyak didapat dari buah kelapa yang cukup tua.

    rendang sudah jadi
    rendang sudah jadi

  13. Sajikan di dalam sebuah piring atau wadah.

    sajikan
    sajikan

  14. Tarraaa, Rendang Daging Sapi ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Rendang Daging Sapi ala Rika
    Rendang Daging Sapi ala Rika

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar