1 Februari 2019

Cara Pesan Tiket Di 12Go Asia

12Go Asia
12Go Asia

Kegiatan travelling atau jalan-jalan untuk mengisi waktu liburan adalah suatu hal yang menyenangkan, terlebih jika kegiatan travelling tersebut tujuannya adalah tempat yang belum pernah dikunjungi atau yang memiliki suasana, budaya dan bahasa yang berbeda dengan kita. Pengalaman dari perjalanan tersebut pasti akan selalu terkenang seumur hidup dan bisa menjadi bahan cerita kepada sahabat, keluarga, tetangga dan rekan kerja, hehehehe.

Hmm, untuk traveller kelas entry level (pemula) yang berasal dari Indonesia biasanya daerah tujuannya adalah tempat wisata lokal (dalam negeri) atau agak jauh sedikit ke sekitar negara jiran seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan secara singkat tentang cara melakukan pemesanan tiket sarana transportasi pada halaman situs 12Go Asia. Oh iya, 12Go Asia ini adalah salah satu penyedia jasa pembelian tiket sarana transportasi seperti bus, taksi, travel, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. Berdasarkan pengalaman, 12Go Asia bisa diandalkan ketika kita sedang berada di Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura dan Myanmar. Sementara untuk di Indonesia sendiri belum terlalu dikenal dan masih jarang digunakan.

Oke deh, berikut cara memesan tiket di 12Go Asia.
  • Perhatikan di sekitar bilah sisi kanan pada halaman blog ini (lihat tanda panah), di situ sudah aku siapkan kotak pencarian (search box) yang secara langsung terhubung dengan halaman situs 12Go Asia.

    langkah 1
    langkah 1

  • Kotak pencarian tersebut terdiri dari tempat asal (A), tujuan (B) dan tanggal keberangkatan (C). Secara default pada halaman blog ini tempat asal di-setting Kuala Lumpur (Malaysia) dan tujuan di-setting Ipoh (Malaysia).
    Nah, misalkan kita sedang liburan di Thailand dan akan melakukan perjalanan dari Bangkok menuju ke Phuket pada tanggal 12 Februari 2019. Sesuaikan data-datanya, lalu klik Find Tickets (lihat tanda panah).

    langkah 2a
    langkah 2a
    langkah 2b
    langkah 2b

  • Kemudian akan muncul daftar transportasi rute Bangkok ke Phuket yang tersedia untuk tanggal keberangkatan tersebut. Daftar yang muncul ini masih global atau semua sarana transportasi, baik itu bus, taksi, pesawat dan sebagainya. Nah, misalkan kita akan menggunakan bus, maka klik pada pilihan Buses (lihat tanda panah).

    langkah 3
    langkah 3

  • Kemudian akan muncul daftar bus untuk rute Bangkok ke Phuket. Pilih salah satu yang sesuai dengan rencana perjalanan anda. Variabel yang perlu diperhatikan adalah waktu keberangkatan, terminal keberangkatan, operator bus, tipe atau kelas bus dan harga tentunya.
    Jika sudah dapat pilihannya, klik Book now (lihat tanda panah).

    langkah 4
    langkah 4

  • Kemudian tentukan jumlah calon penumpang (A), setelah itu klik Choose Seats (lihat tanda panah) jika ingin memilih nomor tempat duduk. Pemilihan nomor tempat duduk bisa diabaikan, konsekuensinya kita akan mendapat nomor tempat duduk secara acak.

    langkah 5
    langkah 5

  • Kemudian scroll ke bawah, lalu isi Nomor Handphone (A), Email (B) dan Nama Lengkap (C).

    langkah 6
    langkah 6

  • Lalu scroll ke bawah lagi, terdapat pilihan paket asuransi perjalanan. Jika tidak butuh abaikan saja atau pilih No insurance (lihat tanda panah).

    langkah 7
    langkah 7

  • Kemudian scroll ke bawah lagi, terdapat konfirmasi ketentuan dan kebijakan. Di antaranya, kondisi dan kebijakan privasi (A), kebijakan pembatalan pesanan (B), kondisi jadwal kedatangan dan tujuan bus (C). Sementara (D) adalah layanan tambahan berupa dukungan prioritas.
    A, B dan C harus diberi tanda contreng (check), sementara D opsional atau tidak wajib.

    langkah 8
    langkah 8

  • Kemudian scroll ke bawah lagi, di situ akan tertera rincian total nominal yang harus dibayar.
    Di bawahnya terdapat pilihan metode pembayaran, yaitu pilihan pertama (A) dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit (berlogo VISA, MasterCard atau JCB), sementara pilihan lainnya (B) dengan menggunakan PayPal. Pilih salah satu dari metode pembayaran tersebut, lalu isi kolom-kolom yang diminta.
    Kemudian klik Pay (lihat tanda panah) untuk melakukan eksekusi pembayaran.

    langkah 9
    langkah 9

  • Beberapa saat kemudian anda akan menerima email yang berisi konfirmasi pembayaran pesanan, lalu ikuti petunjuk atau instruksi yang diberikan. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar