29 Agustus 2018

Meditran SX Untuk Oli Mesin Toyota Kijang Super

Toyota Kijang Super dan Pertamina Meditran SX
Toyota Kijang Super dan Pertamina Meditran SX

Belakangan ini si Kirun (Toyota Kijang Super, 5K-KF40) lebih sering digunakan oleh adikku, si Bungsu. Hmm, tidak terlalu sering juga sih sebenarnya karena ia lebih suka mengendarai sepeda motor kesayangannya untuk melintasi jalanan di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya yang semakin hari semakin bertambah padat, huhuhuhu.

Nah, karena sekarang si Kirun lebih sering berbagi waktu bersama si Bungsu, maka perawatan si Kirun secara otomatis dan tidak tertulis menjadi tanggung jawab si Bungsu. Termasuk salah satunya seperti pasal yang akan aku bahas pada tulisan kali ini, yaitu pasal ganti oli mesin, hehehehe.

Pada hari Minggu yang lalu bertepatan dengan jadwal ganti oli mesin si Kirun. Di sini letak menariknya, sebelumnya oli mesin yang digunakan atau selama si Kirun dalam perawatanku adalah menggunakan oli mesin Pertamina Fastron Techno, baik itu yang berwarna hijau maupun ungu. Hmm, sebelumnya juga pernah digunakan oli mesin Pertamina Prima XP. Nah, kali ini si Bungsu akan menggantinya dengan Pertamina Meditran SX yang adalah oli untuk mesin diesel (berbahan bakar solar).

Termasuk aliran oli sesat? Hmm, menurutku tidak juga sih karena Meditran SX pada kemasannya tertera tulisan 'API Service CH-4/SJ' yang secara bisa juga digunakan untuk mobil bermesin bensin dengan memperhatikan tulisan 'API Service SJ'. Sebagai informasi, API Service S? (SE, SF, SG, SJ, SL, SM, SN) adalah kualifikasi untuk oli bermesin bensin. Jadi bisa dikategorikan Meditran SX ini adalah oli mesin serbaguna, dengan memperhatikan syarat-syarat tertentu.

Meditran SX, SAE 15W-40, API Service CH-4/SJ
Meditran SX, SAE 15W-40, API Service CH-4/SJ
keterangan pada kemasan
keterangan pada kemasan

Karena jenis dan merek oli mesin berubah, maka filter oli mesin pada pergantian oli mesin kali ini juga harus diganti agar oli mesin yang lama bisa terkuras semua. Oh iya, volume oli mesin yang dibutuhkan jika disertai dengan mengganti filter oli mesin untuk mobil Toyota bermesin 5K adalah sekitar 3,5 liter.

Hmm, bagaimana rasanya setelah ruang mesin dilumasi oleh cairan oli mesin Meditran SX? Menurutku (yang mencoba mengendarai Kirun sekitar 25 kilometer) terasa agak berat sedikit ketika mesin baru dijalankan, akan tetapi setelah mesin panas atau optimal setelah berjalan beberapa lama, rasanya hampir sama dengan oli mesin sebelumnya, hehehehe. Mungkin karena angka belakang SAE-nya sama-sama 40. Oh iya, Meditran SX ini kualifikasi SAE-nya adalah 15W-40.

Pasal berapa lama masa pakai oli mesin Meditran SX ini, menurut si Bungsu akan digunakan untuk jarak tempuh 3.000 kilometer karena oli mesin ini adalah termasuk oli berbahan dasar mineral. Jadi jarak tempuhnya lebih pendek jika dibandingkan dengan Fastron Techno (hijau) yang biasanya aku gunakan untuk jarak tempuh 4.000-5.000 kilometer.

si Kirun, Kijang Super Warna Merah Marun
si Kirun, Kijang Super Warna Merah Marun

Lantas bagaimana perbandingan harganya? Hmm, logikanya harga oli mineral lebih murah daripada harga oli sintetik atau harga oli semi-sintetik. Apabila dibandingkan dengan Fastron Techno 10W-40, harga Meditran SX adalah sekitar setengahnya, hehehehe. ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar