5 Oktober 2016

Jalan Alternatif: Lempasing - Rajabasa (Bundaran Tugu Raden Inten) via Batu Putu dan Kemiling

Jalan Alternatif: Lempasing - Rajabasa

Pada tulisan kali ini aku akan coba menjelaskan jalan alternatif yang bisa dilalui apabila berkendara dari sekitar daerah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing, Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung ataupun Pantai Klara (karena daerah tersebut berada di satu garis pantai) menuju ke arah Rajabasa (Bundaran Tugu Raden Inten) ataupun ke arah Natar dan Branti (Bandara Raden Inten II).

Catatan perjalanan kali ini adalah perjalananku bersama Iroh dengan mengendarai sepeda motor matic Yamaha Mio J. Perjalanan ini adalah perjalanan pulang setelah kami berkendara santai menyusuri jalan pesisir Teluk Lampung, Pesawaran. Hmm, agar lebih singkat pada tulisan ini akan aku ambil start awal di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing. Ketika di TPI Lempasing waktu menunjukkan pukul 15.25 WIB.

TPI Lempasing

Setelah melewati Pantai Duta Wisata, kita akan bertemu pertigaan, di mana jika belok ke kanan akan menuju Teluk Betung dan Tanjung Karang yang merupakan jalan utama yang sering dilalui. Nah, kali ini ambil jalan lurus terus (agak serong ke kiri sedikit sih sebenarnya, hehehehe) menuju Batu Putu.

petunjuk arah ke Batu Putu, lurus terus

Tak berapa lama kemudian akan dijumpai persimpangan empat jalan, silahkan lurus terus. Sebagai informasi, apabila belok ke kanan akan menuju ke Citra Garden.

persimpangan jalan, lurus terus

Sepanjang perjalanan kita akan melewati CitraLand dan The Summit Bistro (yang sempat terlihat di pinggir jalan, hehehehe). Hmm, kemudian jalan akan bercabang lagi tepat di Tugu Durian, Sukadanaham, silahkan ambil jalan ke kiri (arah menuju tempat wisata Lembah Hijau). Sebagai informasi, jika belok ke kanan jalan akan bermuara di Kaliawi, tak jauh dari Pasar Bambu Kuning, Tanjung Karang.

CitraLand
Tugu Durian, Sukadanaham, belok kiri

Oh iya aku lupa, kondisi jalanan yang dilewati sangat bervariasi ada datar, tanjakan, turunan serta tikungan karena jalan yang dilewati adalah bukit, jadi tetaplah waspada dan hati-hati walaupun kondisi aspal jalan bisa dikategorikan baik dan mulus.

kondisi jalan dalam kondisi baik
kondisi jalan dalam keadaan baik
ada sebagian jalan yang baru diaspal
hati-hati, banyak tanjakan, turunan dan tikungan
hati-hati, banyak tanjakan, turunan dan tikungan.

Setelah melewati tempat wisata Lembah Hijau, kita akan sampai di Pasar Kemiling. Jalan akan bermuara di jalur dua Kemiling, karena jalan tersebut satu arah maka ikuti dulu sampai bertemu rambu putar balik (u-turn), lalu putar baliklah. Nah, kemudian jalan akan berujung di lampu merah jalur dua Kemiling, silahkan belok ke kiri. Sebagai informasi, jika belok ke kanan jalan akan bermuara di Pasar Bambu Kuning, Tanjung Karang.

di ujung jalan dua jalur Pasar Kemiling, belok kiri

Setelah belok ke kiri, langsung nyalakan sein kanan karena kita belok ke kanan menuju Jalan Pramuka yang terletak di sebelah Terminal Kemiling. Sebagai informasi, jika lurus terus akan menuju Gedong Tataan, Pringsewu, Kota Agung, Wonosobo, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Krui, Bengkulu dan daerah lainnya di sepanjang Pesisir Barat Sumatera karena ini adalah Jalan Lintas Barat Sumatera.

belok kanan menuju Jalan Pramuka
pemandangan di Jalan Pramuka
pamandangan di Jalan Pramuka

Jalan Pramuka akan berakhir di lampu merah Jalan Pramuka - Jalan Z.A. Pagaralam. Silahkan belok ke kiri. Sebagai informasi, jika belok ke kanan akan menuju Terminal Rajabasa, Universitas Lampung dan kembali ke Tanjung Karang.

sampai di ujung Jalan Pramuka, belok kiri

Dan akhirnya tugu perbatasan antara Kotamadya Bandar Lampung dan Lampung Selatan pun sudah terlihat yang artinya sudah dekat dengan Bundaran Tugu Raden Inten.

sebentar lagi sampai
perbatasan Kota Bandar Lampung, tak jauh dari Bundaran Tugu Raden Inten
perbatasan kota Bandar Lampung, tak jauh dari Bundaran Tugu Raden Inten

Tujuan kami adalah Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) yang lokasinya tak jauh dari Bundaran Tugu Raden Inten tersebut untuk menemui saudara perempuannya Iroh. Oh iya, kami tiba di Bapelkes pada pukul 16.15 WIB yang artinya perjalanan ini kami tempuh dengan menghabiskan waktu selama 50 menit, sudah termasuk dengan berhenti sejenak di beberapa tempat untuk mengambil foto, hehehehe. ^,^