26 Februari 2014

Mengganti Karet Bushing Bagian Depan Per Daun Toyota Kijang Super (KF40)

Mengganti Karet (Bushing) Bagian Depan Per Daun Toyota Kijang Super (KF40)
Mengganti Karet Bushing Bagian Depan Per Daun Toyota Kijang Super (KF40)


Yup, setelah sebelumnya kita melakukan penggantian sokbreaker (shock absorber) bagian belakang pada si Kirun (Toyota Kijang Super, 5K-KF40), pada kesempatan kali ini kita akan melakukan proses penggantian karet bushing pada per daun atau dalam bahasa bengkel di sini lazim disebut dengan bosper. Khusus pada tulisan kali ini akan difokuskan untuk proses penggantian karet bushing per daun bagian depan. Hmm, sementara untuk karet bushing per daun bagian belakang akan dibahas pada tulisan berikutnya, karena akan sangat panjang apabila dijadikan menjadi satu tulisan, hohohoho.

Sesuai pengalaman di lapangan, karet bushing sering dianggap hal yang sepele dan diabaikan oleh sebagian pemilik kendaraan, padahal komponen tersebut sangat berpengaruh dalam kenyamanan berkendara. Hmm, ada juga yang mengabaikannya karena proses penggantiannya yang dianggap agak rumit dan memakan waktu agak lama.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli karet bushing per daun (karet bosper) di sini:

karet bushing per daun kijang
shopee

tokopedia

blibli


Oke deh, ayo kita mulai acara main montir-montirannya, hehehehe.

  1. Siapkan peralatan berupa kunci sok/ring 12' dan 19', palu, dongkrak botol, pipa atau besi yang agak panjang dan kain lap. Serta untuk lebih memudahkan pekerjaan siapkan juga cairan penetran dan gemuk (grease).

    aneka peralatan
    aneka peralatan

  2. Siapkan karet bushing per daun yang baru. Karet bushing bagian depan pada masing-masing sisi berjumlah 2 buah, sementara untuk bagian belakang pada masing-masing sisi berjumlah 4 buah. Jadi jika anda ingin mengganti semua karet bushing pada per daun di masing-masing sisi, maka diperlukan 12 buah karet bushing.

    karet bushing per daun
    karet bushing per daun

  3. Hmm, pada kasus kali ini kita mulai mengerjakan pada per daun sebelah kanan terlebih dahulu. Masuk ke kolong mobil dari sisi sebelah kanan. Lalu lepas mur pengunci yang terletak pada sisi bagian dalam (lihat tanda panah) dengan menggunakan kunci ring 19'. Jika susah melepasnya, semprotkan dulu cairan penetran, lalu hentak dengan bantuan palu, lalu lepaskan mur tersebut.

    lepas mur pengunci
    lepas mur pengunci

  4. Kemudian lepas baut pengunci pada sisi bagian luar (lihat tanda panah). Gunakan kunci sok 12'.

    lepas baut pengunci
    lepas baut pengunci

  5. Kemudian tempatkan dongkrak botol di atas per daun bagian depan (lihat panah A). Perhatikan titik tumpu angkatan dongkrak (lihat panah B), pastikan daerah tersebut merupakan daerah aman.

    tempatkan dongkrak di atas per daun
    tempatkan dongkrak di atas per daun

  6. Kemudian keluarkan baut per daun (spring pin) dari dudukannya. Caranya dengan memukulnya secara perlahan dengan palu dari bagian dalam ke bagian luar. Gunakan dongkrak untuk memudahkannya keluar.

    pukul perlahan baut untuk mengeluarkannya
    pukul perlahan baut untuk mengeluarkannya
    gunakan bantuan dongkrak
    gunakan bantuan dongkrak

  7. Kemudian naikkan dongkrak untuk menurunkan bagian depan per daun (lihat panah A), lalu tempatkan pipa atau besi pada celah di antara per daun dan plat dudukan per daun (lihat panah B). Nah, setelah ada celah yang cukup untuk mengeluarkan karet bushing, keluarkanlah karet tersebut (lihat panah C). Hmm, jika susah dikeluarkan karena keras atau lengket, gunakan besi pipih atau obeng (-) untuk mencongkelnya keluar. Oh iya, karet bushing jumlahnya ada 2 buah, keluarkan dari masing-masing sisi (luar dan dalam).

    proses mengeluarkan karet bushing
    proses mengeluarkan karet bushing

  8. Nah, ini penampakan karet bushing yang lama, kondisinya sudah rusak dan sudah memang harus diganti, hehehehe. Oh iya, sementara itu cek kondisi dan bersihkan mur dan baut per daun.

    karet bushing yang lama, kondisi rusak
    karet bushing yang lama, kondisi rusak

    cek kondisi dan bersihkan baut dan mur
    cek kondisi dan bersihkan baut dan mur

  9. Kemudian bersihkan dudukan karet bushing dari debu dan kotoran, lalu lumasi atau olesi gemuk (grease).

    bersihkan dan lumasi dudukan karet bushing
    bersihkan dan lumasi dudukan karet bushing

  10. Kemudian pasang karet bushing baru pada sisi bagian dalam (lihat tanda panah). Oh iya, lumasi atau olesi gemuk (grease) pada karet bushing sebelum dipasang.

    pasang karet bushing sisi bagian dalam
    pasang karet bushing sisi bagian dalam

  11. Kemudian turunkan dongkrak secara perlahan dan posisikan agar lubang dudukan karet bushing pada per daun sisi bagian luar sejajar dengan lubang pada plat dudukan per daun (lihat tanda panah gambar atas). Setelah posisinya pas, pasang karet bushing sisi bagian luar (lihat tanda panah gambar bawah). Oh iya, jangan lupa lumasi atau olesi gemuk (grease) sebelum dipasang.

    turunkan dongkrak sampai posisi yang pas
    turunkan dongkrak sampai posisi yang pas
    pasang karet bushing sisi bagian luar
    pasang karet bushing sisi bagian luar

  12. Kemudian pasang kembali baut per daun (spring pin) pada tempatnya (lihat tanda panah). Oh iya, lumasi atau olesi gemuk (grease) sebelum dipasang.

    pasang kembali baut per daun (spring pin)
    pasang kembali baut per daun (spring pin)

  13. Kemudian pasang kembali mur pengunci (lihat panah A) dan baut pengunci (lihat panah B). Pasang keduanya secara bersamaan agar posisinya lurus dan pas. Setelah dirasa posisinya lurus dan pas, lalu kencangkan mur dan baut tersebut.

    pasang kembali mur pengunci (A) dan baut pengunci (B)
    pasang kembali mur pengunci (A) dan baut pengunci (B)

    kencangkan mur pengunci
    kencangkan mur pengunci
    kencangkan baut pengunci
    kencangkan baut pengunci

  14. Nah, selesai deh proses penggantian karet bushing bagian depan per daun sisi sebelah kanan.

    bagian sisi kanan selesai
    bagian sisi kanan selesai

  15. Dengan cara yang sama lanjutkan ke proses penggantian karet bushing bagian depan per daun sisi sebelah kiri. Oh iya, untuk proses pada sisi sebelah kiri akan sedikit terhalang oleh pijakan kaki, jadi ruang kerja agak terbatas, hehehehe. ^,^ 

    lanjutkan pengerjaan untuk sisi sebelah kiri
    lanjutkan pengerjaan untuk sisi sebelah kiri

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

2 komentar:

  1. Mau ganti pin nya, kok ga ada yang sama ya om dari beberapa toko yang saya beli. Ga pas baut penguncinya dan bulatan yang masuk ke per ga bisa. Mohon pencerahan om

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kijang KF40 kode part spring pin = 04484-27050

      Hapus