17 Februari 2014

Mengganti Busi Suzuki Tornado GS

Mengganti Busi Suzuki Tornado GS 110
Mengganti Busi Suzuki Tornado GS 110

Acara main montir-montiran kali ini adalah mengganti busi pada salah satu sepeda motor penghuni garasi di rumah, yaitu Suzuki Tornado GS 110 produksi tahun 1999. Perawatan busi pada sepeda motor ini sangatlah mudah, yaitu hanya perlu dibersihkan serta diperiksa kondisi dan kerenggangannya setiap 3.000 kilometer. Kemudian disarankan untuk diganti setelah sepeda motor menempuh jarak 6.000 kilometer atau sekitar 6 bulan sekali.

Oke deh, ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  1. Siapkan peralatan berupa kunci busi dan alat ukur celah busi (feeler gauge). Siapkan juga busi baru. Spesikasi busi standar untuk sepeda motor ini adalah NGK BP8HS atau Denso W24 FPU. Akan tetapi apabila penggunaan busi standar tersebut mudah basah, gunakan busi NGK BP7HS atau Denso W22 FPU.

    peralatan dan busi baru
    peralatan dan busi baru

  2. Tegakkan sepeda motor dengan standar tengah, lalu lepas cop busi (lihat tanda panah). Caranya cukup dilepas atau ditarik dengan menggunakan tangan.

    lepas cop busi
    lepas cop busi

  3. Lalu lepas busi dari tempatnya (lihat tana panah), gunakan kunci busi untuk mengendurkannya.

    lepas busi
    lepas busi
    busi sudah dilepas
    busi sudah dilepas

  4. Atur celah busi baru di antara 0,6-0,8 mm. Pada kasus kali ini aku atur senilai 0,7 mm. Kemudian pasang busi baru. Caranya cukup diputar dengan tangan sampai tidak bisa lagi diputar dengan tangan, lalu kencangkan dengan kunci busi sekitar 1/6-1/4 putaran. Jangan terlalu kencang karena di kemudian waktu akan susah membukanya, hehehehe.

    ukur celah busi baru
    ukur celah busi baru
    pasang busi baru
    pasang busi baru

  5. Kemudian pasang kembali cop busi (lihat tanda panah).

    pasang kembali cop busi
    pasang kembali cop busi

  6. Selesai. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...