1 Februari 2014

Mengganti Bohlam Lampu Belakang Suzuki Tornado GS

Suzuki Tornado GS 110
Suzuki Tornado GS 110

Acara iseng-iseng kali ini adalah mengganti bohlam lampu belakang atau juga lampu rem pada sepeda motor Suzuki Tornado GS 110 (GS 110 CSDS) produksi tahun 1999. Bohlam lampu belakang dan lampu rem biasanya adalah bohlam 2 kaki karena fungsinya juga ada 2, yaitu sebagai lampu malam (belakang) dan lampu rem.

Kasus di lapangan lazim ditemukan salah satu fungsi dari lampu tersebut tidak berfungsi, seringnya lampu malam yang putus, sementara lampu rem masih berfungsi. Karena bohlamnya sama atau satu, ya mau tidak mau harus diganti agar berkendara lebih aman dan nyaman, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya.
  1. Siapkan obeng (+) dan bohlam baru. Ukuran bohlam adalah 12 volt 18/5 watt.

    bohlam 12 volt 18/5 watt
    bohlam 12 volt 18/5 watt

  2. Lepas 2 buah sekrup pengunci mika lampu belakang (lihat tanda panah) dengan menggunakan obeng (+). Lalu lepas juga mika lampu bagian yang berwarna merah (lampu rem).

    lepas mika lampu belakang
    lepas mika lampu belakang

  3. Kemudian lepas bohlam lama. Caranya cukup ditekan sedikit ke dalam, lalu putar berlawanan arah jarum jam (lihat tanda panah).

    lepas bohlam lama
    lepas bohlam lama

  4. Kemudian bersihkan sekitar socket lampu dari kotoran (lihat tanda panah).

    bersihkan sekitar socket lampu
    bersihkan sekitar socket lampu

  5. Setelah itu, pasang bohlam baru. Caranya kebalikan dari cara melepasnya, yaitu ditekan sedikit ke dalam, lalu putar searah jarum jam (lihat tanda panah).

    pasang bohlam baru
    pasang bohlam baru

  6. Kemudian coba nyalakan dan tes fungsi lampu. Apabila sudah OK, pasang kembali mika lampu, lalu pasang kembali dan kencangkan sekrup penguncinya (lihat tanda panah).

    pasang kembali mika lampu
    pasang kembali mika lampu

  7. Selesai. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...