August 5, 2017

Mengganti Voltage Regulator (Cut Out/Remi) Toyota Kijang Super

Voltage Regulator (Cut Out/Remi)
Voltage Regulator (Cut Out/Remi)

Yup, tulisan kali ini adalah sambungan dari tulisan sebelumnya tentang permasalahan pada voltage regulator atau cut out atau remi pada si Kirun (Toyota Kijang Super, 5K-KF40). Seperti yang telah diketahui apabila anda telah membaca tulisanku sebelumnya, voltage regulator pada si Kirun mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru, huhuhuhu.

Memelihara mobil tua atau mobil yang sudah berumur memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam perawatannya, terlebih jika ada komponen yang rusak. Karena mobil sudah tidak diproduksi lagi oleh produsennya, suku cadang pun ada yang sudah tidak diproduksi lagi. Nah, tapi untuk mobil sejuta umat (pada masa jayanya) seperti Kijang, anda tidak perlu khawatir karena apabila suku cadang asli berlabel Toyota sudah tidak ada barang barunya (original atau genuine), masih ada suku cadang dengan merk pihak ketiga (aftermarket) yang bisa didapat dengan mudah di pasaran, hehehehe.

Hal ini baru saja aku alami beberapa waktu yang lalu ketika ingin membeli voltage regulator si Kirun. Voltage regulator yang bawaan asli bermerk Nippon Denso (ND), dan ketika aku menanyakan di beberapa toko suku cadang mobil di Kota Bandar Lampung yang tersedia hanya merk New Era. Hmm, ya sudah deh, akhirnya aku pun membelinya. Oh iya, voltage regulator bermerk New Era ini aku tebus dengan harga Rp.175.000,-.

Yup, karena voltage regulator yang baru sudah tersedia, oke deh, ayo kita mulai acara main bengkel-bengkelannya, hehehehe.
  1. Siapkan voltage regulator yang baru.

    voltage regulator yang baru
    voltage regulator yang baru

  2. Siapkan peralatan berupa kunci sok atau kunci ring atau kunci pas ukuran 10', obeng dan multitester. Siapkan juga kain lap, tisu atau sikat gigi.

    aneka peralatan
    aneka peralatan

  3. Buka kap mesin mobil, kemudian lepaskan konektor yang tersambung ke voltage regulator (lihat panah A), cukup lepaskan dengan tangan. Lalu lepaskan baut pengunci dengan menggunakan kunci sok atau kunci pas atau kunci ring ukuran 10' (lihat panah B dan C).

    lepaskan voltage regulator yang lama
    lepaskan voltage regulator yang lama

  4. Kemudian lepaskan plat yang berada di bagian bawah voltage regulator yang lama, jika agak susah dilepas dengan tangan, gunakan obeng untuk melepasnya. Plat ini berfungsi sebagai penutup dan pelindung komponen pada voltage regulator dari kotoran ataupun dari air. Setelah berhasil dilepas, kemudian pasang plat tersebut di voltage regulator yang baru.

    lepaskan plat bagian bawah pada cut out yang lama
    lepaskan plat bagian bawah pada cut out yang lama
    plat telah dilepas
    plat telah dilepas
    pasang plat pada cut out yang baru
    pasang plat pada cut out yang baru

  5. Sebelum voltage regulator yang baru dipasang, bersihkan dahulu socket konektornya (lihat tangda panah) dengan menggunakan lap kering, tisu atau sikat gigi.

    bersihkan socket konektor
    bersihkan socket konektornya

  6. Lalu pasang voltage regulator yang baru pada tempatnya, pasang dan kencangkan baut penguncinya (lihat panah A dan B), kemudian sambungkan juga konektornya (lihat panah C).

    pasang voltage regulator yang baru
    pasang voltage regulator yang baru

  7. Oh iya, sebaiknya tegangan aki dinormalkan terlebih dahulu atau pada tegangan 12,4 - 12,8 volt. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam pengecekan tegangan listrik pada langkah selanjutnya.

    tegangan aki normal
    tegangan aki normal

  8. Kemudian hidupkan mesin mobil, lalu perhatikan angka yang ditunjukkan oleh multitester. Pada saat mesin hidup langsam (idle) normalnya tegangan aki adalah sekitar 13,5 volt, dan bila mesin digas atau pada putaran tinggi akan menunjukkan angka sekitar 14,5 - 15,2 volt. Jika lebih dari 15,2 volt dan tegangan terus menaik artinya ada yang tidak beres dengan voltage regulator. Atau juga apabila saat mesin dalam keadaan langsam tanpa beban tambahan (lampu, ac, wiper, hazard, dsb) tegangan berada di bawah 13 volt, lakukanlah penyetelan voltage regulator secara manual (lebih jelasnya baca tulisan: Memeriksa Dan Menyetel Voltage Regulator Toyota Kijang Super).

    tegangan aki saat mesin hidup langsam (idle)
    tegangan aki saat mesin hidup langsam (idle)

  9. Selesai. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment