9 Juli 2017

Belacan (Terasi) Toboali, Bangka

Belacan (Terasi) Toboali, Bangka
Belacan (Terasi) Toboali, Bangka

Jika anda berkunjung ke Pulau Bangka, pulau terbesar di Provinsi Bangka Belitung, maka oleh-oleh yang tidak boleh terlupa adalah 'terasi' atau yang oleh penduduk setempat disebut dengan nama 'belacan'. Terutama bagi anda yang sangat gemar dan hobi makan sambal terasi, hehehehe.

Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki terasi khas daerah masing-masing, ini dikarenakan masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari makanan pedas yang namanya sambal, dan terasi adalah salah satu komposisinya. Di antara sekian banyak daerah penghasil terasi, yang paling terkenal adalah Bangka, Cirebon dan Lombok.

Nah, pada tulisan kali ini aku fokuskan pada terasi Bangka. Penduduk setempat menyebut terasi dengan sebutan 'belacan', penyebutan yang sama dengan di negeri jiran, Malaysia. Hmm, mungkin karena masih sama-sama satu rumpun Melayu, hehehehe. Daerah penghasil terasi yang cukup terkenal di Pulau Bangka adalah Toboali, sebuah daerah yang terletak di Kabupaten Bangka Selatan.

terasi khas Toboali, Bangka
terasi khas Toboali, Bangka

Bahan baku terasi Toboali adalah udang kecil atau oleh penduduk setempat dinamakan udang sungkur, karena untuk menangkap udang tersebut menggunakan alat yang bernama sungkur. Hmm, di daerah lain udang jenis ini lazim disebut udang rebon. Jika dilihat dari keterangan yang tertulis di kemasannya terasi terbuat hanya dari udang dan garam.

terasi dalam kemasan
terasi dalam kemasan
tekstur belacan Bangka (1)
tekstur belacan Bangka (1)
tekstur belacan Bangka (2)
tekstur belacan Bangka (2)

Oh iya, apabila anda berkunjung ke Pulau Bangka dan hanya berkutat di sekitar kota Pangkal Pinang (Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung), anda tidak perlu khawatir karena belacan ini tersedia juga di Kota Pangkal Pinang. Jadi tidak perlu terlebih dahulu berkunjung ke Kota Toboali yang jaraknya sekitar 125 kilometer dari Pangkal Pinang. Hmm, tapi kalau anda ingin mendapatkan belacan yang benar-benar asli made in Toboali boleh lah anda berkunjung ke Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, hehehehe. ^,^

Belacan (Terasi) Toboali, Bangka
Belacan (Terasi) Toboali, Bangka

Tonton video-nya di sini:


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli Terasi Toboali Bangka Asli di sini:

terasi toboali bangka
shopee


tokopedia


blibli


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar