December 4, 2016

Proses Ubah Jadwal (Reschedule) Penerbangan Garuda Indonesia

Tiket Pesawat Terbang
Tiket Pesawat Terbang

Mila : "Ka, tolong coba cek, jadwal pesawat untuk pulang besok bisa dimajukan ndak?"
Rika : "Mau diubah ke jam berapa?"
Mila : "Kalau bisa di bawah jam 10, soalnya besok pagi acaranya sudah selesai."
Rika : "Hmm, tak cek dulu yah, nanti aku kasih kabar."
Mila : "Oce."


Penggalan dialog di atas adalah percakapan via telepon antara Aku dan Mbak Mila, intinya beliau ingin memajukan jadwal keberangkatan (reschedule) pada penerbangan esok hari. Karena kebetulan Mbak Mila membeli tiket pesawat tersebut melalui aku, jadinya ya menjadi tanggung jawabku deh. Hmm, resiko jadi penjual tiket pesawat, huhuhuhu. ^,^

Oh iya, tiket yang dibeli Mbak Mila adalah tiket pesawat maskapai Garuda Indonesia dengan rute penerbangan Jakarta - Bandar Lampung atau dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Raden Inten II, dengan waktu keberangkatan pukul 15.25 WIB. Sebagai informasi tambahan bahwa tiket yang dibeli adalah tiket kelas ekonomi dengan sub-kelas Y (Yankee), menurut informasi sub-kelas Y ini adalah sub-kelas tertinggi di kelas ekonomi, dengan fasilitas penumpang dapat melakukan perubahan jadwal atau perubahan rute penerbangan tanpa dikenakan biaya tambahan.

Hmm, oke deh, berikut prosedurnya.
  • Hal pertama yang harus disiapkan adalah data-data berupa nama penumpang, kode booking, nomor tiketnomor telepon atau handphone dan alamat surat elektronik (email). Data-data tersebut bisa dilihat pada tiket elektronik atau pada lembar tiket yang diperoleh ketika membeli tiket pesawat.

    tiket elektronik (e-ticket)
    tiket elektronik (e-ticket)

  • (Abaikan langkah ini apabila data-data yang diperlukan sudah lengkap). Pada beberapa kasus, di lembar tiket pesawat (terutama jika dibeli melalui perantara) tidak tercantum nomor tiket, sementara data ini diperlukan ketika proses reschedule. Untuk mengetahuinya silahkan hubungi pihak penjual tiket (perantara) atau bisa juga dengan mengunjungi halaman situs www.garuda-indonesia.com. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan urutan tanda panah (A, B, C, D) pada gambar di bawah ini.

    cek status tiket
    cek status tiket

  • Setelah data-data yang dibutuhkan sudah lengkap, silahkan hubungi call center Garuda Indonesia di nomor 0804-1-807-807, ikuti instruksi yang dipandu oleh mesin penjawab sampai terdengar suara customer service-nya. Kemudian sebutkan apa yang ingin anda sampaikan, contoh dalam kasus kali ini adalah perubahan jadwal keberangkatan, sebutkan saja waktu keberangkatan yang diinginkan, kemudian customer service tersebut akan melakukan pemeriksaan apakah masih tersedia kursi kosong pada jadwal penerbangan yang anda inginkan. Nah, kebetulan dalam kasus Mbak Mila kali ini masih tersedia kursi kosong untuk jadwal penerbangan di pukul 09.05 WIB, dan kebetulan juga harga tiketnya sama, jadi tidak ada yang perlu dibayarkan lagi karena tidak ada selisih harga tiket. Oke deh, aku putuskan untuk merubah jadwal keberangkatan di pukul 09.05 WIB. Kemudian customer service akan memberitahukan kode booking yang baru dan revisi tiket akan dikirim via email.
  • Tak lama berselang, ada email yang masuk ke akun email milikku, yang isinya adalah revisi tiket dari proses reschedule yang tadi dilakukan. Setelah itu, langsung saja aku teruskan (forward) email tersebut ke alamat email Mbak Mila karena kebetulan Mbak Mila menggunakan smartphone. Atau jika kebetulan si penumpang tidak memiliki smartphone, cukup diberitahu saja tentang jadwal keberangkatan dan kode booking yang baru.

    revisi tiket dikirim via email
    revisi tiket dikirim via email

  • Selesai. ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment