17 Oktober 2021

Proses Penarikan Komisi Afiliasi Involve Asia Via Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI)

Involve Asia - Bank Syariah Indonesia (BSI)
Involve Asia - Bank Syariah Indonesia (BSI)


Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang proses penarikan komisi atau penghasilan pada afiliasi Involve Asia. Program kerjasama afiliasi dengan perusahan asal negeri jiran, Malaysia ini cukup menarik karena kita bisa menjadi publisher tanpa harus mempunyai website atau blog.

Anda bisa menghasilkan komisi hanya dengan memanfaatkan potensi pada akun media sosial anda, seperti instagram, facebook, twitter, tiktok, dan sebagainya. Akan lebih bagus lagi dan berpeluang mendapatkan komisi yang lebih banyak jika anda memiliki website, blog atau juga kanal YouTube.

pendaftaran involve asia

Oh iya, fokus pada studi kasus kali ini adalah proses penarikan komisi yang akan dikirim melalui transfer bank, yaitu dengan menggunakan rekening Bank Syariah Indonesia (BSI). Oke deh, berikut penjelasannya.
  1. Login ke halaman dashboard publisher Involve Asia, lalu klik 'Lakukan Penarikan' (lihat tanda panah).

    langkah 1
    langkah 1

  2. Kemudian akan tampil halaman Penghasilan Saya. Untuk bisa melakukan penarikan komisi harus mencapai jumlah ambang minimal, yaitu senilai 80 Ringgit Malaysia (MYR).
    Lihat pada kolom A, jika jumlah ambang minimal telah dicapai maka tanda centang (checklist) akan berwarna hijau.
    Lalu lihat kolom B, pastikan detail pembayaran telah memiliki tanda centang (checklist) yang berwarna hijau.
    Apabila kolom A dan B telah bertanda centang (checklist) warna hijau, klik 'Request Penarikan' yang ada pada kolom C (lihat tanda panah).

    langkah 2
    langkah 2

  3. Kemudian akan tampil halaman Ringkasan Penarikan yang terdiri dari keterangan Detail Penarikan dan Informasi Bank. Untuk keterangan pada Informasi Bank pastikan data-data telah diisi dengan benar. Karena pada tulisan kali ini kasusnya penarikan komisi akan dikirim menuju ke rekening tabungan Bank Syariah Indonesia (BSI), maka perhatikan isian data pada Bank Penerima, Kode SWIFT dan Alamat Bank.
    Ketika artikel ini dipublikasikan (Oktober 2021), data Bank Syariah Indonesia (BSI) masih menggunakan data Bank Syariah Mandiri (BSM), maka data-data seperti Bank Penerima, Kode SWIFT dan Alamat Bank diisi dengan data Bank Syariah Mandiri (BSM), yaitu:
    - Bank Penerima = PT BANK SYARIAH MANDIRI
    - Kode SWIFT = BSMDIDJA
    - Alamat Bank = JL. MH. THAMRIN 5, JAKARTA, 10340
    Jika data-data tersebut sudah benar, klik 'Konfirmasi' (lihat tanda panah).

    langkah 3A
    langkah 3A
    langkah 3B
    langkah 3B

  4. Kemudian akan muncul kotak pesan Konfirmasi Permintaan Penarikan Standar, klik 'Konfirmasi' (lihat tanda panah).

    langkah 4
    langkah 4

  5. Kemudian akan muncul kembali halaman Ringkasan Penarikan. Kali ini terdapat keterangan bahwa permintaan penarikan telah dikirim (lihat tanda panah). Menurut keterangan pada halaman ini, pembayaran akan diproses selama 10 hari kerja, jika tidak terdapat kesalahan dan kelalaian.

    langkah 5
    langkah 5

  6. Sampai langkah di atas (langkah nomor 5) proses request penarikan sudah selesai dilakukan. Hmm, untuk memastikannya silahkan kembali ke halaman Penghasilan Saya.
    Perhatikan kolom Komisi Yang Tersedia Untuk Ditarik (A), sekarang nilainya telah berubah menjadi kosong atau nol. Karena kita telah melakukan proses request penarikan komisi, maka nilai komisi tersebut sekarang berpindah ke kolom Pembayaran Dalam Proses (B).
    Nah, sampai di sini yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu sampai komisi tersebut kita terima, hohohoho.

    langkah 6
    langkah 6

  7. Berselang 2 (dua) hari dari proses request penarikan, aku menerima pemberitahuan melalui email bahwa pembayaran komisi telah dilakukan.
    Hmm, berdasarkan email tersebut pembayaran dilakukan dari bank Standard Chartered.

    langkah 7A
    langkah 7A
    langkah 7B
    langkah 7B

  8. Login kembali ke halaman dashboard publisher, lalu masuk ke halaman Penghasilan Saya.
    Nilai komisi yang sebelumnya berada pada kolom Pembayaran Dalam Proses (A) telah berpindah ke kolom Komisi Dibayar (B). Ini artinya komisi telah dikirim atau ditransfer ke rekening kita (publisher).

    langkah 8
    langkah 8

  9. Kemudian scroll ke bawah, perhatikan kolom Pembayaran Berbayar, di situ terdapat keterangan atau data tentang riwayat pembayaran komisi. Berdasarkan keterangan data tersebut, pada kasus kali ini proses pembayaran hanya memakan waktu selama 3 hari kerja. Hal ini bisa diketahui dari data Tanggal Request pada 13-10-2021 (lihat panah A) dan data Tanggal Pembayaran pada 15-10-2021 (lihat panah B).
    Hmm, ternyata prosesnya lebih cepat dari yang disebutkan sebelumnya, yaitu 10 hari kerja (lihat langkah nomor 5). Oh iya, anda juga bisa mengunduh data Invoice (lihat panah C) dan data rincian Konversi (lihat panah D) jika anda membutuhkannya.

    langkah 9
    langkah 9

  10. Hmm, bagi sebagian publisher yang kasusnya adalah penarikan komisi untuk pertama kali biasanya masih belum 100% percaya apakah komisi tersebut sudah benar-benar dikirim atau ditransfer ke rekening miliknya, hehehehe.
    Oke deh, sekarang mari kita lakukan cross-check dengan melihat rekening bank kita. Apakah benar saldonya bertambah atau ada mutasi transfer dari Involve Asia?
    Nah, berikut rincian mutasi transfer dari Involve Asia yang aku akses melalui aplikasi BSI Mobile (m-banking milik BSI).
    Yup, di situ tertera tanggal mutasi pada 15-10-2021, sama dengan tanggal pembayaran pada halaman dashboard publisher Involve Asia.
    Oh iya, pada kasus kali ini aku terkena potongan Rp.6.500,- pada transaksi tersebut. Hmm, entah bagaimana cara perhitungannya, mungkin sama dengan biaya transfer antar bank lokal. Proses transfer dilakukan dari bank Standard Chartered (lihat langkah nomor 7).

    langkah 10
    langkah 10

Bagaimana, anda tertarik menjadi publisher Involve Asia? Silahkan daftar di sini:

pendaftaran involve asia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...