27 Oktober 2021

Cara Menyemai Biji Jeruk Limo

Jeruk Limo (Jeruk Sambal)
Jeruk Limo (Jeruk Sambal)

Yup, kegiatan pada sore hari ini adalah menonton Ain dan Leka melakukan praktek percobaan di kebun mini garapan mereka berdua. Pada kesempatan kali ini mereka akan mencoba menyemai biji tanaman jeruk limo yang sering juga disebut dengan jeruk sambal atau jeruk limau atau jeruk sate. Bahasa Latin jeruk limo adalah Citrus amblycarpa.

Oke deh, mari kita lihat Ain dan Leka menyemai biji tanaman jeruk limo, hehehehe.
  1. Siapkan buah jeruk limo yang kondisinya telah matang atau buah sudah berwarna kuning kecokelatan. Sementara untuk peralatan siapkan pisau cutter, talenan (tatakan) dan wadah kecil.

    langkah 1
    langkah 1

  2. Kemudian siapkan tempat dan media semai. Pada kasus kali ini menggunakan tempat semai berupa ember kecil plastik atau bisa juga menggunakan pot berukuran kecil. Sementara media semai menggunakan campuran tanah dan sekam bakar.

    langkah 2
    langkah 2

  3. Lalu belah buah jeruk limo di atas talenan dengan menggunakan pisau cutter. Kemudian pisahkan dan ambil bijinya (lihat tanda panah).

    langkah 3
    langkah 3

  4. Lalu cuci biji tersebut dengan menggunakan air bersih hingga lapisan pelindungnya yang berbentuk seperti gel terpisah dari biji. Kemudian keringkan biji tersebut dengan cara cukup diangin-anginkan saja atau cukup ditaruh di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

    langkah 4
    langkah 4

  5. Selanjutnya buat cekungan kecil pada media semai yang telah disiapkan. Caranya cukup dengan menekan jari anda pada permukaan media semai sehingga membentuk cekungan. Kemudian taruh biji jeruk pada cekungan tersebut (lihat tanda panah). Taruh 1 biji pada setiap cekungan.

    langkah 5
    langkah 5

  6. Lalu ratakan permukaan media semai sehingga biji-biji jeruk tersebut tertutup oleh media semai.

    langkah 6
    langkah 6

  7. Kemudian taruh pot tersebut di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung (lihat tanda panah). Tunggu sampai biji-biji tersebut tumbuh menjadi tunas dan tumbuh daun. Oh iya, jangan lupa untuk memeriksa kondisi kelembaban tanah (media semai). Beri air secukupnya jika kondisi media semai tersebut terasa kering. ^,^

    langkah 7
    langkah 7

Update:
setelah 21 hari
setelah 21 hari

setelah 60 hari
setelah 60 hari

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar