9 November 2013

Nomor Rangka Dan Nomor Mesin - Suzuki Tornado GS

Suzuki Tornado GS
Suzuki Tornado GS

Suzuki Tornado GS 110 yang memiliki nama Suzuki Royal Crystal 110 di negara Thailand adalah salah satu motor yang pernah berjaya di masanya. Sepeda motor jenis bebek dengan mesin 2 langkah (2-tak) ini sering turun di arena balap tanah air. Sepeda motor andalan Suzuki ini diproduksi sejak tahun 1994 sampai dengan tahun 2004. Oh iya, Suzuki Tornado ini adalah suksesor dari pendahulunya, yaitu Suzuki Crystal.

Di Indonesia, sepeda motor ini memiliki 2 varian, yaitu GS 110 dan GX 100. Secara mendasar perbedaannya terletak pada kubikasi mesin, GS 110 cc sementara GX 100 cc. Kemudian bentuk knalpot, knalpot GS berlekuk ke atas sementara GX lurus mendatar. Lalu rem depan GS menggunakan cakram (disc brake) sementara GX menggunakan tromol (drum). Dan untuk versi kedua atau yang mulai dirilis pada tahun 1997, penutup rantai GS jenis semi atau setengah terbuka ala motor racing, sementara GX tertutup penuh.

Oke deh, kali ini aku akan menjelaskan tentang letak nomor rangka dan nomor mesin pada sepeda motor ini. Hmm, simak penjelasan berikut.

letak nomor rangka dan nomor mesin
letak nomor rangka dan nomor mesin

Untuk melihat nomor rangka dan nomor mesin, perhatikan sebelah kanan sepeda motor. Nomor rangka terletak pada chasis sebelah kanan di sekitar atas mesin (lihat tanda panah).

letak nomor rangka
letak nomor rangka

Sementara nomor mesin terletak di bagian atas crankcase sebelah kanan (lihat tanda panah).

letak nomor mesin
letak nomor mesin

Nah, jika nomor rangka dan nomor mesin telah diketahui, coba lakukan cross check dengan data yang tertera pada STNK dan BPKB. Pastikan data secara fisik dan secara dokumen adalah sama atau identik. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...