June 15, 2017

Memasang Dan Melepas Kabel Pada Saklar Dan Stop Kontak Panasonic

Saklar Atau Stop Kontak Merk Panasonic
Saklar Atau Stop Kontak Merk Panasonic

Kali ini aku akan memberi tahu tentang cara memasang dan melepas kabel pada saklar dan stop kontak merk Panasonic. Sebagai informasi, saklar dan stop kontak merk Panasonic menggunakan sistem pengunci model colok dan tekan. Jadi mekanisme pemasangan kabel cukup dicolok atau dimasukkan ke dalam lubangnya, kemudian ditekan atau didorong ke dalam sampai terdengar bunyi 'klik'. Nah, setelah itu kabel akan terkunci dengan erat. Cukup sederhana kan?

Hmm, agak berbeda dengan saklar atau stop kontak merk lainnya yang menggunakan sistem pengunci model sekrup, di mana akan memakan waktu lebih lama dalam proses pemasangan dan pelepasan kabel, terutama bagi yang tidak terbiasa melakukannya sepertiku, huhuhuhu.

Oh iya, sebelum melakukan kegiatan ini pastikan tidak ada listrik yang mengalir, serta tangan anda harus dalam keadaan tidak basah atau kering. Apabila kabel sudah terpasang pada instalasi listrik rumah, gunakan alas kaki ketika melakukan kegiatan ini. Dan supaya lebih aman lagi, gunakan sarung tangan atau gunakan tang jepit sebagai media interaksi dengan kabel.

Oke deh, ayo kita mulai acara main teknisi-teknisiannya, hehehehe.

Cara Memasang Kabel

Hmm, sebenarnya cara memasang kabel pada saklar atau stop kontak Panasonic sangat mudah dan tidak diperlukan trik khusus. Cukup masukkan kabel pada salah satu lubang dari empat lubang yang tersedia, lalu tekan ke dalam sampai terdengar bunyi 'klik', kemudian kabel pun terpasang dengan erat.

memasang kabel
memasang kabel

Cara Melepas Kabel

Nah, cara melepas kabel untuk saklar atau stop kontak Panasonic memerlukan sedikit trik khusus. Untuk melepaskan kabel diperlukan alat bantu berupa obeng (-) atau bisa juga dengan menggunakan tespen. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan obeng (-) atau tespen, kemudian colok atau tekan klip berwarna putih yang terdapat di dalam lubang bagian atas yang berbentuk segi empat (lihat tanda panah). Jika kabel terpasang pada lubang bagian bawah, yang harus dicolok dan ditekan adalah tuas pada lubang bagian bawah.

    bagian pengunci kabel
    bagian pengunci kabel

  2. Kemudian tahan obeng, lalu tarik keluar kabelnya.

    tahan dengan obeng lalu tarik kabelnya
    tahan dengan obeng lalu tarik kabelnya

  3. Nah, kabel pun bisa ditarik dan dilepaskan dengan mudah karena klip pengunci sedang ditahan dengan obeng.

    kabel telah dilepas
    kabel telah dilepas

  4. Selesai. Mudah sekali bukan? ^,^

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment