April 19, 2017

Cara Mengganti Favicon Di Blogspot

Favicon
Favicon

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang cara mengganti favicon pada blog yang menggunakan platform Blogspot. Apa itu favicon? Yup, favicon atau dalam bahasa Indonesia adalah ikon favorit adalah gambar atau logo yang berbentuk ikon atau gambar kecil yang biasanya digunakan sebagai identitas dari sebuah blog atau situs. Hmm, jadi bisa diartikan hanya dengan melihat favicon atau ikon, orang atau pengunjung yang melihat bisa mengetahui dia sedang melihat, membaca atau mengunjungi situs apa tanpa terlebih dulu melihat keterangan tulisan di sekitarnya.

Secara default, favicon pada blog yang ber-platform Blogspot menggunakan favicon dengan logo Blogspot, yaitu gambar huruf B berwarna putih dengan latar belakang berwarna oranye. Nah, biasanya akan terlihat kurang elegan apabila masih menggunakan favicon bawaan Blogspot, terlebih apabila blog tersebut sudah menggunakan domain pribadi dan menggunakan template sendiri, hehehehe.

Bagaimana cara menggantinya? Hmm, untuk blog dengan platform Blogspot sangat mudah sekali caranya, hanya diperlukan beberapa langkah dan tidak perlu berhubungan dengan yang namanya coding, hehehehe. Yang diperlukan hanya sebuah file gambar dengan bentuk persegi yang ukuran file-nya kurang dari 100 kilobytes. Pada kasus kali ini aku menggunakan gambar dengan format ekstensi jpeg, berukuran dimensi 360 x 360 pixels, dengan ukuran file 24,8 kilobytes (kb).

Oke deh, berikut cara dan penjelasannya,
  1. Login dan buka halaman dashboard blog, kemudian klik tab 'Tata Letak' (lihat panah A), lalu klik 'Edit' pada menu Favicon (lihat panah B).

    langkah pertama
    langkah pertama

  2. Kemudian klik 'Pilih File' (lihat tanda panah).

    langkah kedua
    langkah kedua

  3. Kemudian pilih file gambar yang akan dijadikan sebagai favicon (lihat panah A), lalu klik 'Open' (lihat panah B).

    langkah ketiga
    langkah ketiga

  4. Setelah proses unggah selesai, klik 'Simpan' (lihat tanda panah).

    langkah keempat
    langkah keempat

  5. Kemudian klik 'Simpan setelan' (lihat panah A), lalu untuk melihat hasilnya silahkan klik 'Lihat blog' (lihat panah B).

    langkah kelima
    langkah kelima

  6. Taarrraaaaa, favicon blog kesayangan kita telah berganti sesuai selera dan kesukaan kita (lihat tanda panah), hehehehe. ^,^

    selesai, favicon telah berhasil diganti
    selesai, favicon telah berhasil diganti

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment