April 10, 2017

Cara Membuat Blog Di Blogspot

Cara Membuat Blog Di Blogspot
Cara Membuat Blog Di Blogspot

Pada tulisan kali ini aku akan coba menjelaskan bagaimana caranya membuat sebuah blog pada platform Blogspot atau Blogger. Hmm, sebenarnya mudah sekali membuat blog di Blogspot, secara panduan langsung ketika membuatnya sudah jelas dan sudah berbahasa Indonesia, istilahnya tinggal klik-klik next-next saja lah, hehehehe.

Oh iya, kenapa membuatnya di Blogspot atau Blogger? Hmm, sebetulnya sih tidak masalah mau membuat sebuah blog di mana, akan tetapi menurutku kalau untuk pemula akan lebih mudah dilakukan di platform Blogspot atau Blogger. Faktor yang lain adalah karena Blogspot, Gmail, YouTube dan Google+ sudah terintegrasi (di bawah Google), jadi akan lebih mudah koneksinya antar satu sama lain.

Karena Blogspot di bawah perusahaan Google, maka kita harus punya akun Google Mail atau Gmail. Hmm, sudah pada punya email Gmail kan? Yup, pasti sudah kan? Apalagi masing-masing sudah pakai smartphone Android yang bisa dipastikan pemiliknya punya akun Gmail, hehehehe. Hmm, kalau sudah punya akun Gmail mari kita lanjut acara buat blog-nya atau kalau belum punya silahkan buat dulu, karena diperlukan Akun Gmail untuk membuat blog di platform Blogspot atau Blogger.

Yang diperlukan:
-  Akun Gmail
-  Alamat blog
-  Judul blog
-  Komputer atau laptop atau smartphone
-  Akses internet

Hmm, kalau semua yang diperlukan sudah siap, ayo kita mulai acara membuat blog-nya, hehehehe.
  1. Buka internet browser, lalu masuk (login) ke akun Gmail milik anda.
  2. Kemudian buka halaman www.blogger.com. Setelah halaman terbuka, klik 'BUAT BLOG' (lihat tanda panah).

    klik 'BUAT BLOG'
    klik 'BUAT BLOG'

  3. Lalu akan muncul kotak login lagi, masukkan kembali sandi (password) akun Gmail anda (lihat panah A), kemudian klik 'Masuk' (lihat panah B).

    input password akun Gmail
    input password akun Gmail

  4. Kemudian pilih profil pengguna, pada kasus kali ini aku akan memilih Profil Google+, klik 'Buat profil Google+' (lihat tanda panah).

    pilihan profil pengguna
    pilihan profil pengguna

  5. Kemudian muncul formulir isian untuk membuat profil Google+. Isilah kolom Nama Depan dan Nama Belakang, serta pilih Gender (jenis kelamin) dan Tanggal Lahir anda. Kemudian klik 'BUAT PROFIL' (lihat tanda panah).

    buat profil Google+
    buat profil Google+

  6. Kemudian kita diminta untuk mengunggah file gambar yang akan digunakan sebagai foto profil dan avatar anda. Pada kasus kali ini lewati saja langkah ini, silahkan klik 'LEWATI' (lihat tanda panah).

    unggah foto profil
    unggah foto profil

  7. Kemudian konfirmasikan profil anda, jika profil anda sudah benar dan sesuai silahkan klik 'Lanjutkan ke Blogger' (lihat tanda panah).

    konfirmasi profil
    konfirmasi profil

  8. Kemudian akan muncul tawaran untuk mencoba tema Blogger yang baru, lewati saja dengan cara klik 'Mungkin nanti' (lihat tanda panah).

    tawaran mencoba tema baru
    tawaran mencoba tema baru

  9. Kemudian klik 'BUAT BLOG BARU' (lihat tanda panah).

    klik 'BUAT BLOG BARU'
    klik 'BUAT BLOG BARU'

  10. Kemudian masukkan Judul blog (A), Alamat blog atau URL (B) dan pilih Tema atau Template-nya (C), lalu klik 'Buat blog!' (lihat tanda panah).
    contoh:
    (A) Judul blog : d'Laiqa Arena
    (B) Alamat blog : dlaiqa.com

    klik 'Buat blog!'
    klik 'Buat blog!'

  11. Kemudian kita akan masuk ke dashboard blog (halaman pengaturan atau halaman administrator blog) yang telah berhasil kita buat tadi. Hmm, untuk saat ini abaikan saja dulu, silahkan klik 'Lihat blog' (lihat tanda panah).

    klik 'Lihat blog'
    klik 'Lihat blog'

  12. Tarrraaaaa, sekarang kita sudah memiliki sebuah blog. Mudah sekali bukan? ^,^

    halaman muka blog yang baru dibuat
    halaman muka blog yang baru dibuat

No comments:

Post a Comment