April 13, 2017

Cara Menulis Dan Menerbitkan Artikel Di Blogspot

Cara Menulis Dan Menerbitkan Artikel Di Blogspot
Cara Menulis Dan Menerbitkan Artikel Di Blogspot

Yup, jika pada tulisan sebelumnya aku sudah menjelaskan tentang bagaimana cara membuat blog pada platform Blogspot, maka pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang bagaimana cara menulis dan menerbitkan artikel atau istilahnya sering disebut dengan 'posting' pada blog ber-platform Blogspot.

Imho, sebuah blog aku analogikan dengan sebuah bangunan rumah dan artikel atau tulisan aku analogikan dengan benda yang berada di dalam rumah tersebut. Jadi, apabila sebuah blog tidak ada artikelnya bisa dianalogikan dengan sebuah rumah kosong tanpa ada benda-benda di dalam rumah tersebut. Nah, bisa dibayangkan kan bagaimana rumah tanpa isi seperti kursi, meja, tempat tidur, televisi dan benda-benda lainnya? Plong kosong. Apa anda akan betah tinggal di rumah tersebut? Hehehehe. Nah, begitu juga dengan blog, bagaimana pengunjung akan tertarik dan berlama-lama mengakses atau membuka blog anda jika tidak ada isinya?

Kali ini aku akan menjelaskan sedikit tentang cara menulis dan menerbitkan artikel pada blog tersebut, mari kita mulai mengisi rumah yang masih kosong tersebut dengan benda-benda menarik yang akan menghiasi rumah tersebut. Secara logika, semakin banyak benda (artikel) maka rumah (blog) tersebut akan semakin menarik juga. Hmm, tentunya dengan benda-benda (artikel-artikel) yang berkualitas juga. Oke deh, ayo kita mulai acara acak-acak blognya, hehehehe.
  1. Buka halaman dashboard blog, lalu klik 'Entri baru' (lihat tanda panah).

    klik 'Entri baru'
    klik 'Entri baru'

  2. Kemudian akan terbuka halaman penulisan, sekilas terlihat seperti halaman pada aplikasi office word atau writer. Lalu tulis judul artikel pada kolom isian Entri (lihat tanda panah).

    beri judul artikel
    beri judul artikel

  3. Lalu tentukan nama untuk label atau kategori (lihat tanda panah). Hal ini berguna untuk pengelompokan jenis artikel agar memudahkan proses pencarian artikel berdasarkan label atau kategori. Jika diabaikan atau tidak diberi label, maka artikel secara otomatis masuk ke dalam kategori 'Uncategorized' atau 'Tidak berkategori'.

    tentukan label atau kategori
    tentukan label atau kategori

  4. Biasanya dalam sebuah artikel diawali dengan sebuah gambar yang mendeskripsikan isi artikel. Untuk memasukkan gambar ke dalam artikel caranya adalah dengan meng-klik icon 'Insert image' (lihat tanda panah).

    klik 'Insert image'
    klik 'Insert image'

    Lalu klik 'Pilih file' (lihat tanda panah).

    klik 'Pilih file'
    klik 'Pilih file'

    Kemudian pilih gambar yang akan dimasukkan ke dalam artikel, klik 2x pada gambar tersebut (lihat tanda panah). Oh iya, format gambar yang bisa diunggah adalah file gambar yang berekstensi jpg, gif atau png.

    pilih file gambar yang akan ditambahkan
    pilih file gambar yang akan ditambahkan

    Kemudian klik gambar yang akan dimasukkan ke dalam artikel (lihat panah A), lalu klik 'Add selected' (lihat panah B).

    klik 'Add selected'
    klik 'Add selected'

    Nah, sekarang gambar telah berhasil masuk ke dalam artikel.

    gambar telah ditambahkan
    gambar telah ditambahkan

  5. Langkah selanjutnya adalah memberikan caption atau tulisan kecil di bawah gambar yang fungsinya untuk menjelaskan maksud gambar tersebut. Caranya klik pada gambar yang akan diberi caption, lalu klik 'Add caption' (lihat tanda panah).

    klik 'Add caption'
    klik 'Add caption'

    Lalu ketiklah caption atau catatan untuk gambar tersebut (lihat tanda panah).

    ketik caption
    ketik caption

  6. Masih pada gambar, langkah selanjutnya adalah memberikan keterangan pada gambar tersebut. Hal ini berguna untuk menjelaskan tentang gambar tersebut apabila terjadi masalah pada koneksi jaringan internet yang menyebabkan gambar tidak muncul ketika blog diakses, atau sebagai keterangan gambar untuk pengunjung yang tidak menampilkan gambar pada komputernya (biasanya karena alasan akses dan kuota internet terbatas).
    Caranya, klik pada gambar tersebut, lalu klik 'Properties' (lihat tanda panah).

    klik 'Properties'
    klik 'Properties'

    Kemudian berikan keterangannya pada kolom title text (lihat panah A) dan kolom alt text (lihat panah B), lalu klik 'OK' (lihat panah C).

    input Image Properties
    input Image Properties

  7. Kemudian ketik isi artikel (lihat tanda panah). Secara umum hampir sama dengan mengetik pada program aplikasi office word atau writer.

    ketik isi artikel
    ketik isi artikel

  8. Setelah pengetikan selesai, klik 'Publikasikan' (lihat tanda panah) untuk menerbitkan atau mempublikasikan artikel tersebut.

    klik 'Publikasikan'
    klik 'Publikasikan'

  9. Kemudian akan muncul kembali halaman dashboard, silahkan klik 'Lihat blog' untuk melihat blog.

    klik 'Lihat blog'
    klik 'Lihat blog'

  10. Tarrraaaaa, sekarang blog sudah ada artikelnya atau sudah ada isinya.

    tampilan halaman utama
    tampilan halaman utama

  11. Tampilan di halaman utama biasanya adalah cuplikan dari artikel, untuk melihat dan membaca artikel secara keseluruhan, silahkan klik pada tulisan judul artikel atau klik pada tulisan 'read more' atau 'baca selengkapnya'. Nah, setelah di-klik maka artikel akan terbuka secara keseluruhan. ^,^

    tampilan artikel
    tampilan artikel

Catatan:
  • Apabila artikel yang diketik adalah artikel yang panjang, ada baiknya setiap beberapa saat anda simpan (save) artikel tersebut dengan cara meng-klik tombol 'Simpan' yang berada di sebelah kanan tombol 'Publikasikan' (sebelah kanan atas halaman).
  • Selama belum di-klik 'Publikasikan', artikel masih dalam status draf dan tidak akan terlihat di tampilan umum (publik). Dan jika di masa depan anda ingin melanjutkan mengetiknya serta menerbitkannya, cukup cari dan buka artikel tersebut pada pos draf artikel di dashboard.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment