February 9, 2017

Tips Memilih Jam Tangan Untuk Olahraga

Jam Tangan Olahraga
Jam Tangan Olahraga

Arloji atau jam tangan adalah salah satu aksesoris yang sudah melekat dan tidak bisa dipisahkan dengan seseorang, bahkan ada orang yang kemana-mana selalu memakai jam tangan. Pada tulisan kali ini aku akan berbagi tips tentang memilih jam tangan atau arloji yang digunakan untuk kegiatan olahraga. Sebagai informasi, aku juga biasa memakai jam tangan ketika sedang berolahraga, seperti jogging, bersepeda, bermain voli, berenang dan olahraga ringan lainnya. Jam tangan yang aku pakai pun sangat sederhana (jam tangan pada gambar di atas), yang secara fungsi aku gunakan sebagai stopwatchtimer dan alat penunjuk waktu ketika aku sedang berolahraga.

Oke deh, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda membeli jam tangan olahraga.
  1. Jenis Olahraga
    Sesuaikan dengan jenis olahraga yang dilakoni. Contoh olahraga yang pelakunya lazim menggunakan jam tangan adalah lari (jogging), bersepeda, menyelam (diving), mendaki (hiking), memancing (fishing), berburu (hunting), dan olahraga lainnya.
  2. Fitur
    Fitur yang ditanamkan pada jam tangan olahraga bermacam-macam, seperti stopwatch, timer, alarm, penghitung langkah, GPS, kompas, pengukur ketinggian tempat, dan lain sebagainya. Bahkan untuk jam tangan yang berlabel 'smartwatch' lebih canggih lagi karena bisa dikoneksikan dengan smartphone.  Hmm, biasanya semakin banyak fitur yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga dari jam tangan tersebut. Jadi pilihlah jam tangan yang menawarkan fitur-fitur yang sesuai dengan jenis olahraga anda.
  3. Tahan Air
    Hampir seluruh jam tangan yang ber-genre 'sport' dibekali fitur tahan air atau water resistant. Nah, sesuaikan kategori tahan air dengan jenis olahraga yang akan dilakoni. Sebagai contoh, untuk olahraga lari atau bersepeda penggunaan jam tangan dengan kategori tahan air 5 bar atau 50 meter sudah memenuhi cukup. Sementara untuk olahraga seperti menyelam (diving) diperlukan kategori tahan air yang lebih tinggi.
  4. Mudah Digunakan
    Kriteria selanjutnya adalah tentang penggunaan atau mengoperasionalkan jam tangan tersebut. Walaupun hal ini bisa dipelajari atau pengguna akan terbiasa seiring waktu berjalan, akan tetapi pilihlah jam tangan yang fungsi-fungsinya dapat digunakan dan dioperasionalkan dengan optimal dan mudah.
  5. Nyaman Dipakai
    Nyaman dipakai adalah hal yang relatif bagi setiap pemakainya, maksudnya antara satu orang dengan orang lain bisa saja berbeda dalam hal kenyamanan. Secara umum ini berhubungan dengan dimensi atau ukuran, berat, tampilan, bahan atau material dari jam tangan tersebut. Sebagai saran, pilihlah jam tangan yang secara ukuran tidak terlalu besar atau dalam hal ini ukurannya tidak melebihi ukuran lebar pergelangan tangan anda. Kemudian beratnya tidak terlalu berat yang dapat mengganggu pergerakan pergelangan tangan anda. Lalu secara tampilan pilihlah yang nyaman dipandang mata, baik itu bentuknya maupun tampilan data-data yang tertera pada display-nya. Sementara untuk jenis strap atau talinya pilihlah yang berbahan karet resin atau canvas nylon.
  6. Harga
    Apabila anda sudah menemukan jam tangan olahraga yang sesuai dengan kriteria anda dan olahraga anda, hal berikutnya adalah soal harga. Hmm, sama seperti yang aku tulis di poin sebelumnya, soal harga adalah relatif, sesuai kemampuan masing-masing, hehehehe. Sebagai saran, sebelum membeli jam tangan idaman anda terlebih dahulu cari informasi selengkapnya dan cek kelebihan serta kekurangan dari jam tangan incaran anda tersebut di situs-situs yang terkait dengan jam tangan. ^,^

Artikel terkait:

2 comments:

  1. halo rika? dah lama ga mampir..btw qq gtu ditempatku 300an
    yg ga kalah penting pastikan kulit sang pemakai tidak alergi terhadap plastik, besi, ataupun emas misalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, om riz. lama ndak aktif nih, sibuk yah? hehehehe.
      kalau tak lihat di internet sih harganya sekitar 250-300an ribu.
      yup betul, soal alergi kulit juga termasuk poin yang penting karena soal kenyamanan pemakai, terima kasih tambahan masukannya. ^,^

      Delete