November 25, 2015

Seberapa Dekat Hubungan Arloji Milikmu Dengan Air (Water Resistant)

Arloji (Jam Tangan)
Arloji (Jam Tangan)

Arloji atau jam tangan adalah salah satu aksesoris yang wajib dimiliki mayoritas orang. Selain berguna sebagai alat penunjuk waktu (fungsi utamanya), arloji juga berguna untuk menunjang penampilan seseorang. Bahkan arloji juga merupakan salah satu objek koleksi di kalangan penggemar atau kolektor arloji.

Seberapa dekat hubungan arloji milikmu dengan air? Lho kok hubungannya dengan air bukan dengan pergelangan tangan? Hehehehe. Maksud dari judul di atas adalah label 'water resistant' atau tingkat ketahanan arloji terhadap air yang tertera di arloji tersebut. Ternyata masih banyak lho pemilik arloji yang belum mengerti apa arti dari tulisan tersebut, mayoritas dari mereka tahunya jika pada sebuah arloji tertera 'water resistant' maka dianggap arloji tersebut bisa dipakai atau digunakan di dalam air. Padahal 'water resistant' pada arloji ada tingkatannya dan ada penjelasannya di buku petunjuk pengguna yang didapatkan pada saat membeli arloji tersebut.

Hmm, tapi aku tidak yakin semua orang sempat dan mau membaca buku petunjuk pengguna tersebut, kebiasaannya sih setelah membelinya di toko langsung dipakai deh itu arloji, lalu kotak kemasannya langsung disimpan di dalam gudang, hehehehe.

Oke deh, pada artikel ini aku akan mencoba mengulas sedikit tentang 'water resistant' pada sebuah arloji. Sebagai contoh objeknya aku gunakan arloji kesayanganku.

tampak depan
tampak depan
tampak belakang
tampak belakang

Pada gambar di atas tertera tulisan 'WATER RESIST 5 BAR', lalu apa maksudnya? Hmm, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

panduan pengguna arloji merk Alba
panduan pengguna arloji merk Alba

Pada gambar di atas yang diambil gambarnya dari buku petunjuk pengguna arloji merk Alba dijelaskan untuk arloji yang tertera tulisan 'water resistant 5 bar' diperbolehkan untuk terkena percikan air dan air hujan, serta diperbolehkan untuk digunakan dalam kegiatan berenang di air dangkal dan pekerjaan dapur seperti mencuci piring dan mencuci sayuran atau bahan makanan. Pada gambar di atas juga dijelaskan ada beberapa tingkatan water resistant dan peruntukannya, bisa anda gunakan sebagai petunjuk jika arloji yang anda miliki ber-merk Alba.

Oh iya, kebetulan adikku si bungsu sedang ada di rumah, sekalian deh aku pinjam sebentar arlojinya sebagai pembanding karena merk-nya lain, yaitu merk Casio, berikut penampakannya.

tampak depan
tampak depan
tampak belakang
tampak belakang

Pada bagian depan tertera tulisan 'WR50M' dan pada bagian belakang tertera tulisan 'WATER RESISTANT 5 BAR', berikut penjelasannya.

panduan pengguna arloji merk Casio (1)
panduan pengguna arloji merk Casio (1)
panduan pengguna arloji merk Casio (2)
panduan pengguna arloji merk Casio (2)

'WR50M' ternyata maksudnya '50 Meters Water Resistant' yang artinya arloji tersebut boleh terkena percikan air dan air hujan, serta boleh juga digunakan untuk berenang di air dangkal dan mencuci mobil. Pada gambar di atas juga dijelaskan beberapa tingkat ketahanan terhadap air dan peruntukannya. Apabila arloji anda ber-merk Casio, gambar di atas bisa digunakan sebagai petunjuk.

Nah, kalau yang ini adalah arloji milik mamasku yang ber-merk Seiko, berikut penampakannya,

tampak depan
tampak depan
tampak belakang
tampak belakang

Pada bagian depan tertera tulisan '50M' dan pada bagian belakangnya tertera tulisan 'WATER RESISTANT 5 BAR' yang penjelasannya bisa dilihat pada gambar berikut,

panduan pengguna arloji merk Seiko (1)
panduan pengguna arloji merk Seiko (1)
panduan pengguna arloji merk Seiko (2)
panduan pengguna arloji merk Seiko (2)

Pada gambar di atas diterangkan bahwa arloji dengan kualifikasi water resistant 5 bar boleh digunakan untuk aktivitas seperti berenang di perairan dangkal, bermain perahu kayak dan mandi. Dan di situ juga diterangkan bahwa ketentuan water resistant (tahan air) tersebut berlaku dengan syarat crown (alat untuk mengatur jarum jam) tidak boleh dioperasikan karena air bisa masuk ke dalam ruang mesin arloji dari celah tersebut. Apabila arloji anda ber-merk Seiko, gambar di atas bisa dijadikan petunjuk.

Yup, kira-kira seperti itulah penjabaran dari tingkat ketahanan terhadap air pada sebuah arloji, dan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika membeli sebuah arloji. Misalnya anda ingin membeli arloji yang bisa digunakan untuk kegiatan snorkeling, maka anda harus mencari arloji dengan label water resistant minimal 10 bar atau 100 m.

Oh iya, penjelasan pada artikel ini hanya berlaku untuk arloji asli atau original lho ya, bukan arloji kw, karena kalau menurutku kualitas arloji kw itu sifatnya unpredictable alias susah ditebak, hehehehe. Eeh, aku sampai lupa, jadinya seberapa dekat hubungan arloji milikmu dengan air? ^,^


Artikel terkait:

4 comments:

  1. hallo rika? itu pic sendiri? wah koleksinya banyak euy
    mampir yaa? belom tau kan? hiks

    http://rizkifaskia.blogspot.co.id/2015/04/my-red-burgundy-expedition-watch.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gambar sendiri, makanya tak kasih watermark, hehehehe.
      banyak dari mana, om riz?
      itu yang casio jam adikku.
      ^,^

      Delete
  2. ka, pic2 sy belom di w mark, gmn ya biar otomatis sekaligus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku masih manual satu per satu, om riz.

      Delete