May 18, 2016

Arloji, Pilih Analog, Digital Atau Dual-Time?

Arloji
Arloji

Arloji atau jam tangan pada saat ini selain sebagai alat petunjuk waktu juga berfungsi sebagai alat atau aksesoris untuk menunjang penampilan, bahkan ada yang berfungsi sebagai perhiasan karena ada yang dilapisi dan dibalut dengan logam mulia dan batu permata. Selain itu juga ada yang berfungsi sebagai alat penunjang pekerjaan seperti sebagai alat pengingat, alat hitung, alat ukur, petunjuk arah dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini aku akan coba menjelaskan macam-macam tampilan dari arloji yang secara umum dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu analog, digital dan dual-time. Berikut penjabaran singkatnya.

Pertama adalah arloji dengan tampilan analog, arloji jenis ini secara tampilan memiliki jarum jam sebagai petunjuk waktu, terdiri dari dua atau tiga jarum jam yang berfungsi sebagai petunjuk jam, menit dan detik. Dan ada juga arloji jenis ini dengan tambahan tampilan tanggal dan bulan. Arloji jenis ini memiliki nuansa klasik dan sederhana, serta ada juga yang bernuansa klasik dan mewah. Arloji jenis ini cocok bagi anda yang memerlukan fasilitas arloji yang hanya sebagai alat petunjuk waktu.

arloji analog
arloji analog

Kedua adalah arloji dengan tampilan digital, arloji jenis ini memanfaatkan LCD untuk menampilkan angka-angka sebagai petunjuk waktu pada layarnya. Arloji jenis digital biasanya bernuansa sporty, modern dan futuristik. Fitur pada arloji ini banyak, selain sebagai petunjuk waktu biasanya ada fitur sebagai petunjuk hari, tanggal, bulan, tahun. Ada juga fitur sebagai stopwatch, timer, alarm, kalender dan lain sebagainya. Arloji jenis ini cocok bagi anda yang berjiwa muda, sporty dan mobile, serta sangat pas bagi anda yang ingin menggunakan arloji lebih dari sekedar alat petunjuk waktu dan aksesoris.

arloji digital
arloji digital

Terakhir adalah arloji dengan tampilan dual-time yang merupakan gabungan dari tampilan arloji jenis analog dan digital. Arloji 2-in-1, dua tampilan yang dikemas dalam satu arloji. Fungsinya pun hampir sama dengan arloji yang berjenis digital, walaupun biasanya tidak selengkap fitur yang ditawarkan oleh arloji jenis digital. Dan biasanya arloji jenis ini menggunakan dua buah baterai karena mesinnya pun ada dua mesin. Arloji jenis ini cocok bagi anda yang ingin menggunakan arloji dengan nuansa klasik ala arloji analog tetapi dengan fitur layaknya arloji digital.

arloji dual-time
arloji dual-time

Hmm, oke deh, jadi tertarik dengan arloji dengan tampilan yang mana? ^,^


Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment