September 3, 2016

Bus Trans Lampung: Bandara Raden Inten - Graha Wangsa

Bus Trans Lampung
Bus Trans Lampung

Jika pada artikel sebelumnya aku telah menceritakan tentang salah satu rute bus Trans Lampung, maka pada kesempatan kali ini aku akan menceritakan tentang rute bus Trans Lampung yang lainnya, yaitu rute Bandara Raden Inten - Graha Wangsa. Yup, mulai tanggal 10 Agustus 2016 rute bus ini mulai beroperasi dan diharapkan bisa memfasilitasi dan menunjang akses dari Bandara Raden Inten ke Kota Bandar Lampung ataupun sebaliknya.

Hadirnya bus Trans Lampung jurusan Bandara Raden Inten - Graha Wangsa ini bisa menjadi jawaban atau alternatif bagi masyarakat Lampung ataupun wisatawan yang berkunjung ke Lampung akan angkutan umum langsung yang melayani rute ke Kota Bandar Lampung atau sebaliknya. Sebagai informasi, sebelum hadir bus ini akses angkutan umum langsung dari Bandara Raden Inten ke Kota Bandar Lampung hanya tersedia pilihan taksi bandara dan angkot. (Untuk keterangan lebih jelas bisa baca artikel: Cara Murah Dan Hemat Dari Bandara Raden Inten Ke Kota Bandar Lampung).

Adapun rute yang dilalui antara lain, Bandara Raden Inten - Jalan Lintas Sumatera (Jalan Raya Natar) - Bundaran Raden Intan - Jalan Z. A. Pagaralam - Terminal Rajabasa - Jalan Teuku Umar - Stasiun Kereta Api dan Terminal Tanjung Karang - Jalan Raden Intan - Bundaran Tugu Adipura - Jalan Jendral Sudirman - Jalan Gatot Subroto - Jalan Yos Sudarso - Graha Wangsa (Golden Dragon).

Sementara rute sebaliknya antara lain, Graha Wangsa (Golden Dragon) - Jalan Yos Sudarso - Jalan Gatot Subroto - Jalan Jendral Sudirman - Bundaran Tugu Adipura - Jalan Ahmad Yani - Jalan Kartini - Jalan Teuku Umar - Jalan Z. A. Pagaralam - Bundaran Tugu Raden Intan - Jalan Lintas Sumatera (Jalan Raya Natar) - Bandara Raden Inten.

jurusan Bandara Raden Inten - Graha Wangsa
jurusan Bandara Raden Inten - Graha Wangsa
rute bus Trans Lampung
rute bus Trans Lampung

Armada bus yang berwarna biru cerah ini menggunakan mesin Hino dengan karoseri Piala Mas. Secara interior, bus ini persis dengan interior bus Trans Jakarta dengan posisi duduk penumpang saling berhadapan. Untuk tarifnya adalah Rp.20.000,- per orang.

bus Trans Lampung (tampak muka)
bus Trans Lampung (tampak muka)
interior bus (1)
interior bus (1)
interior bus (2)
interior bus (2)

Di Bandara Raden Inten, bus ini bisa dijumpai di sekitar pintu keluar kendaraan Bandara Raden Inten. Waktu operasional jika berangkat dari Bandara Raden Inten dimulai pada pukul 06.30 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

menunggu penumpang di Bandara Raden Inten
menunggu penumpang di Bandara Raden Inten

Sementara di Graha Wangsa, bus ini bisa dijumpai di halaman depan Graha Wangsa. Waktu operasional jika berangkat dari Graha Wangsa dimulai pada pukul 04.30 WIB sampai dengan pukul 15.45 WIB.

menunggu penumpang di Graha Wangsa
menunggu penumpang di Graha Wangsa

Hmm, bagaimana? tertarik untuk mencoba bus Trans Lampung? ^,^

Artikel terkait:
-  Bus Trans Lampung: Bandara Raden Inten - Pringsewu
-  Cara Murah Dan Hemat Dari Bandara Raden Inten Ke Kota Bandar Lampung
-  Daftar Trayek Angkutan Kota Di Bandar Lampung

72 comments:

  1. mba mau tanya,
    untuk trans lampung bandara ini melewati arah hotel grand anugerah gak yah?
    dan sekitar pukul 7 malam dari bandara masih ava kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak lewat. kalau tujuannya hotel grand anugrah bisa turun di bundaran tugu adipura, trus jalan kaki sekitar 50 meter.
      bus trans lampung jam 7 malam masih ada (bis terakhir).
      ^,^

      Delete
    2. Okay mba Rika,
      Terima kasih atas info nya yg bermanfaat :)

      Delete
    3. yup, sama-sama.
      terima kasih sudah berkunjung. ^,^

      Delete
    4. ralat:
      kalau dari bandara bisnya lewat hotel grand anugrah, jadi turun sebelum bundaran tugu adipura, trus tinggal nyebrang deh (hotel di sebelah kanan jalan).
      tak kira tadi mau menuju bandara, kalau menuju bandara bisnya ndak lewat situ. ^,^

      Delete
    5. Tq mba :)
      Lumayan membantu masyarakat banget, PP bandara - hotel Hotel - bandara cukup bayar 20ribu, ketimbang naik taksi :D

      Delete
    6. yup, cuma jumlah armadanya masih terbatas dan waktu operasionalnya harus kita sesuaikan.
      untuk informasi lebih lanjut tentang bis trans lampung bisa hubungi 0822-3758-8567 atau 0812-7353-0262.
      ^,^

      Delete
  2. Mbak mau tanya,
    Bis trans lampung ini lewat The 7th hotel gak ya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Mw tunggu dr central plaza bs kan mba??jam brp aja ya mb??ada nomor kontak yang bs dihubungi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa.
      untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan tiket silahkan hubungi 0822-3758-8567 atau 0812-7353-0262.
      ^,^

      Delete
  4. hi mbak, berarti busnya lewat hotel Aston dan Novotel ya. Kalo yang dari Graha Wangsa di sebelah mananya nunggunya mbak, ada info berapa jam sekali berangkatnya?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, lewat hotel aston dan novotel.
      bus di halaman depan graha wangsa (golden dragon).
      untuk jadwal keberangkatan bisa hubungi 0822-3758-8567 atau 0812-7353-0262.
      ^,^

      Delete
  5. Mba Rika, kalo saya naik LION Air Terakhir itu jadwal kedatangan jam 20.50 yg dari bandara Halim Jakarta, apa masih kebagian Bus trans Balam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut info sih bus menyesuaikan kedatangan pesawat, dalam artian bus terakhir dari bandara berangkat jika pesawat terakhir sudah mendarat, tapi untuk lebih jelasnya silahkan hubungi 0822-3758-8567 atau 0812-7353-0262. ^,^

      Delete
  6. Mau nanya klo mau naik bus trans lampung tujuan bandara radin intan bs naik di halte mana kebetulan rumah saya deket hypermart central plaza

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya belum ada haltenya, ada baiknya hubungi nomor kontak 0822-3758-8567 atau 0812-7353-0262 untuk informasi lebih lanjut. ^,^

      Delete
  7. Mba Rika, kalau mau ke 7th Hotel naik trans Lampung turun dimana ya? Makasih ya sis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. turun di terminal tanjung karang (ramayana), terus lanjut naik angkot warna ungu (jurusan teluk betung), bilang sama supir angkotnya ke hotel 7th.

      Delete
    2. yup, sama-sama, terima kasih sudah berkunjung. ^,^

      Delete
  8. Kak Rika, berarti kalau mau ke Hotel Batiqa di Jl. Jendral Sudirman, bisa kan ya? Paling enak turunnya dmn ya? Teruma kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, turun tepat di seberang hotel batiqa. ^,^

      Delete
    2. Wah kalo dari bandara rutenya langsung ada yg berhenti ya di depan hotelnya? Wah terima kasih banyak ya.. :)

      Delete
    3. karena belum ada haltenya jadi bebas mau turun di mana saja.
      kalau dari bandara begitu turun dari bis tinggal nyeberang, kalau menuju bandara tidak perlu nyeberang jalan lagi. ^,^

      Delete
  9. Mba klo naik dr mall bumi kedaton turun di kantor pajak natar bisa? Tarifnya sama ya 20rb jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, soal tarif sepertinya berlaku sama jauh-dekat. ^,^

      Delete
  10. Ini berarti memang ditujukan bagi yang dari dan ke bandara. Kalo tujuan cuma antar titik di dalam kota dengan tarif segitu ya mahal banget. Trans Lampung yang dulu warna hijau dengan bis kecil itu masih nggak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bus TransLampung sementara untuk jarak dekat baru melayani jurusan Unila - Itera, tarif Rp.4.000,- (umum), Rp.2.000,- (pelajar & mahasiswa).
      kalau bus kecil yang warna hijau itu bus TransBandarLampung, masih beroperasi dan hanya melayani khusus wilayah Bandar Lampung saja. ^,^

      Delete
  11. maaf mbak saya mau nanya, saya mau ke itera dan pengennya bisa pakai bustrans, kira kira hotel yg dilalui bustrans yg menuju ke itera hotel apa ya mbak?
    terimaksih banyak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari bandara raden inten (branti) menuju ke itera ndak ada bus yang langsung, mesti 2 kali naik bus translampung.
      pertama naik bus translampung jurusan bandara - graha wangsa (bandar lampung), turun di bundaran raden intan (rajabasa), kemudian lanjut naik bis translampung jurusan unila - itera.

      soal hotel, kalau yang dilalui bus translampung jurusan unila-itera bisa cari hotel atau penginapan di sekitar bundaran raden intan (rajabasa) atau di sekitar jalan ryacudu (korpri).
      hmm, tapi kalau hotel agaknya jarang deh di sekitaran situ, banyaknya sejenis kos-kosan yang bisa disewa harian/mingguan atau bulanan. ^,^

      Delete
  12. Mbak kalau menuju bandara stop bus nya harus di halte atau bisa stop di sembarang jalan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini bebas mau turun-naik di mana saja, karena belum ada haltenya. ^,^

      Delete
  13. Pagi mbak....
    Maret ini Saya mw berkunjung ke lampung
    Tepat ny daerah marga kencana....kecamatan tulang bawang udik....kabupaten tulang bawang barat....
    Tiba d bandara pukul 17:25

    Bus atw angkot ke daerh itu apa ya mbak...supaya saya bisa sampai ke tujuan??
    Mohon bantuan ny mbak...

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, sampainya sore yah?
      direkomendasikan sih minta jemput atau naik taksi bandara.

      kalau sampainya agak siangan bisa naik bus akdp jurusan ke way abung.

      Delete
  14. Mbak Rika mohon infonya, klo dr bandara ke pasar unit 2 tulang bawang paling rekomen naik apa ya.. nyampainya bandara siang. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. - keluar bandara terus nyeberang jalan, tunggu bis jurusan ke unit dua.

      - naik bis translampung jurusan bandara-bandarjaya, terus lanjut naik travel atau angkutan ke unit dua.

      - naik travel langsung dari bandara, tapi ongkosnya mahal, tapi kalau bawa rombongan 4-5 orang sih cukup terjangkau ongkosnya.

      Delete
  15. Mbak saya mau nanya kalau dari bandara ke universitas malhayati bagusnya naik apa ya mbak, soalnya sayaa sampai di bandara baru pukul 18.30

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik bus bandara, turun di simpang jalan pramuka, trus nyeberang jalan, trus naik angkot warna kuning atau warna biru, bilang saja sama supirnya mau ke universitas malahayati.

      atau kalau sudah agak malam atau tidak terlihat angkot lagi, bisa turun di lampu merah sebelum terminal rajabasa, trus cari ojek, estimasi ongkos ojek ke universitas malahayati sekitar 10.000-15.000.

      Delete
  16. Mbak Rika, klo dari bandara menuju hotel asoka luxury naik apa ya enaknya. Tiba dibandara jam 11.00

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, hotel asoka ini posisinya ndak dilalui angkutan umum, enaknya sih naik taksi bandara.

      Delete
  17. Mba mau tnya kalo mau menuju ke hotel pop, turun di tugu Adipura lanjut naik angkot apa ya mba ? atau ada alternative lain ?, mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. turun di tugu adipura, nyeberang dan jalan sekitar 100 meter, trus naik angkot warna ungu yang arah ke tanjung karang, bilang sama supirnya turun di hotel pop.

      atau turun di tugu adipura, nyeberang dan naik angkot warna hijau atau abu-abu (arah ke tanjung karang), turun di pertigaan pom bensin/hypermart, trus jalan kaki sekitar 100 meter menuju hotel pop.

      Delete
  18. mba rika mau tanya, kalo dari bandara mau ke stasiun kereta api tanjung karang malem hari jam 8 atau 9 angkutannya apa ya? makasih banyak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih ada bis translampung bisa naik bis translampung jurusan bandara-grahawangsa, bilang sama supir atau kondekturnya mau ke stasiun tanjung karang.
      kalau jam segitu bisnya sudah tidak ada lagi ya terpaksa naik taksi. ada dua pilihan taksi, bisa naik taksi bandara yang tanpa argo (mobilnya toyota avanza) atau taksi bandara yang pakai argo (mobilnya toyota limo/vios). ^,^

      Delete
  19. Mbak..klo dari bandara raden intan naik bus. Mau ke kemiling. Turunnya dimana, melanjutkan naik angkot mudahnya dari mna.. trimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. turun di pertigaan jalan pramuka (rajabasa), trus nyeberang jalan, trus naik angkot warna kuning, sampai deh di terminal kemiling. ^,^

      Delete
  20. kalau ke Pahawang bisa naik trans Lampung nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa waktu yang lalu ada wacana akan dibuka rute baru untuk jurusan bandara ke dermaga ketapang (dermaga kecil untuk menyeberang ke pulau pahawang). ^,^

      Delete
  21. Info yg sangat membantu.jd ada gambaran buat akomodasi dr bandara lampung ke kotanya. Mba dr info diatas mo nanya dong brarti trans lampung aksesnya gampang ya dr batiq hotel. Baik dari dan mnuju bandara? Bs langsung dr depan hotel ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hotel batiqa?
      cukup naik bus translampung dari dan menuju bandara, busnya lewat di depan hotel batiqa. ^,^

      Delete
  22. Mb rika kalau untuk pemesanan tiketnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari bandara langsung naik saja di sekitar pintu keluar kedatangan penumpang. kalau menuju bandara tinggal tunggu saja di jalan yang dilalui bus. ^,^

      Delete
  23. Hai mba Rika, maaf aku mau tanya kalau untuk ke Hotel Horison, bisnya lewat ga ya?
    Terima kasih untuk infonya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari bandara ndak lewat, kalau menuju bandara lewat. karena itu jalan satu arah.
      hmm, kalau dari bandara enaknya turun di 'simpur' (bilang saja sama supirnya atau kondekturnya), trus bisa lanjut naik ojek atau jalan kaki, jaraknya sekitar 300-400 meter. ^,^

      Delete
  24. Mba rika sy mau tanya saat keluar pintu bandara ke shelter bis trans nya jauh tdk?soalnya takut ditarik2 calo hehe. Sy rencana mw ke daerah korpri/rs imanuel kira2 rute nya bgmn ya..trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu keluar dari pintu kedatangan langsung naik bus. ^,^

      hmm, kalau tiba di bandara sekitar siang atau sebelum jam 3 sore dan mau ke arah korpri lebih baik naik angkot deh (angkot warna cokelat jurusan tegineneng-rajabasa), nanti turun di bundaran rajabasa, trus disambung naik bus translampung jurusan itera, busnya sama dengan bus bandara, busnya lewat jalan soekarno-hatta (by-pass) lalu belok ke 2 jalur korpri. secara tarif lebih murah (angkot 5 ribu + bus ke itera 4 ribu = 9 ribu).

      Delete
  25. Mbak Rika kalau saya mau ke pop hotel dari bandara sebauknya naik apa. Mohon infonya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau simple ya naik taksi bandara (ongkos sekitar Rp.120.000,- per mobil).
      kalau mau irit bisa naik bus translampung, turun di sekitar tugu adipura (bundaran gajah), setelah itu diteruskan dengan naik angkot berwarna abu-abu, hijau atau ungu yang jurusan ke arah tanjung karang, bilang dengan supirnya mau ke hotel pop.
      hmm, atau bisa juga setelah turun dari bus, dilanjutkan dengan naik gojek (motor), grab atau uber (mobil). secara hotel pop jaraknya tidak begitu dari tugu adipura, hanya sekitar 1 kilometer. ^,^

      Delete
  26. Mba klo dari bandara raden intn ke hotel sahid bisakan langsung? Turunya dimana ya mba? Terus klo dari bandara saya bisa menjumpai bus trans lampung harus kemama dl. Mohon bantuanya ini pertamaa kali kelampung. Trims mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa turun di tempat pemberhentian bus terakhir (di golden dragon) atau bisa juga turun di simpang pertigaan garuntang (simpang terakhir sebelum golden dragon, di situ ada lampu merah). trus lanjut naik angkot warna oranye (jurusan ke terminal panjang). hmm, bisa juga jalan kaki dari simpang garuntang ke hotel sahid, jaraknya ndak begitu jauh kok. ^,^

      Delete
  27. Mbak translampung bandara-bandar jaya adakah? Kalau ada kira2 jam berapa dan tarifnya sekitaran berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jurusan bandara - bandara jaya, beberapa waktu yang lalu sempat ada, tapi statusnya masih rute percobaan. waktu tempuh sekitar 45-60 menit, tarifnya kurang tau berapa.
      untuk lebih jelasnya silahkan tanya petugas di konter bus translampung di sekitar pintu keluar kedatangan penumpang. ^,^

      Delete
  28. Halo mba, kalau saya sampai bandara jam 8 malam, apakah masih ada bus mba?,dan kalau hotel aston dilewati oleh bus? Atau sebaiknya naik apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. info terakhir sih waktu operasional bus mengikuti jadwal kedatangan pesawat, dalam arti bus masih tetap ada selama pesawat masih ada yang akan mendarat di hari tersebut.
      menuju hotel aston cukup naik bus translampung, nanti bilang dengan supir atau kondekturnya turun di hotel aston, kebetulan busnya lewat situ.
      atau jika bus translampung tidak beroperasi bisa naik taksi bandara. ^,^

      Delete
  29. halo mba..
    saya mau nanya" ni, saya teh ambil jadwal penerbangan dr lampung ke bandung jam 6.30, berarti kan hrs brgkt dr kota lampung nya skitar jam 4an, boleh minta rekomendasi kendaraan yg bisa di naiki dr kota lampung ke bandara jam segitu?
    trus temen ada yg bilang, damri ke bandara jam 4 ada yg udah beroprasi per juni 2017, kira" itu bnr ga ya info nya?
    trima kasih mba.. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa naik bus translampung, tapi coba hubungi dulu nomor kontaknya (lihat di komentar atas). pastikan bus tiba di bandara sebelum waktu check-in ditutup, dan pastikan juga busnya melintas di tempat yang ditunggu sekitar pukul berapa (rute bus silahkan lihat artikel di atas).

      atau bisa juga naik taksi translampung, taksi puspa jaya, uber atau grab. ^,^

      Delete
  30. Mbak mau tanya kalo dari unila ke bandara naik bus trans ini bisa ga ya? Kalo bisa harus kemana dulu ato ada halte deket unila? Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tunggu saja di depan pintu masuk unila, di sekitar toserba gedong meneng atau di sekitar dealer yamaha gedong meneng. ^,^

      Delete
    2. untuk trans lampung bandara ini melewati arah hotel pop tanjung karang gak yah?

      Delete