28 Oktober 2022

Ukuran Ban Dan Tekanan Angin Sepeda Lipat New Phoenix 2025 RX

Ban Belakang Sepeda Lipat New Phoenix 2025 RX
Ban Belakang Sepeda Lipat New Phoenix 2025 RX

Salah satu hal penting pada kendaraan transportasi darat adalah ban. Ban sangat berperan dalam kelancaran, kenyamanan dan keamanan bagi pengguna kendaraan tersebut. Berbicara tentang ban maka pembahasan utamanya adalah tentang ukuran dan tekanan angin. Nah, pada tulisan kali ini aku akan membahas secara singkat tentang ban pada sepeda lipat New Phoenix 2025 RX.

Sepeda Lipat New Phoenix 2025 RX dari pabriknya dibekali velg berukuran 20 inch dengan ban luar merk Kenda Inmetro K924 berukuran 20 x 1,75 dengan kode ETRTO (European Tire and Rim Technical Organization) 47-406. Berdasarkan spesifikasi tersebut sepeda ini menggunakan ukuran ban '20 murni'. Nah, apabila di kemudian waktu ban pada sepeda tersebut ingin diganti pastikan ukurannya identik atau sama agar tidak diperlukan penyesuaian lagi dengan velg-nya.

ban luar merk Kenda
ban luar merk Kenda

ukuran 20 x 1,75 (47-406)
ukuran 20 x 1,75 (47-406)

Sementara untuk tekanan angin yang dianjurkan bisa dilihat keterangan pada dinding ban tersebut. Untuk ban Kenda Inmetro K924 berukuran 20 x 1,75 tekanan anginnya adalah 40-65 PSI atau 2,8-4,6 BAR atau 280-460 kPa. Nilai tekanan angin tersebut berlaku untuk setiap ban, baik untuk ban depan dan juga ban belakang.

spesifikasi tekanan angin ban
spesifikasi tekanan angin ban

Setelah mengetahui ukuran tekanan angin ideal yang dianjurkan oleh produsen sesuai ban yang digunakan, kemudian yang menjadi pertanyaan adalah kenapa tekanan angin yang dianjurkan memiliki rentang yang cukup besar antara tekanan angin minimal dan maksimal, yaitu 25 PSI (selisih antara 40 dan 65 PSI). Yup, hal ini disebabkan karena bobot (berat) sepeda lebih ringan daripada bobot penggunanya. Berbeda dengan kendaraan transportasi darat lainnya, seperti sepeda motor dan mobil di mana bobot kendaraan lebih berat dari bobot penggunanya.

Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tekanan angin ban tergantung dari bobot penggunanya. Semakin berat bobot penggunanya, maka semakin tinggi pula tekanan angin bannya. Untuk mengetahui berapa nilai tekanan angin ban sepeda yang pas adalah dengan cara mengendarai sepeda tersebut. Anda bisa mencoba mulai dari tekanan angin minimal sampai dengan tekanan angin maksimal yang dianjurkan oleh pabrikan ban yang digunakan. Setelah beberapa kali melakukan percobaan nanti anda akan memahami dan merasakan berapa tekanan angin ban yang pas untuk diri anda sendiri.

ban depan
ban depan

Oh iya, sebagai referensi aku dengan bobot 55 kg merasa cukup nyaman mengendarai sepeda ini dengan tekanan angin ban sekitar 50 PSI. Menurutku dengan nilai tekanan angin tersebut sepeda bisa dikendarai dengan lancar, baik di jalan mulus maupun jalan agak berbatu (gravel). ^,^

Tonton video-nya di sini:


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli mini kompresor RYU RCC12 di sini:

RYU RCC12 mini compressor
shopee

tokopedia

blibli


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli alat ukur tekanan angin ban di sini:

tire pressure gauge
shopee

tokopedia

blibli


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli Sepeda Lipat New Phoenix di sini:

sepeda lipat New Phoenix
shopee

tokopedia

blibli


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar