7 April 2022

Pengalaman Tarik Tunai ATM BSI, Uang Tidak Keluar Namun Saldo Terpotong

Buku Tabungan & Kartu ATM BSI
Buku Tabungan & Kartu ATM BSI

Hmm, salah satu pengalaman yang bisa dibilang kurang menyenangkan dan membuat agak kesal ketika aku melakukan perjalanan ke Pandeglang, Banten, beberapa waktu yang lalu adalah peristiwa uang tidak keluar saat melakukan transaksi tarik tunai pada mesin ATM Bank Syariah Indonesia (BSI), sementara saldo ter-debet atau terpotong, huhuhuhu.

Cerita detailnya begini. Pada hari Jum'at tanggal 1 April 2022 sekitar pukul 10.00 WIB, ketika perjalanan pulang dari Pandeglang menuju ke Lampung, kami singgah sejenak di SPBU (pom bensin) yang terletak di daerah Kadupereng, Cigadung, Pandeglang, Banten. Kebetulan di SPBU tersebut terdapat mesin ATM BSI dan kami berencana untuk mengambil sejumlah uang tunai melalui mesin ATM tersebut, lalu uangnya akan kami gunakan untuk membeli bensin dan tiket kapal ferry (Merak-Bakauheni).

Aku berencana menarik uang senilai Rp.700.000,- (baca: tujuh ratus ribu rupiah), namun pada saat itu respon proses pada mesin ATM tersebut terasa lambat, lalu kartu ATM keluar dengan sendirinya dan pada layar (kalau tidak salah ingat) muncul tulisan 'TRANSAKSI TIME OUT'. Kemudian aku masukkan kembali kartu ATM pada mesin tersebut dengan tujuan untuk cek saldo. Huft, ternyata saldo tabunganku berkurang sejumlah Rp.700.000,- atau sesuai dengan transaksi tarik tunai yang aku lakukan sebelumnya. Lah, kan uangnya tidak keluar, tetapi kok saldonya terpotong? Waduh, sepertinya ada yang tidak beres dengan mesin ATM BSI tersebut.

detail rincian mesin ATM
detail rincian mesin ATM

Agar lebih yakin aku coba cek saldo dan cek mutasi rekening pada aplikasi BSI Mobile di smartphone. Hmm, ternyata benar bahwa saldo tabunganku telah berkurang dan transaksi tarik tunai senilai Rp.700.000,- melalui mesin ATM BSI tercatat pada sistem, huhuhuhu.

transaksi ter-debet tapi uang tidak keluar
transaksi ter-debet tapi uang tidak keluar

Nah, jika mengalami hal seperti ini maka sebaiknya adalah hentikan transaksi melalui mesin ATM yang bermasalah tersebut, lalu catat waktu transaksi, nominal transaksi dan nomor id mesin ATM tersebut (biasanya tertera pada mesin ATM) atau catat lokasi mesin ATM tersebut. Setelah itu coba hubungi call center terkait, untuk BSI coba hubungi nomor 14040.

Pada waktu itu aku mencoba menghubungi call center 14040, namun tidak ada respon, hanya terdengar nada tunggu saja. Kemudian Mamasku (Papa Iyas) menyarankan untuk melaporkan masalah tersebut ke kantor cabang BSI terdekat, namun aku jawab ya bakal percuma saja karena buku tabungan BSI milikku tidak aku bawa. Yup, akhirnya aku putuskan masalah ini akan aku laporkan di kantor BSI Bandar Lampung saja, setelah kami tiba di Lampung.

Oh iya, uang untuk membeli bensin dan tiket kapal ferry kami ambil dari rekening kami di bank lain, hehehehe.

Pada hari Senin tanggal 4 April 2022 aku mendatangi kantor BSI di Bandar Lampung untuk melaporkan masalah yang aku alami tersebut. Berkas yang aku bawa adalah buku rekening, kartu ATM, KTP dan struk bukti cek saldo pada mesin ATM yang bermasalah. Oh iya, tak lupa juga aku membawa smartphone yang telah di-install aplikasi BSI Mobile.

Saat tiba giliranku di meja layanan customer service (CS), langsung saja aku jelaskan masalah yang aku alami kepada petugas terkait. Setelah mendengarkan dan memahami masalah yang aku alami, petugas memberiku saran serta memandu untuk melaporkan masalah tersebut melalui aplikasi BSI Mobile di smartphone. Menurutnya saat ini cara tersebut cukup respon dan efektif untuk mengatasi permasalahan seperti yang aku alami.

Oke deh, berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka aplikasi BSI Mobile pada smartphone anda.

    langkah 1
    langkah 1

  2. Lalu tap icon 'Menu Customer Care' yang terletak pada pojok kanan bawah (lihat tanda panah).

    langkah 2
    langkah 2

  3. Kemudian pilih 'Daftar dan Pelaporan masalah transaksi' (lihat tanda panah).

    langkah 3
    langkah 3

  4. Lalu masukkan 'Kata Sandi' (A), kemudian tap 'Lanjut' (lihat tanda panah).

    langkah 4
    langkah 4

  5. Lalu tap 'PELAPORAN MASALAH TRANSAKSI' (lihat tanda panah).

    langkah 5
    langkah 5

  6. Kemudian masukkan PIN, lalu tap 'SELANJUTNYA' (lihat tanda panah).

    langkah 6
    langkah 6

  7. Kemudian pilih atau tap pada transaksi yang bermasalah (lihat panah A), lalu tap 'OK' (lihat panah B).

    langkah 7
    langkah 7

  8. Setelah itu akan muncul Form Masalah Transaksi. Isilah beberapa kolom yang belum terisi. Pada contoh kasus kali ini aku hanya mengisi pada kolom 'Email' (A) dan 'Alasan Gagal Transaksi' (B). Sementara pada kolom 'Upload File' (C) aku abaikan karena tidak memiliki bukti terkait, misalnya file gambar mesin ATM atau lainnya. Apabila data-data yang diminta telah diisi, lalu tap 'KIRIM' (lihat tanda panah).

    langkah 8a
    langkah 8a
    langkah 8b
    langkah 8b

  9. Yup, Laporan Pengaduan Transaksi telah berhasil dibuat dan telah terdaftar pada sistem. Status laporan dalam posisi 'Sedang Proses' (lihat tanda panah pada gambar 9a). Oh iya, untuk melihat detail rincian laporan silahkan tap pada laporan tersebut (lihat gambar 9b). Nah, sampai di sini yang dapat kita lakukan hanyalah menunggu laporan tersebut diproses oleh pihak bank. Lama proses maksimal 5 hari kerja. Apabila setelah 5 hari kerja laporan belum juga diproses artinya kita (nasabah) harus datang melapor ke kantor BSI.

    langkah 9a
    langkah 9a
    langkah 9b
    langkah 9b

Hmm, berselang 2 (dua) hari setelah laporan dibuat, akhirnya laporan telah selesai diproses. Keterangannya adalah dana (uang) sudah diretur ke rekening nasabah dan kita diminta cek mutasi rekening untuk memastikannya.

laporan telah selesai diproses
laporan telah selesai diproses
detail rincian laporan
detail rincian laporan

Yup, ternyata benar bahwa pada daftar mutasi rekening ada transaksi pengembalian dana sejumlah dengan nilai transaksi bermasalah yang dilaporkan (lihat rincian kolom A dan B).

cek mutasi
cek mutasi

Berdasarkan pengalaman ini ternyata nasabah BSI dapat melaporkan masalah seputar transaksi bermasalah yang dialami cukup dengan melalui aplikasi BSI Mobile. Prosesnya lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Oke deh, semoga bermanfaat. ^,^


Artikel terkait:

2 komentar:

  1. Klo misal dr bank berbeda itu lapornya kemana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama kali tetap lapor ke bank sesuai kartu ATM karena biasanya kalau pengaduan kita harus punya rekening di bank tersebut. Nah, kemudian jelaskan masalahnya kepada cs bank tersebut. Lalu nanti akan diarahkan bagaimana proses selanjutnya.
      Oh iya, jangan lupa untuk mencatat nomor kode mesin ATM di mana transaksi bermasalah, berikut lokasinya. Kalau bisa difoto mesin ATM-nya.

      Hapus

Loading...