14 Mei 2022

Mesin ATM Setor Tunai BSI Telah Hadir Di Kota Bandar Lampung

Setor Tunai Via ATM BSI
Setor Tunai Via ATM BSI

A : "Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu?"
B : "Wa'alaikumussalam, iya, mau setor tunai, bisa?"

A : "Sebelumnya mohon maaf ibu, boleh tahu mau setor berapa?"
B : "Rp.2.250.000,-"

A : "Iya begini ibu. Saat ini setor tunai di bawah Rp.15.000.000,- akan diarahkan melalui mesin CRM (mesin setor-tarik tunai) yang ada di sebelah (sambil menunjuk ke arah mesin yang dimaksud).
B : "Ooh, sekarang sudah ada ATM setor tunai tho? Mulai kapan pak?"

A : "Iya ibu, kurang-lebih sudah 3 bulan."
B : "Oke deh."

A : "Oh iya ibu, uangnya pecahan Rp.50.000,- dan Rp.100.000,- kan?"
B : "Iya."

A : "Oke, nanti kalau transaksinya sudah selesai dan ibu mau cetak transaksi di buku tabungan bisa kembali ke saya."
B : "Oke, terima kasih pak."


Yup, itulah dialog antara aku dan petugas keamanan di salah satu kantor Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Bandar Lampung. Pada mulanya aku ingin melakukan setor tunai secara konvensional melalui teller seperti biasanya. Namun, ketika aku tiba di bank tersebut, aku langsung disambut oleh petugas keamanan yang lazimnya merangkap sebagai penerima tamu atau nasabah. Seperti biasa dia bertanya perihal maksud dan tujuanku ke bank tersebut.

Setelah aku utarakan maksud dan tujuanku, kemudian petugas tersebut memberikan informasi kepadaku bahwa setor tunai melalui teller saat ini diutamakan untuk nominal di atas Rp.15.000.000,- (baca: lima belas juta rupiah), sementara untuk nominal setoran tunai di bawah nilai tersebut akan diarahkan bertransaksi melalui mesin CRM (Cash Recycle Machine) atau ATM setor-tarik tunai.

Hmm, jika anda sudah pernah melakukan transaksi setor tunai via mesin ATM pada bank lain, anda tidak akan mengalami kesulitan karena proses atau caranya pada dasarnya sama saja, hehehehe. Kemudian hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan setor tunai melalui mesin adalah pecahan uang dan kondisi uang tersebut.

Lazimnya uang yang bisa disetor adalah pecahan Rp.50.000,- dan Rp.100.000,- (anda bisa lihat keterangannya pada mesin yang akan digunakan). Lalu, pastikan kondisi uang masih cukup bagus, tidak lusuh, tidak koyak, tidak terlipat, tidak robek, tidak ada steples menempel, tidak banyak coretan. Pada intinya uang tersebut bisa dibaca oleh mesin. Oh iya, mesin CRM BSI untuk saat ini setiap transaksi setor tunai hanya bisa menerima maksimal 50 lembar uang. Jika anda ingin melakukan setor tunai lebih banyak, anda bisa melakukan 2-3 kali transaksi.

struk transaksi setor tunai via ATM
struk transaksi setor tunai via ATM

Oh iya, petugas yang melayani aku tadi menawarkan untuk melakukan cetak transaksi di buku tabungan apabila aku telah selesai dan berhasil melakukan setor tunai mandiri via mesin CRM. Kemudian aku kembali kepadanya dan memberikan buku tabunganku. Lalu petugas tersebut membawa buku tabunganku ke teller untuk dilakukan cetak transaksi di buku tabungan. Setelah itu buku tabunganku dikembalikan kepadaku. Selesai deh. ^,^

transaksi tercatat di buku tabungan
transaksi tercatat di buku tabungan

Setibanya di rumah, iseng-iseng aku cek kembali melalui aplikasi BSI Mobile pada smartphone dan hasilnya sinkron atau sesuai antara yang tercatat pada aplikasi BSI Mobile dan buku tabungan. ^,^

transaksi tercatat di aplikasi BSI Mobile
transaksi tercatat di aplikasi BSI Mobile


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...